23.5.22

PERAN SARJANA PSIKOLOGI BAGI PERUSAHAAN



UTS PSIKOLOGI INDUSTRI DAN ORGANISASI

Semester 2 T.A 2021/2022

Oleh: Putri Dahliani (21310410110)

Kelas Reguler

FAKULTAS PSIKOLOGI

UNIVERSITAS PROKLAMASI 45 YOGYAKARTA

Dosen: Dr. Arundati Shinta, MA.


PT Petrokimia Gresik merupakan produsen pupuk di Indonesia, yang pada awal berdirinya disebut Proyek Petrokimia Surabaya. Kontrak pembangunannya ditandatangani pada tanggal 10 Agustus 1964, dan mulai berlaku pada tanggal 8 Desember 1964.

PT Petrokimia Gresik (dulunya Proyek Petrokimia Surabaya) adalah perusahaan produsen pupuk di Indonesia yang didirikan pada tanggal 10 Juli 1972. Perusahaan ini merupakan perusahaan milik pemerintah dengan perannya sebagai produsen pupuk terlengkap di Indonesia yang memproduksi berbagai macam pupuk, seperti: Urea, ZA, SP-36, NPK Phonska, DAP, NPK Kebomas, ZK dan pupuk organik yaitu Petroganik. Selain itu, perusahaan juga memproduksi produk non pupuk seperti Asam Sulfat, Asam fosfat, Amoniak, Dry Ice, Aluminum Fluoride, Cement Retarder, dll. Berdirinya perusahaan ini adalah untuk mendukung program pemerintah dalam meningkatkan produksi pertanian nasional.

Lalu siapa saja yang bisa berkarir pada devisi tersebut? Tentu banyak sekali yang bisa berkarir di perusahan tersebut salah satunya sarjana psikologi. Psikologi merupakan bidang ilmu yang mempelajari pola prilaku dan pikiran manusia atau individu. Sederhananya psikologi mempelajari motif atau alasan yang mendorong sesorang melakukan suatu tindakan.

Kemampuan tersebut menjadi bekal bagi sarjana psikologi untuk mengejar karier di perusahaan tersebut. Sebut saja sebagai psikolog, peneliti, asesor, konsultan pendidikan, recruiter atau personalia, dan masih banyak lagi. Peran psikologi ikut andil melakukan pelatihan dan pengembangan, menciptakan manajemen keamanan kerja dan teknik-teknik pengawasan kinerja, meningkatkan motivasi dan moral kerja karyawan, menentukan sikap-sikap kerja yang baik dan mendorong munculnya kreativitas karyawan. Perusahaan dapat menggunakan sarjana psikologi untuk meningkatkan metode perekrutan. Sehingga perusahaan dapat meningkatkan fokus pada keterampilan, pengalaman, dan evaluasi kecocokan antara kandidat dengan budaya perusahaan.


Daftar pustaka

https://id.m.wikipedia.org/wiki/Petrokimia_Gresik

https://m.merdeka.com/petrokimia-gresik/profil

https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20220107164059-289-743941/jurusan-psikologi-hal-hal-yang-dipelajari-dan-prospek-kerja/amp

https://swa.co.id/swa/my-article/psikologi-di-perusahaan#:~:text=Peran%20psikologi%20ikut%20andil%20melakukan,dan%20mendorong%20munculnya%20kreativitas%20karyawan

0 komentar:

Posting Komentar