10.7.22

INTERAKSI SOSIAL ANTARA PRAMUNIAGA DAN PEMBELI

 

 

PSIKOLOGI SOSIAL

Semester genap T.A 2021/2022

Oleh;

Alita Dwi Nur’Aini (21310410080)

Kelas regular

FAKULTAS PSIKOLOGI

UNIVERSITAS PROKLAMASI 45 YOGYAKARTA

 Dosen pengampu ;

Dr. Arundati Shinta, M.A.

Dalam dunia bisnis, aktivitas pemasaran dan penjualan dengan teknik tertentu dapat berpengaruh pada keuntungan yang akan didapatkan. Melalui strategi yang baik dalam kegiatan pemasaran tentu saja dapat menaikkan jumlah penjualan sekaligus keuntungan. Seluruh pihak yang berkaitan dengan dengan bisnis tersebut akan selalu memikirkan berbagai cara, teknik, hingga strategi apa yang cocok untuk meningkatkan penjualan serta keuntungan mereka.

Pendekatan yang pertama yang dilakukan oleh pramuniaga dalam membentuk pemahaman konsumen terkait produknya adalah Sales-Oriented Approach. Bentuk pendekatannya berupa adanya asumsi bahwa pelanggan atau konsumen tidak akan membeli produknya, kecuali mendapatkan tekanan bahwa mereka akan terpengaruh oleh presentasi yang canggih. Sehingga dapat disimpulkan bahwa dalam pendekatan ini, seorang pramuniaga harus melakukan presentasi yang menarik supaya tawaran akan produknya diterima oleh konsumen.

Pendekatan yang kedua adalah Customer-Oriented Approach yang fokus pada upaya pemecahan masalah konsumen yang berkenaan dengan produknya. Dalam hal ini, seorang pramuniaga harus mempunyai kemampuan untuk turut menganalisis kebutuhan dan masalah konsumen atau pelanggannya.

Ketika dalam upaya memecahkan permasalahan tersebut, nantinya akan dihubungkan dengan penawaran produknya.

Dalam rangka membentuk pemahaman konsumen atas suatu produk yang tengah ditawarkan, penjual atau pramuniaga (sales-person) harus berusaha meyakinkan konsumen berkaitan dengan mutu atau kualitas produknya jika dibandingkan dengan produk pesaing.

Berikut hasil wawancara saya dengan pramuniaga took zara mart ;

1.      Apa kesulitan saudara dalam melayani pembeli yang rewel dan suka bertanya?

“ tentu saja saya sebagai penjaga toko selalu ingin memberikan performa atau pelayanan terbaik kepada pembeli, yang pastinnya saya akan memberikan jawaban yang diutuhkan pembeli”

2.      Pengalaman terburuk apa yang saudara alami saat menjaga toko?

“ sejauh ini ada satu pengalaman yang cukup menguras emosi saya, ketikan saya tinggal ke kamar mandi ada satu pembeli yang masuk lalu mengambil beberapa barang dan pergi begitu saja tanpa membayar. Disitu saya harus menganti rugi barang yang dia ambil karna memang itu adalah kesalahan saya”

3.

     3.   Bagai mana cara anda mengatasi complain dari mpembeli, contohnya pembeli yang complain                 tentang masa expired suatu barang. Ternyata barang yang di beli sudah tidak bisa dikonsumsi ?

             “ ya mau tidak mau saya harus mengantinya dengan yang baru, karna kalau tidak toko kami                     akan kehilangan kepercayaan dari pembeli”

 

DAFTAR PUSTAKA

 

Pandey, Chancala & Bhattacharya. 2012. Economic Literacy of Senior Secondary School Teachers: A Field Study. Journal of All India Association for Educational Research.

Sina, G. P. 2012. Analisis Literasi Ekonomi. Jurnal Economia. Vol.8 No.2, 135-143. Tjahjono , Semuel, Hatane, Dkk,(2013),Analisa Marketing Mix, Lingkungan Sosial, Psikologi Terhadap Keputusan Pembelian Online Pakaian Wanita,

0 komentar:

Posting Komentar