12.5.22

Seberapa Pentingnya Personal Space Bagi Diri Kita ?

 



 

J.D Fisher mendefinisikan personal space sebagai suatu batas maya yang mengelilingi diri kita yang tidak boleh dilalui oleh orang lain.

Privacy adalah keinginan atau kecenderungan pada diri seseorang untuk tidak diganggu kesendiriannya. Jika kita meminjam istilah psikoanalisis, privacy berarti dorongan untuk melindungi ego seseorang dari gangguan yang tidak dikehendakinya.

Personal space, memiliki banyak manfaat untuk menjaga kualitas mental kesehatan seorang manusia. Roberty S. Feldman dalam bukunya Social Psychology, menjelaskan bahwa ruang sendiri atau ruang pribadi merupakan bentuk usaha perlindungan diri sendiri, pengurangan stres dan upaya mengembalikan fokus.

Di tengah hingar bingarnya dunia seperti saat ini, banyak yang membuat kita merasa tidak nyaman secara kejiwaan. Tekanan mental dari orang sekitar, ketergantungan terhadap orang lain, komunikasi yang tidak sehat, dan problema lainnya yang membuat kita butuh waktu untuk sendiri.

Berikut Pentingnya personal space dalam diri kita:

A.    Kamu perlu belajar untuk tidak selamanya bergantung pada orang lain

Terlalu sering bersama-sama dengan orang lain membuat kamu berada di zona nyaman. Ketika butuh bantuan, ada orang lain yang siap pasang badan. Ketika sedih, selalu ada yang menghibur kapan pun dia dibutuhkan. Terlalu sering dimanjakan bisa membuat kamu memiliki ketergantungan dengan orang lain. Tentu ini bukan merupakan hal baik.

Dengan memiliki personal space, kamu bisa kembali menjadi seorang yang mandiri dan bisa meng-handle semua urusan tanpa orang lain. Meski terhadap pasangan sekalipun, kamu tidak boleh bergantung kepadanya. Hal ini karena mereka juga memiliki dunianya sendiri dan ada kalanya ia disibukkan dengan urusan pribadinya.

B.    Kebahagiaan bagi diri sendiri, bukan berarti egois kok!

Saat kamu menyediakan waktu bagi dirimu sendiri, kamu akan belajar untuk terus mencintai diri sendiri terlebih dahulu, baru mencintai orang lain. Adanya personal space membuat kamu lebih tau apa yang sebenarnya kamu butuhkan dalam diri kamu untuk melangkah kedepan.

C.    Memberi kesempatan untuk berpikir rileks

Personal space dapat memberimu kesempatan untuk berpikir secara lebih rileks dan jernih, bagaimana cara untuk menghadapi masalah yang sedang melintang. Terutama untuk diri kita saat merasa sedang dibawah tekanan kehidupan.

 

Sayangnya, saat ini makin sedikit dari kita yang menyadari pentingnya personal space. ditengah trending nya media sosial, kita hidup di era extimité (keinginan untuk menunjukkan aspek diri yang bersifat pribadi), membuat kita tertarik untuk selalu membagikan kegiatan pribadi kita. Hingga secara tidak sadar mengikis ruang pribadi yang harusnya secara nyaman dimiliki.

Bahkan, tak jarang kita melihat berseliweran di sosial media, hubungan hingga foto pribadi yang diumbar, sampai konten grebek rumah ala youtuber. Saat itulah ruang pribadi sudah menjadi ruang publik dan privasi semakin susah dimiliki. Saat ini rasanya sulit untuk memiliki personal space ditengah gempuran media sosial yang membuat kita sulit untuk mengontrol untuk tidak membagikan berbagai aktivitas kehidupan kita.

Sumber :

https://www.popbela.com/relationship/dating/felia-putri-dewinta-1/manfaat-personal-space-dalam-hubungan/7

https://kumparan.com/tambara-boyak/ruang-privasi-apa-itu-1uKdDioMXu9/full

https://kumparan.com/temali/seberapa-penting-personal-space-bagi-kesehatan-mental-kita-1sdUtsSoMGk/full

https://www.sonora.id/read/423027599/jangan-diremehkan-pentingnya-personal-space-dalam-suatu-hubungan

 

 

 

0 komentar:

Posting Komentar