8.10.22

Meringkas Artikel Koran Dan Opini Saya Tentang Lingkungan Dan Sampah

Andhini Miranda Gara-gara Popok Bayi, Ubah Hidup Jadi Tanpa Sampah

Ulvi Isnaini (21310410103)

Dosen: Arundati Shinta

Psikologi lingkungan

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta



Topik

Perilaku mengubah kebiasaan hidup dengan menerapkan hidup zero west harus dilakukan secara bertahap dan konsisten.

Mengurangi jumlah penggunaan plastik untuk menurunkan jumlah sampah di Indonesia dapat dilakukan dengan menerapkan pola hidup minim sampah.

Sumber

Nova. (2022). Andhini Miranda Gara-gara Popok Bayi, Ubah Hidup Jadi Tanpa Sampah. Nova.id, 28 September. Hal 1-16.

 


 

Ringkasan

    o   Berawal dari akan membeli popok bayi dan tidak sengaja membaca artikel tentang jumlah sampah di Indonesia, Andhini Malinda sangat prihatin dengan keadaan Indonesia yang darurat akan sampah, sehingga Andhini memutuskan untuk hidup dengan minim sampah.

    o   Untuk satu anak, dalam satu tahun dapat menghasilkan 1440 sampah popok dan belum termasuk pembungkus popok dan plastik yang digunakan saat akan membuang bekas popok.

    o   Pola hidup zero waste dilakukan dengan cara mengurangi penggunaan sampah plastik, mengolah kembali sampah menjadi barang berguna, membuat kompos, berbelanja dengan membawa wadah sendiri, membawa minum sendiri, menggunakan popok kain, dan lain sebagainya.

Permasalahan

Banyaknya sampah di Indonesia membuat Indonesia menjadi darurat sampah. Sampah yang di kumpulkan hanya akan dipindahkan ke tempat pembuangan akhir (TPA) tanpa diolah kembali manjadi bbaraang yang lebih berguna. Selain itu sampah yang telah dipisahkan oleh warga kembali di campur menjadi satu saat pengambilan sampah diperumahan atau tempat sampah lainnya

Opini Saya    

   Dalam hal ini, kita seharusnya bisa mencontoh pola hidup seperti Andhini Miranda dengan jalankan hidup minim sampah

      Kesadaran akan kebersihan lingkungan juga harus di tanamkan pada diri kita dengan penuh kesadaran, kasabaran, dan keikhlasan

      o    Kesadaran akan kebersihan dan kepedulian lingkungan harus ditanamkan sedari kecil, sehingga saat tua akan mudah dalam menjalani hidup minim sampah

    o  Untuk bisa menjalani hidup zero waste kita ahrus menjalankannya dengan penuh keiklasan, dan konsisten agar diri kita dapat terbiasa dalam menjaga lingkungan hidup kita.


0 komentar:

Posting Komentar