23.5.22

Sarjana Psikologi Menembus Bidang CSR


 

 Ujian Tengah Semester Psikologi Industri & Organisasi 2022

Meme Normasari 21310410088

Psikologi Reguler 

 

Dosen Pengampu

Dr.Arundati Shinta,M.A

Fakutas Psikologi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

  

Akhir-akhir ini banyak dari lulusan sarjana yang memilih bekerja tidak sesuai dengan jurusan perkuliahan dan sukses dalam meniti karir. Beberapa orang beranggapan bahwa bekerja tidak sesuai dengan jurusan karena susahnya untuk mencari pekerjaan yang sesuai dengan job nya. Namun, bekerja diluar jurusan menjadi tantangan tersendiri terutama pada sesi interview. Alasan yang diberikan harus kuat dan pengalaman yang relefan menjadi hal yang harus diperhatikan karena jika tidak akan kalah dibandingkan dengan pelamar yang memang berada di jurusan tersebut.

Beberapa manfaat yang didapatkan saat bekerja diluar jurusan
  1. Belajar hal baru
  2. Menambah pengalaman, ketrampilan, dan pengetahuan
  3. Networking yang luas

Apakah saat melamar kerja tidak sesuai jurusan akan menjadi permasalahan?

Beberapa perusahaan saat ini menuntut karyawannya untuk bisa melakukan pekerjaaan di dua devisi atau lebih dan bersedia bila sewaktu-waktu dipindahkan ke devisi lain. Oleh karena itu, tidak ada pekerjaaan yang benar-benar tetap, sehingga perlu untuk menambah skill kemampuan dalam segala bidang dan kemauan untuk terus belajar.

Pekerjaana yang tidak sesuai dengan jurusan kuliah menimbulkan pro dan kontra baik dari keluarga, teman dekat, masyarakat, dan lingkungan. Banyak yang beranggapan bahwa memilih pekerjaan yang tidak sesuai maka membuat hal sia-sia karena tidak ada ilmu yang dapat diterapkan di pekerjaaan tersebut.

Faktor seseorang bekerja diluar jurusan:

1.      Faktor eksternal

Ketersediaan lapangan kerja yang sesuai jurusan masih kurang menjadi salah satu hal pemicu seorang bekerja diluar jurusan, selain itu lulusan sarjana yang banyak dan tidak sebanding dengan jumlah lowongan yang tersedia.

2.      Faktor internal

Mayoritas seorang bekerja diluar jurusannya karena beberapa orang menyerah untuk memperjaungkan impiannya, lalu asal mendapat pekerjaan.

Jadi, selama seorang menemukan pekerjaan yang membuat nyaman apa salahnya bekerja diluar dari jurusan dan bekerja tidak sesuai jurusan bukan suatu hal yang sia-sia. Salah satu cara untuk kita tahu jati diri dan ketrampilan yang selama ini kita miliki. Tidak ada salahnya mencoba hal baru, karena setiap manusia pasti ingin mencoba hal baru agar kemampuan yang dimiliki meningkat.

 

 

Daftar Pustaka

https://www.ruangguru.com/blog/kerja-tidak-sesuai-jurusan-itu-sia-sia. diakses 23 Mei 2022.

https://edukasi.kompas.com/read/2020/02/04/18202351/terima-kerja-tidak-sesuai-bidang-ternyata-ada-manfaatnya-apa?page=all. diakses 23 Mei 2022

 

0 komentar:

Posting Komentar