18.10.22

MERINGKAS ARTIKEL KORAN DAN OPINI SAYA TENTANG MENCUKUPI KEBUTUHAN PANGAN MANDIRI


 ESSAY1 PSIKOLOGI LINGKUNGAN

DOSEN PENGAMPU : Dr. Dra. Arundanti Shinta, MA.

 OLEH : Arya apolonio (21310410109) kelas reguler

FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS PROKLAMASI 45 YOGYAKARTA






Topik

Zero waste, merupakan sebuah konsep meniadakan limbah pada usaha pertanian, perikanan dan peternakan.


Sumber

Mencukupi Kebutuhan Pangan Mandiri, Koran kedaulatan rakyat, Minggu kliwon, 16 oktober 2022.


Ringkasan

Konsep pertanian Zero waste sangat memungkinkan petani meraup keuntungan lebih besar, plus menghasilkan sayuran, ikan, telur dan daging ayam organik yangb sehat. Dalam food garden lazimnya di budidayakan aneka tanaman sayur seperti sawi, kale, tomat, cabai, sawi, kangkung dan berbagai sayuran lainnya. Di lahan ini juga ada budidaya perikanan yang lazimnya memelihara ikan lele dengan media ember. Untuk usaha peternakan, biasanya di ternak ayam arab sebagai msin produksi telur sehat.

Konsepnya memanfaatkan limbah dari masing-masing budidaya untuk asupan pangan bidang yang lain. Kemudian limbah kebun sayur berupa dedaunan, di busukkan dalam ember Topik khusus dengan tujuan agar lalat bertelur dengan meneteskan magot, dan hasil dari magot tersebut akan di gunakan sebagai pakan ikan dan ayam. Seedangkan limbah kotoran sayur dan kotoran ayam akan di gunakan sebagai kompos. Paling akhir adalah limbah kolam lele berupa air saat pergantian ataub saat panen. Air dari kolam lele, menurut Mashudi, setelah melalui proses fermentasi, akan menjadi pupuk cair yang cocok di kocorkan pada tanaman sayur yang orientasinya menghasilkan daun, sedangkan untuk tanaman buah tidak cocok karena bunganya akan gugur.

 

 

Permasalahan



Adapun permasalan yang terdapat dalam topik koran ini adalah, konsep pertanian dengan memanfatkan limbah ini masih belum di kenal luas oleh masyarakat, sehingga terobosan model pertanian kreatif ini hanya dapat di rasakan oleh orang atau kelompok-kelompok tertentu. Maka dari itu perlu di sosialisasikan lebih lanjut kepada masyarakat awam agar dapat di kenal oleh setiap kalangan. Kemudian permasalahan selanjutnya adalah pupuk yang di hasilkan tidak cocok untuk tanaman buah. Apalagi membuat bakal buah rontok. Jelas alumnas Fakultas Pertanian UGM ini.

 

Opini saya

Pertanian dengan sistem Zero waste ini sangat unik dan menguntungkan dalam pertanian karena segala aspek dapat di gunakan karena semuanya saling berhubungan atau dapat di katakan memiliki siklus. Harapan kedepannya agar sistem pertanian ini dapat di kenal oleh seluruh petani yang ada di Indonesia. Agar pertanian dapat menjadi lebih baik lagi denga hasil panen yang melimpah. Hal ini juga merupakan upaya yang baik kerena pada dasarnya memanfaat kan limbah sebagai bahan- bahan dalam pembuatan nya dan menerapkan prinsip 3R yaitu, reduce, reuse, recycle.

 






0 komentar:

Posting Komentar