15.5.22

Sampah Bisa Menjadi Uang?! Loh Kok Bisa?? Begini Caranya

Dosen Pengampu : Dr. Arundanti Shinta M.A
Hasriani Zubaidi/19310410091
Tugas ini disusun guna memenuhi persyaratan Ujian Tengah Semester

Apakah kalian tau bahwa sampah bisa menjadi uang? lantas bagaimana caranya agar bisa menjadi uang? Seperti yang kita ketahui bahwa saat ini banyak Bank Sampah di Indonesia, dan Bank Sampah ini dapat menukar sampah menjadi uang. Bank Sampah merupakan konsep pengumpulan sampah kering dan dipilah serta memiliki manajemen layaknya perbankan. namun bukan uang yang ditabung melainkan sampah. Warga yang menabung sampah juga disebut nasabah, memiliki buku tabungan, dan dapat meminjam uang yang nantinya akan dikembalikan dengan sampah seharga uang yang di pinjam. Maka dari itu, Bank sampah dapat menjadi uang bagi nasabah maupun yang menjual sampah ke Bank Sampah. Berikut merupakan mekanisme nya: 



Penetapan harga setiap jenis sampah sesuai dengan kesepakatan pengelola bank sampah sehingga harga dapat berubah tergantung pada harga pasaran. Apabila sampah ditabung kemudian ditukar uang tunai maka uang yang akan diterima sesuai degan harga pasaran saat itu, akan tetapi apabila sampah ditabung secara kolektif maka harga yang diberikan merupakan harga stabil tidak tergantung pada harga pasar dan di atas harga pasaran. 


Referensi: 

1. Asteria,  D., & Heruman, H. (2016). Bank Sampah Sebagai Alternatif Strategi Pengelolaan Sampah Berbasis Masyarakat di Tasikmalaya. Jurnal Manusia dan Lingkungan, 24(1), 139.  

2. Novianty, M. (2013). Dampak Program Bank Sampah Terhadap Sosial Ekonomi Masyarakat Kelurahan Binjai, Kecamatan Medan Denai, Kota Medan. Welfare State, 2(4),4  




0 komentar:

Posting Komentar