8.10.22

MERINGKAS ARTIKEL KORAN BESERTA OPINI SAYA MENGENAI PENANGANAN SAMPAH KEMASAN

 Dosen Pengampu     : Dr. Dra. Arundati Shinta, MA

Nama                       : Ferianto Aryo Nugroho (21310410049)

Kelas                        : Karyawan SJ

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta


ESSAY 1


 

Topik

 

Penanganan Sampah Dengan Melibatkan Produsen

 

Sumber

 

Tangani Sampah Dengan Melibatkan Produsen. Kompas. 7 Oktober 2022, hal.8,

 

Ringkasan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 Indonesia saat ini masih dihadapkan pada persoalan timbulan sampah, terutama sampah plastik. Salah satu upaya yang bisa dilakukan adalah meningkatkan pelibatan produsen dari berbagai bidang industri. Zul Martini Indrawati sebagai General Manager Indonesia Packaging Recovery Organization (IPRO) mengatakan bahwa produsen memiliki tanggung jawab untuk mengurangi dan menangani sampah hasil industri mereka. Langkah yang IPRO ambil adalah akan memanggil lebih banyak produsen untuk bergabung agar hasil yang didapat lebih maksimal.

Sejak 2021 IPRO telah bekerja sama dengan berbagai pihak untuk meningkatkan pendaur ulangan dan pengumpulan sampah kemasan. Untuk melaksanakan program tersebut, IPRO juga menjalin kerjasama dengan berbagai perusahaan rintisan berbasis pengelolaan sampah. Program tersebut dijalankan dengan skema intensif  yang diberikan kepada berbagai mitra.

Melalui berbagai upaya ini, IPRO telah mencatatkan sejumlah pencapaian. Salah satunya adalah pengumpulan bekas kemasan yang mencapai 543 persen dari target. Pemerintah melalui Kementrian Lingkungan Hidup juga telah berupaya mengurangi dan menangani sampah melalui program Kebijakan Strategi Nasional (Jakstranas). Meskipun demikian, upaya ini masih belum optimal. Hal ini dibuktikan dari data statistik bahwa sebanyak 20-30 persen sampah masih bocor ke lingkungan. Angka pengurangan sampah juga tercatat baru mencapai 16 persen.

.

 

Permasalahan

 

Indonesia masih menghadapi persoalan sampah yang cukup parah, terutama jenis sampah plastik. Meskipun upaya untuk mengurangi dan menangani sampah telah dilakukan oleh berbagai pihak, baik swasta maupun pemerintah, namun masih terasa belum optimal. Keterlibatan produsen kemasan sangat diharapkan untuk ikut serta dalam mengurangi dan mengelola sampah.

 

Opini Saya

 

Sampah plastik adalah jenis sampah yang sangat sulit terurai dan membutuhkan waktu ratusan tahun bagi alam untuk mengurainya. Sudah seharusnya kita berusaha lebih keras agar sampah kemasan, khusunya yang berbahan plastik. Agar lebih ditangani dan dikelola. Semua pihak bertanggung jawab untuk mengurangi sampah. Baik itu pihak produsen maupun konsumen, pemerintah dan masyarakat, semua harus bekerja sama agar sampah plastik lebih berkurang.  Pada akhirnya, kesadaran datang dari diri sendiri. Maka saya harapkan agar masyarakat juga memiliki kesadaran diri untuk mengurangi penggunaan sampah plastik dalam kehidupan sehari hari

 



0 komentar:

Posting Komentar