7.6.22

MENARI MENJADI SEBUAH PRESTASI

 

 MENARI MENJADI SEBUAH PRESTASI

Oleh:

Alfiantika Pratiwi (21310410094)

Kelas A (Reguler)

Dosen Pengampu:

Dr. Arundati Shinta, M.A

Psikologi Industri dan Organisasi (Essay Prestasi)

FAKULTAS PSIKOLOGI

UNIVERSITAS PROKLAMASI 45 YOGYAKARTA

Semester Genap T.A 2021/2022


Seni tari adalah suatu gerakan yang berirama, dilakukan di suatu tempat dan waktu tertentu untuk mengekpresikan suatu perasaan dan menyampaikan pesan dari seseorang maupun kelompok. Seni menjadi wujud ekspresi diri dari manusia, yang sering dijadikan sarana hiburan dan pertunjukan. Dan tari memiliki 3 jenis,yaitu tunggal, pasang, dan kelompok atau masal (Sitoresmi, 2021).

Pada tanggal 20 Agustus 2019. Komandan Distrik Militer atau disingkat dengan KODIM 0729 Bantul mengadakan sebuah lomba tari dengan judul Lomba Tari Kreasi Perjuangan yang diikuti oleh SMA/SMK sederajat. Pada saat itu saya masih duduk di kelas 11 MA. Ya saya sekolah di Madrasah Aliyah Negeri 1 Bantul. Di dalam sekolah MAN terdapat banyak esktrakulikuler, salah satunya yaitu tari. Pada saat itu MAN 1 Bantul diminta oleh KODIM 0729 Bantul untuk mengikuti lomba. Dan akhirnya kami mengikutinya dengan tarian dan lagu yang di buat oleh kreasi kita sendiri. Saya tidak sendiri tentunya, tetapi ada delapan orang penari, termasuk saya dan guru pelatih, serta  pembantu belakang. Dalam waktu hampir satu bulan kami berhasil menyelesaikan lagu dan tarian itu.

Bahkan hampir setiap minggu kami selalu latihan di sekolah sampai malam. Kostum yang dipakai ada yang membuat sendiri, karena minimnya dana yang diberikan. Kami pun sempat menabung untuk membeli keperluan pembuatan kostum tambahan. Banyak yang harus dikorbankan, seperti jam pelajaran yang ditinggal dan tertinggalnya materi itu dilakukan demi mengikuti lomba.

 Pada saat lomba, kami mempersiapkan semuanya sendiri, dari make up, kostum, alat-alat buat pentas dll. Dalam perlombaan tersebut tidak hanya dihadiri oleh para tentara-tentara, tetapi keluarga dari mereka. Dan saat kita mulai menari, ternyata lagu tarian dari sie acara dipercepat, yang dimana itu membuat para penari jadi kebinggungan. Bahkan panggung pementasan yang ternyata tidak terlalu luas membuat kita saat menari juga berfikir untuk menyesuaikan kita berdelapan muat di dalam panggung itu. Tetapi kita tetap berusaha memberikan penampilan yang semaksimal mungkin meskipun kondisinya seperti itu. Saat semuanya sudah selesai, waktu yang ditunggu-tunggu akhirnya tiba. Kita tidak percaya bahwa akan mendapat juara 2 dan itu membuat kita merasa usaha selama ini terbayarkan. Hadiah tersebut berupa uang dan sebuah piala. Hasil juara tadi diberikan ke pada  pihak sekolah.

Dalam sebuah perlombaan menag atau kalah itu hal wajar, yang terpenting kita tidak boleh menyerah. Hal itu menjadi sebuah pelajaran bahwa jika kita melakukan hal dengan bersunguh-sunguh maka kita akan mendapatkan hal yang luar biasa.

 

 

 

 

 

Daftar Pustaka

Sitoresmi, A. R. (2021, Mei 17). Retrieved from liputan6.com: https://hot.liputan6.com/read/4559341/pengertian-seni-tari-beserta-jenis-unsur-unsur-dan-contohnya

 

 

0 komentar:

Posting Komentar