18.10.22

MERINGKAS ARTIKEL KORAN & OPINI SAYA TENTANG KEBIJAKAN PEMIMPIN DALAM PENGELOLAN SAMPAH

 

BUMDes KUPAS KELOLA SAMPAH 30 TON/HARI

Sekar Pramesthi Armindariani/1931041007

Fakultas Psikologi UniversitasProklamasi 45 Yogyakarta 

   


Topik

Meciptakan Inovasi aplikasi pengangkuatan sampah yang effisien 

Sumber

  Roy. (2022). BUMDes Kupas Kelola Sampah 30ton/hari. Kedaulatan Rakyat. 21 September, hal.3.

Ringkasan

·         Bantul (KR) merespon kondisi TPS Piyungan yang kiat berat menampung sampah. Pemerintah Kalurahan Panggungharjo Sewon Bantul membuat solusi pengelolaan sampah terpadu. BUMDes Kelompok Usaha Pengelolaan Sampah (Kupas) serta mitra pelayanan angkutan sampah lewat aplikasi “pasti angkut” diharapkan mengurangi persoalan sampah diwilah tersebut.  

·         Lurah Panggungharjo mengatakan dengan dua program sistem tersebut pihaknya optimis mampu meberikan kontribusi kepada pemerintah dalam penangan sampah di Kabupaten Bantul. Sehari BUMDes Kupas 30ton sampah dalam pengelolaan, selain itu program “Pasti Angkut” sampah warga lebih cepat diambil. Sejak 2013 BUMDes Kupas sudah bisa dalam pengelolaan sampah non organik maupun organik. Sampah organik kekelola menjadi pupuk dan sampah non organik dijual lagi ke perusahaan daur ulang khusus sampah plastik dibuat bahan bangunan berteknologi thermoplast.

·         Oleh karena itu BUMDes Kupas tidak bergantung kepada TPST Piyungan terkait pengelolaan sampah hingga 2025 dalam program batul bersih sampah. Dirut PT Kelola Sampah.mengatakan “Pasti Angkut” merupakan aplikasi pengangkutan sampah yang berbasis digital.

·          Lewat aplikasi masyarkat bisa berlangganan pengangkutan sampah dari rumah hanya menggunakan gedet. Trobosan aplikasi “ Pasti Angkut” ini diawali dengan Keprihatinan atas kondisi TPST Piyungan yang overload. Oleh karena, itu pihak-pihak menawarkan pelayanan pengangkutan pengelolaan sampah dengan pengelolaan zero waste bersama BUMDes Kupas.

Permasalahan

·         Tingginya  sampah yang dihasilkan baik  organik maupun non organik yang menyebabkan ke overload pada TPST Piyungan Bantul.

Opini saya

·         Dengan program “Pasti Angkut” yang dilaksanakan hal ini dapat membatu masyakat dalam pembuangan sampah yang tidak menumpuk atau buang di tempat yang tidak seharusnya dengan pengelolaan yang dilakukan olen BUMDes ini dapat mengurangi jumlah volume sampah di Kabupaten Bantul.

·          Yang mana diharapkan sebagai program Bantul Bersih Sampah, program baik ini mana seharunya dapat berlaku panjang bukan hanya di targetkan pada priode 2025 saja dan tidak hanya Kabupaten Bantul saja tetapi juga mencakup kerja sama dengan Kabupaten/kota lainya.

·         Saya sendiri menggunakan layanan pengakut sampah yang mana tiap paginya akan ada truk sampah yang datang dan membayar jasa bulanan penggakutan sampah sekitar Rp 25.000.,









0 komentar:

Posting Komentar