12.10.22

ESSAY 2 RECYCLED GLASS

 Nama : Septi Ambarwati

Nim : 21310410117

Makul : Psikologi Lingkungan

Dosen : Dr. Arunati Shinta, M.A

Tugas merangkum film di YouTube berbahasa Inggris.


Recycled Glass (Daur Ulang Kaca)

Oleh : Septi Ambarwati 

Video berdurasi 12 menit 43 detik yang dipublikasikan oleh akun bernama JerryRigEverything bertajuk What Really happens to Recycled Galss (You Night be Surprise) benar-benar membuka mata kita sebagai orang awam tentang proses daur ulang sampah kaca. 

Di awal video kita disuguhkan gambaran kumpulan sampah kaca yang menggunung. Dengan teknologi canggih sampah gelas yang berhasil dikumpulkan akan dilakukan proses daur ulang.

Sebelumnya Jerry mengatakan bahwa Jerry menyebutkan bahwa sampah kaca membutuhkan hampir satu juta tahun untuk hancur. Tapi ada kabar baik, bahwa sampah kaca ini bisa di daur ulang menjadi sesuatu barang baru yang berkualitas. 

Tumpukan sampah kaca itu ada bermacam jenis, disebutkan dalam video tersebut ada kaca biru, kaca cokelat, kaca bening, kaca piring dan lain sebaginya. Material sampah kaca itu dibawa dengan ala berat ke dalam wadah besar dan dihancurkan. Semua sampah belum dipilih masih bercampur. Mesin penghancur bekerja menghancurkan sampah kaca itu. Kemudian setelah hancur, dipisahkan antara bahan kaca dan label berupa bahan lain agar terpisah. Kemudian setelah terpisah sampah kaca itu akan dibawa ke satu alat mesin besar yang digunakan untuk membersihkan serpihan kaca dari kotoran agar terhindar dari bakteri.

Bongkahan kaca yang hancur dan sudah dibersihkan kemudian dihancurkan lagi sampai halus menggunakan alat besar sampai ke ukuran mikro sekitar 3/8 inci atau sekitar 9,8 mm.

Proses penghancuran sampah kaca menghasilkan satu produk yang bisa memiliki kualitas terbaik, sebagai bahan baku untuk membuat barang-barang baru yang terbuat dari kaca.

Jerry dalam videonya mengatakan partikel baru hasil dari mengolah sampah kaca tersebut dinamakan Glass Cullet (Pulverizes Glass dust that can be used to make new glass item). Partikel halus hasil penghancuran mesin tadi berubah debu yang bisa digunakan untuk membuat item baru.

Video yang sudah ditonton lebih dari 10 juta kali ini memberikan gambaran bahwa teknologi bisa menjadi alternatif solusi sampah, khususnya sampah kaca.  Perusahaan besar yang berada di Amerika tersebut bisa menghasilkan banyak jenis barang baru dari hasil daur ulang sampah kaca. Perusahaan yang bernama Owens Coring ini memiliki teknologi canggih untuk membuat barang-barang baru yang bermanfaat.

Di video itu ditampilkan beberapa jenis barang berupa logam kuat yang berkualitas bagus. Debu sampah kaca tadi dihancurkan menggunakan teknologi canggih, dicairkan kemudian dicetak sesuai dengan barang yang ingin dihasilkan.

Jerry bersama Team Seas berhasil berhasil merubah sampah menjadi sesuatu yang berharga hampir menembus angka 30.694.004 pounds sampah. Angka tersebut setara dengan 1390254,362 kg. Jumlah yang tidak terlalu besar dibandingkan dengan keberadaan sampah di seluruh muka bumi. 

Akan tetapi apa yang sudah dilakukan Team Seas itu pantas untuk diapresiasi. Berangkat dari kepedulian, kemudian dilakukan dengan ikhtiar, dan disempurnakam dengan riset yang menghasilkan teknologi canggih ternyata bisa membawa perubahan. Inspirasi dari video yang ditampilkan bisa menggugah kesadaran kita semua, bahwa masalah sampah ini bukan masalah sederhana, tetapi masalah global yang wajib menjadi perhatian manusia. 

Bumi semakin lama semakin tua, produksi sampah pun semakin bertambah setiap harinya. Video yang direlease 8 bulan lalu itu mampu menyadarkan bahwa sampah pun bisa diolah menjadi sesuatu yang berharga asal ada usaha mewujudkannya. Di dukung kecanggihan teknologi, sampah kaca yang sudah tidak berharga bisa di daur ulang menjadi barang baru yang berkualitas dan memiliki nilai ekonomi yang tinggi. 


Yogyakarta, 12 Oktober 2022


0 komentar:

Posting Komentar