6.6.22

Prestasi Untuk Menanamkan Jiwa Bela Negara serta Nasionalis dan Patriotis

 Psikologi Industri dan Organisasi
Essay Prestasi
Semester Genap TA 2021/2022
 Oleh : Ahmad Helmy Fauzan 
(21310410091)
Kelas Reguler
FAKULTAS PSIKOLOGI
UNIVERSITAS PROKLAMASI 45 YOGYAKARTA
Dosen Pengampu : Dr. Arunati Shinta, MA





Bela Negara adalah sebuah konsep yang disusun oleh perangkat perundangan dan petinggi suatu negara tentang patriotisme seseorang, suatu kelompok atau seluruh komponen dari suatu negara dalam kepentingan mempertahankan eksistensi negara tersebut. 

Menurut Pasal 27 ayat (3) UUD 1945 menyatakan : "setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara”. Sudah jelas bahwa sebagai rakyat Indonesia kita wajib ikut serta dalam upaya bela negara. 

Upaya bela negara dilakukan oleh siapa saja dan kapan saja. Aktivitas yang merujuk pada cinta tanah air dan mengembangkan jiwa nasionalisme serta patriotisme juga upaya bela negara. 

Bela negara dapat ditanamkan kepada anak sejak kecil melalui kegiatan yang bersifat disiplin, bertanggung jawab, nasionalis dan patriotis contohnya saja gerakan Kepanduan seperti pramuka, kedisiplinan dan nasionalis serta patriotis seperti Patroli Keamanan Sekolah, Paskibra dan sebagainya. 

Saya merasa senang karena saya merasa kegiatan yang pernah saya ikuti itu mendidik saya sebagai kader militan, cinta tanah air dan mempunyai mental baja yang tidak mudah terpengaruh oleh paham2 radikal, teroris dan sebagainya yang mengancam keutuhan NKRI. 
Beberapa kegiatan yang saya ikuti adalah lomba, dan lainnya adalah kegiatan partisipan. 

Yang saya peroleh dari berbagai macam kegiatan tersebut adalah tentang kedisiplinan dimana watak kita di setting untuk menjadi orang yang disiplin, Bertanggung jawab, jiwa Korsa, pendidikan mental baja agar tidak mudah menyerah dan mengeluh, Dan banyak lainnya. 

Hal yang paling berkesan bagi saya adalah tentang Jiwa Korsa yang bersemboyan "Satu senang, senang semua. Dan satu susah, susah semua". Itu mendidik saya menjadi orang yang berjiwa sosial tinggi dan tidak apatis kepada orang sekitar. Hal tersebut mengajarkan saya untuk hidup bermasyarakat dengan baik. 

Berikut merupakan beberapa Piagam/sertifikat yang saya peroleh: 

1. Pelajar Pelopor Keselamatan Jalan Kab. Pemalang, Jateng

2. Jelajah Alam Sumpiuh, Banyumas, Jateng

3. Pasukan Pengibar Bendera Pusaka Kec. Comal

4. Lomba tingkat 3 penggalang, Kab. Pemalang

5. Lomba tingkat 2 penggalang, kec. Comal



6. Lomba pasukan pengibar bendera IPNU PAC Comal


7. Napak tilas kejuangan 45 pahlawan Indonesia. 




0 komentar:

Posting Komentar