10.10.22

MERINGKAS FILM DARI YOUTUBE DAN OPINI SAYA TENTANG HEWAN JALANAN

 

Essay 2 Psikologi Lingkungan

Dosen Pengampu : Dr. Dra. Arundati Shinta, MA

Disusun oleh : Deriska Indah Asokawati (21310410010)

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

 

 


 

Topik

Hewan yang terlibat di film ini adalah kucing jalanan yang membantu seorang pria overdosis narkoba untuk mencapai kehidupan yang lebih baik. Ketika pria tersebut sendirian dan tidak ada yang menemani kucing tersebut bersedia menemani dengan senang hati.

Sumber

Film A Street Cat Named Bob (2016)

https://youtu.be/rkNYTYmrgiU

Ringkasan

James Bowen, adalah seorang lelaki muda yang kecanduan narkoba. Dia hidup dijalanan sebagai pengemis karena dia keluar dari rumah setelah orang tuanya berpisah dan keluarga baru ayahnya tidak menerima dia karena dia overdosis. 

James mempunyai terapis bernama Val, dia memberikan tempat tinggal dan sedikit makanan untuk James. Di tempat tinggal tersebut dia bertemu dengan Bob kucing orange yang manis. Bob yang tiba-tiba masuk kerumah membuat james bingung ini kucing siapa? James berpikir bahwa Bob lapar dan dia memberikan sedikit makanannya untuk Bob. Setelah Bob kenyang James ingin Bob pulang ketempatnya. Tetapi Bob tidak mau dan James membiarkan Bob beristirahat dirumahnya dan besok membantunya pulang. Dipagi harinya James mengetuk semua pintu apartement yang menjadi tempat tinggalnya, menanyakan pada setiap penghuni apakah ada yang punya kucing ini, tetapi tidak ada yang mengakui. James meninggalkan Bob sendirian karena dia mau bekerja. Ketika James pulang dia melihat Bob terluka, James cemas dan langsung membawa Bob ke temannya untuk diobati. Bob dikasih kartu nama RSH gratis untuk pengobatan lanjutan Bob. Ketika sampai sana dia harus menunggu lama padahal dia ada janji dengan Val, dia sudah berjanji untuk terus datang konsultasi dan demi Bob kucing jalanan yang dia tidak tau asal usulnya dia melewatkan konsultasinya walaupun setelahnya dia tidak bisa makan karena uangnya habis untuk membeli obat Bob yang ternyata tidak gratis.

Mulai dihari itu James mulai menyayangi Bob. Bob dibawa bekerja, yang awalnya James tidak mau mengajak Bob tapi Bob memaksa ikut. Banyak orang yang ternyata menyukai Bob. Berkat Bob, James mendapatkan uang yang banyak. Mereka jadi bisa membeli makanan yang enak untuk beberapa hari kedepan. Sejak hari itu James terus mengajak Bob untuk bekerja. Tetapi disuatu hari ada seekor anjing peliharaan yang kencing di tas James yang membuat orang yang ada disana berantem dan membut Bob pergi entah kemana. Beberapa hari James mencari Bob, dia mulai stress bahkan dia mulai ada rasa untuk membeli narkoba lagi. Tetapi dia urungkan niatnya dan kembali mencari Bob. Bob akhirnya Kembali, dengan senyumnya James langsung memeluknya. Bob selalu menemani James ketika James mulai sakau dan setiap proses penyembuhannya. Ketika James sembuh, dia langsung datang kerumah ayahnya untuk memperbaki hubungan yang sudah rusak. James dan Bob mulai bekerja lagi menjual majalah dan disana mereka bertemu dengan jurnalis yang ingin mengangkat kisah persahabatan mereka menjadi buku. James menerim tawaran tersebut. Dan terbit lah buku yang menjadi inspirasi film ini. Mereka telah sukses dan mereka tidak akan pernah terpisahkan. Sekarang mereka bekerja sama untuk meningkatkan kesadaran tunawisma dan kegiatan amal untuk hewan.

Permasalahan

Kita harus peka kalau hewan dijalanan juga butuh perhatian dan kasih sayang.

Opini saya

Hewan jalanan juga makhluk Tuhan yang mempunyai perasaan, baiknya kita juga menyanyangi dan menjaganya. Tidak ada salahnya kita memberikan sedikit makanan untuk mereka.

 

0 komentar:

Posting Komentar