26.9.22

MERINGKAS FILM YOUTUBE DAN OPINI SAYA TENTANG  SAMPAH PLASTIK YANG ADA DI LAUT


A PLASTIC WAVE - A DOCUMENTARY FILM ON PLASTIC POLLUTION


Essay 2 Psikologi Lingkungan 

Dosen Pengampu: Dr. Dra. Arundati Shinta, MA

 Disusun oleh: Ari Kurniawan (21310410044)

 Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta




Topik

Plastik yang ada di laut tidak hanya mengancam ekosistem biota laut tapi juga dapat berdampak pada perubahan iklim global dunia. Kita perlu bersama-sama dalam menangani permasalahan plastik yang ada di laut demi masa depan anak cucu kita yang lebih baik.

Sumber

A Plastic Wave – A Documentary Film On Plastic Pollution | Full Movie | James Roberts – 24:37

https://www.youtube.com/watch?v=9-dpv2xbFyk

Ringkasan

Dave Muir adalah seorang pemilik sekolah dan toko selancar. Hampir lima belas tahun dia tidak pernah menemukan plastik di laut namun saat ini dia merasa prihatin karena dia mulai menemukan banyak plastik di laut. Dave berusaha mencari tau ke beberapa ilmuan tentang sifat-sifat plastik dan bahaya dari plastik yang ada di laut. Dari ilmuan yang dia temui Dave mendapatkan penjelasan bahwa plastik tidak dapat terurai dan membutuhkan waktu ratusan tahun agar bisa terurai. Selain itu dia juga mendapatkan penjelasan bahwa hewan mamalia laut banyak banyak yang memakan plastik berukuran mikro. Hal ini tentunya akan mempengaruhi sistem rantai makanan pada hewan yang berada laut.

Tak hanya sampai disitu Dave juga melakukan perjalanan ke Mumbai, India untuk menelusuri pencemaran plastik di kota itu. Dia melihat di pinggir jalan, saluran air dan sungai banyak plastik berserakan di mana-mana. Rata-rata plastik di India di buang ke sungai lalu ahirnya plastik-plastik itu bermuara hingga ke laut. Untuk membuktikan hal itu Dave pergi ke sebuah pantai di kota Mumbai dan di sana dia menemukan banyak plastik berserakan di pinggir pantai. Di pantai itu Dave menemui pejuang pantai yang berisi sukarelawan yang setiap hari memungut plastik di sepanjang pantai. Selama delapan bulan mereka telah berhasil mengumpulkan plastik sebanyak sepuluh ton.

Setelah itu Dave menemui doktor Roshini seorang ilmuan yang fokus meneliti tentang dampak plastik di India. Doktor Roshini mengemukakan India menyumbangkan 60 % dari semua plastik yang ada di lautan dunia. Doktor Roshini berpendapat hal ini bisa menyebabkan perubahan iklim global dan perlu penanganan secara serius agar dapat menekan jumlah plastik yang ada di laut.

Permasalahan

Masih rendahnya kesaradaran manusia tentang bahaya membuang plastik secara sembarangan ke sungai yang ahirnya akan terbawa hingga laut dan akan menimbulkan dampak pencemaran laut.

Selain itu manusia juga belum memahami bahwa plastik tidak dapat terurai dengan cepat dan memerlukan waktu ratusan tahun hingga dapat bisa terurai secara sempurna.

Opini Saya

Plastik sangat bermanfaat dalam kehidupan kita sehari-hari namun apabila kita tidak dapat mengelola plastik bekas yang telah kita gunakan dengan baik maka akan dapat berdampak buruk bagi kehidupan kita ke depannya.

Kita harus memulai dari diri kita sendiri dengan melakukan gerakan membuang sampah di tempatnya sesuai dengan jenisnya sehingga plastik bekas yang sudah tidak digunakan dapat di daur ulang kembali dan tidak menimbulkan pencemaran plastik di laut.

0 komentar:

Posting Komentar