23.5.22

Psikologi Industri dan Organisasi di +CSR PT Petrokimia Gresik

 Peluang Sarjana Psikologi terhadap CSR PT Petrokimia Gresik

Psikologi Industri dan Organisasi

Fakultas Psikologi

Qoyyimah Sofiati / 21310410036

Tugas Essay Ujian Tengah Semester

Mata Kuliah : Psikologi Industri dan Organisasi

Dosen Pengampu : Dr. Arundati Shinta, MA

CSR PT Petrokimia Gresik adalah sebuah pabrik pupuk terlengkap yang ada di Indonesia. Proyek dari perusahaan telah diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia, HM. Soeharto pada tanggal 10 Juli 1972 yang juga ditetapkan menjadi hari jadi dari PT Petrokimia Gresik. Perusahaan pupuk ini menempati areal lebih dari 450 hektar di Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Total produksi mencapai 8,9 juta ton/tahun. Perusahaan ini memiliki Anak Perusahan PT Pupuk Indonesia (Persero) yang bertransformasi menjuju perusahaan Solusi Agroindustri guna mendukung tercapainya program Ketahanan Pangan Nasional, dan kemajuan dunia pertanian.
CSR PT Petrokimia Gresik memiliki anak perusahan dan juga usaha patungan. Anak perusahan seperti PT Petrosida Gresik bergerak dibidang formulator pestisida dan perdagangan pupuk, PT Petrokimia Kayaku bergerak sebagai formulator pestisida dan produk bio, PT Petro Jordan Abadi yang sebagai produsen Asam Fosfat. Adapun perusahan patungan PT Kawasan Indusri Gresik sebagai pengelolan kawasan industri, PT Petronika sebagai produsen Dioctyl Pthalate (DOP), PT Pupuk Indonesia Energi sebagai bagian industri, pembangungan, perdagangan, dan jasa energi, PT Pupuk Indonesia Pangan dengan bisnis utama perindustrian dan perdagangan dibidang pertanian, PT Petrocentral dengan bisnis utama produsen Sadium Tri Poli Phasphate (STTP), Asean Potash Chaiyaphum dengan bisnis utama produsen MOP (Muriate of Potash) atau KCI, PT Pusperindo dengan bisnis utama produsen peralatan pabrik, dan PT Petrowidada dengan bisnis utama produsen Phthalic Anhydride (PA).
CRS PT Petrokimia juga memiliki berbagai program seperti Bina Lingkungan, Program Unggulan, Mangga Petrokimia Gresik, dan juga memiliki Kemitraan. Salah satu program dari perusahaan ini terkait pendidikan adalah Bestro atau Beasiswa Petrokimia Gresik. Bestro merupakan salah satu program dari CSR PT Petrokimia Gresik yang berupa beasiswa biaya pendidikan dan juga kegiatan softskill. Beasiswa ini diberikan untuk siswa/siswi yang berasal dari Kabupaten Gresik berada disekitar perusahaan yang berprestasi namun berasal dari keluarga yang kurang mampu melalui proses seleksi berupa tes administrasi dan juga tes wawancara. Program ini bertujuan untuk mendukung peningkatan kapasistas sumber daya manusia warga sekitar melalui pendidikan. Bantuan yang diberikan berupa UKT dan operasional bulanan untuk penerima Bestro S1, operasional bulanan untuk penerima Bestro SMA dan program peningkatan softskill.
Dengan skala perusahaan yang besar, tentu saja akan membutuhkan tenaga kerja yang banyak dan juga sistem kerja yang baik. Kaitannya pun dengan dunia psikologi tidak dapat terhindar utamanya Psikologi Industri dan Organisasi karena pemberdayaan sumber daya manusia merupakan alternatif yang baik dalam memaksimalkan kesejahteraan dan produktivitas karyawan melalui desain pekerjaan yang baik dan lingkungan kerja yang kondusif. Pada dasarnya perusahaan bukan saja mengharapkan karyawan yang mampu, cakap dan terampil, tetapi yang terpenting mereka mau bekerja giat dan berkeinginan untuk mencapai hasil kerja yang optimal. Kemampuan, kecakapan dan keterampilan karyawan tidak ada artinya bagi perusahaan, jika mereka tidak mau bekerja keras dengan mempergunakan kemampuan, kecakapan dan keterampilan yang dimilikinya namun memiliki motivasi kerja juga peting karena hal ini diharapkan setiap individu karyawan mau bekerja keras dan antusias untuk mencapai produktivitas kerja yang tinggi. Sebagaimana menurut Anoraga (1995:35) motivasi kerja merupakan sesuatu yang menimbulkan semangat atau dorongan untuk bekerja.
Dengan hal yang telah dijelaskan sebelumnya, maka diambil beberapa kesimpulan bahwa Psikologi Industri dan Organisasi mempunyai peluang untuk dapat bekerja di suatu perusahaan yang besar seperti CSR PT Petrokimia Gresik karena ruang lingkup psikologi industri lebih menitikberatkan pada aspek psikologi tenaga kerja dalam sebuah perusahaan dimana yang menjadi kajian adalah perilaku, emosi, motivasi, dan proses mental tenaga kerja dalam sebuah organisasi.

DAFTAR PUSTAKA

Koesindratmono, F., & Septarini, B. G. (2011). Hubungan antara Masa Kerja dengan Pemberdayaan Psikologis pada Karyawan PT. Perkebunan Nusantara X (Persero). Insan Media Psikologi, 13(1), 1–7. http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/24503/1/MARYAM-PSI.pdf

Irawan, A. (2014). Pentingnya Aspek Psikologi Industri dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia (Studi Literature). Proceedings SNEB, 1, 1–7.

Home PT. Petrokimia Gresik. Mei 2022. https://petrokimia-gresik.com/ 


0 komentar:

Posting Komentar