4.6.22

USAHA MILIK KAUM MILENIAL




PSIKOLOGI INDUSTRI DAN ORGANISASI 

ESSAY 3

Semester 2  T.A 2021/2022

Oleh : Putri Dahliani (21310410110)

Kelas Reguler

FAKULTAS PSIKOLOGI

UNIVERSITAS PROKLAMASI 45 YOGYAKARTA

Dosen : Dr. Arundati Shinta, MA. 


Festival umkm adalah usaha atau bisnis yang dilakukan oleh individu , kelompok, badan usaha kecil, maupun rumah tangga. Yang mana usaha tersebut di tampilkan atau dipasarkan pada suatu festival.  Contohnya pada festival usaha milik kaum milenial 2022 yang di adakan pada tanggal 30-31 mei di kutai kartanegara, Kalimantan Timur. Acara ini terdiri dari 25 umkm yang mana salah satunya adalah partisipasi dari mahasiswa yang ada di daerah tersebut. Mereka mengikuti acara itu untuk  mempromosikan produk-produk lokal yang dan membantu usaha kecil untuk bisa lebih maju dan dikenal oleh masyarakat sekitar. 

Selain mempromosikan produk-produk lokal, juga ada pertunjukan seperti tari daerah, cover lagu, dan pertunjukan bakat. Yang mana pertunjukan tersebut dibawakan oleh pelajar dan mahasiswa berbakat yang ada di kutai kartanegara. Dan sambutan-sambutan dari beberapa pejabat seperti Bupati kutai kartanegara, ketua dinas parawisata, dll. 

Dinas Pariwisata Kutai Kartanegara (Dispar Kukar) targetkan 20 event festival terselenggara selama setahun. Hal ini dalam rangka menjalankan dan mensukseskan program dedikasi Bupati dan Wakil Bupati, yakni Kutai Kartanegara Kaya Festival (K3F).

Kepala Dinas Pariwisata Kukar, Slamet Hadiraharjo, menyampaikan pada penutupan festival umkm (Selasa, 31 Mei 2022 ) 21.00 wita. Slamet menjelaskan, program K3F salah satu tujuannya untuk melestarikan budaya kesenian dan ekonomi kreatif lokal. Pemerintah memberikan fasilitas atau panggung kepada pelaku kesenian sebagai bentuk perhatian khusus. Sisi lain, diharapkan menjadi pertumbuhan dan pengembangan ekonomi. Didalam festival ada UMKM dan ini diharapkan menjadi penggerak ekonomi masyarakat.

Dalam kurung Januari hingga Mei hampir 10 event terlaksanakan, diantaranya Tenggarong Art Festival, Kukar Youth Festival, Mencak Undat, Nutuq Behan Festival Kutai Adat Lawas di Loa Duri Ilir dan Kedang Ipil. Dalam waktu dekat saya minta kawan-kawan bidang Ekonomi Kreatif (Ekraf) itu suruh melaksanakan. Karena ada kalender event, jadi mana yang terpending itu harus segera dilaksanakan. Jangan sampai nanti terpending semuanya,” tutupnya. 

Daftar pustaka

https://money.kompas.com/read/2022/01/19/051518426/pengertian-umkm-kriteria-ciri-dan-contohnya?page=all

https://kaltimtoday.co/jadi-penggerak-ekonomi-dispar-kukar-targetkan-20-event-festival-dalam-setahun/

0 komentar:

Posting Komentar