6.6.22

Menjadi Pengusaha UMKM Bukan Penghalang Untuk Tetap Berprestasi dan Produktif

 Aulia Khoiru Ummatin
21310410086
Mahasiswa Program Studi Psikologi
Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45
Yogyakarta

 

Essay ini untuk memenuhi prasyarat Ujian Akhir Semester Psikologi Industri dan Organisasi 2022
Dosen Pengampu Mata Kuliah Ibu Arundati Shinta.

 

Menjadi mahasiswa bukan menjadi penghalang untuk membangun usaha. Salah satu usaha yang sangat mungkin untuk dibangun oleh mahasiswa adalah bisnis UMKM di bidang pendidikan. Di era yang semakin berkembang pesat ini, semakin banyak pula les private atau bimbingan belajar yang berkembang di segala macam bidang. Contohnya bimbingan belajar matematika, les private untuk mempersiapkan masuk ke perguruan tinggi, maupun les private bermain alat musik dan masih banyak lagi macam les private dan bimbingan belajar yang lain.

UMKM adalah singkatan dari Usaha Mikro Kecil dan Menengah. Menurut Undang-Undang No. 20 Tahun 2008 Bab 1 Pasal 1 tentang UMKM, Usaha Mikro adalah usaha produktif milik orang perorangan dan/atau badan usaha perorangan yang memenuhi kriteria usaha mikro sebagaimana yang diatur dalam undang-undang ini.

Usaha Kecil adalah usaha ekonomi produktif yang berdiri sendiri, yang dilakukan oleh orang perorangan atau badan usaha yang bukan merupakan anak perusahaan atau bukan cabang perusahaan yang dimiliki. Usaha Menengah adalah usaha produktif yang berdiri sendiri, yang dilakukan oleh orang perorangan atau badan usaha yang bukan merupakan anak perusahaan atau cabang perusahaan yang dimiliki, dikuasai, atau menjadi bagian baik langsung maupun tidak langsung dengan Usaha Kecil atau Usaha Besar.

Bimbingan belajar termasuk ke dalam UMKM di bidang pendidikan. Karena pendidikan merupakan hal yang penting sebagai modal utama bagi generasi muda. Pendidikan dapat membantu mereka untuk berkembang dan bersaing di dunia profesional. Pengusaha UMKM yang berlatar belakang pendidikan dan keterampilan lainnya dapat menjadikan ini sebagai peluang untuk membuka usaha tersebut.

Ada salah satu teman yang menggeluti usaha di bidang pendidikan ini mulai sejak kuliah. Ketika itu beliau adalah mahasiswa program studi Pendidikan Matematika di Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Sambil mengisi waktu kosongnya di luar kegiatan perkuliahan, beliau memikirkan cara agar hari-harinya tetap produktif. Akhirnya, beliau mendapatkan cara untuk mengisi waktu kosongnya agar tetap produktif. Beliau membuka les private di bidang matematika yang pada saat itu menjadi program studinya. Beliau memasang pamflet les private yang pada saat itu hanya satu sampai tiga orang yang berminat untuk bergabung ke dalam les private tersebut. Waktu demi waktu terlewati, anak-anak yang sudah bergabung les private matematika tersebut memberikan testimoni dan rating yang sangat bagus. Dengan keberanian dan tekad yang kuat, beliau mencoba menambahkan les private pada mata pelajaran bahasa inggris. Tak disangka, beberapa bulan berjalan les private yang dibangun oleh beliau semakin banyak peminatnya.

Setelah sukses dengan beberapa anak, beliau mulai kewalahan untuk mengatur bimbel tersebut. Akhirnya, beliau memberanikan diri untuk membuka rekruitmen tentor yang ingin bergabung dan membantu usaha bimbel tersebut. Semakin berjalannya waktu, akhirnya bimbel tersebut semakin diminati oleh masyarakat. Walaupun namanya belum terkenal, akan tetapi bimbel tersebut sudah mempunyai cabang dan tentor di berbagai daerah, seperti Yogyakata, Salatiga, dll.

Selain sukses bergelut di UMKM ini, beliau juga merupakan youtuber. Channelnya berisi tentang konten matematika yang meliputi materi dan soal SD, SMP dan SMA, kemudian ada soal Tes Potensi Akademik, soal Tes Intelegensia Umum CPNS, soal-soal TPS UTBK, dan soal-soal seleksi masuk instansi yang lainnya. Selain itu juga, saat ini beliau adalah seorang awardee LPDP yang sudah melewati serangkaian seleksi beasiswa LPDP yang melanjutkan studi magisternya di Universitas Pendidikan Indonesia. Bagaimana? Menarik, bukan? Membangun usaha di usia muda tidak menjadi penghalang untuk kita tetap berprestasi dan tetap produktif. Kita bisa memanfaatkan kemampuan yang kita punya untuk sekaligus ikut membangun perekonomian di Indonesia. Masih penasaran? Bisa mampir ke Youtube Khibin ID atau Instagram @khibin.id ya untuk video-video penjelasannya tentang matematika.

 

DAFTAR PUSTAKA

Anggraeni, F, dkk. Tanpa Tahun. Pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Melalui Fasilitasi Pihak Eksternal dan Potensi Internal. Jurnal Administrasi Publik. 1 (6) : 1286-1295.

Riskita, A. 2022. Apa Saja Jenis Usaha UMKM dan Perbedaannya? Cari Tahu!. https://store.sirclo.com/blog/jenis-usaha-umkm/ . Diakses tanggal 6 Juni 2022.

Ahmad Mukhibin sebagai Narasumber UMKM yang dikelola oleh mahasiswa.

0 komentar:

Posting Komentar