12.5.22

Pentingnya Adaptasi Terhadap Lingkungan

 Syarat Mengikuti Ujian Mid Semester Genap  Psikologi Lingkungan



Dosen Pengampu : Dr. Arundati Shinta, M. A


Oleh :


Nama   : Imanuel Deo S.


NIM    : 20310410023


Kelas. : Psikologi B 


Fakultas Psikologi Univerisitas

 Proklamasi 45 Yogyakarta

Sebagai manusia adalah entitas hidup, seseorang akan mengalami bahwa kita terus-menerus berusaha untuk mencapai keseimbangan agar dapat berfungsi dalam lingkungan saat ini.  Seseorang mungkin sadar atau tidak menyadari perubahan tanpa akhir yang dibuat untuk mencapai homeostasis dalam lingkungan kita, internal atau eksternal. Interaksi manusia dengan lingkungan telah berubah secara drastis dari waktu ke waktu.  Manusia telah berevolusi dari pemburu dan berkumpul menjalani gaya hidup nomaden ke pertanian dan industrialisasi yang menjalani gaya hidup menetap.  Transformasi ini terjadi karena populasi yang terus bertambah. Sebelum industrialisasi, dampak aktivitas manusia sangat minim karena teknologi yang digunakan tidak mampu mengubah lingkungan dalam skala besar.  Misalnya, kegiatan pertanian dilakukan dengan menggunakan perkakas tangan dan teknologi sederhana. Untuk menganalisis Interaksi Lingkungan Manusia, penting untuk menyadari karakteristik khusus dari sistem sosial manusia.  Tipe masyarakat sangat memengaruhi sikap masyarakat terhadap alam, perilaku mereka, dan oleh karena itu dampaknya terhadap ekosistem.  Karakteristik penting dari sistem sosial manusia adalah ukuran populasi, organisasi sosial, nilai-nilai, teknologi, kekayaan, pendidikan, pengetahuan, dan banyak lagi.  Terutama nilai-nilai dan pengetahuan sangat mempengaruhi "pandangan hidup" masyarakat dan akibatnya menentukan cara orang bertindak.

      Pilihan tindakan yang mungkin kemudian dibatasi oleh teknologi yang tersedia. Interaksi Lingkungan Manusia dapat didefinisikan sebagai interaksi antara sistem sosial manusia dan ("sisa" dari) ekosistem. Sistem sosial dan ekosistem manusia merupakan sistem adaptif yang kompleks (Marten, 2001).  Kompleks karena ekosistem dan sistem sosial manusia memiliki banyak bagian dan banyak hubungan antara bagian-bagian tersebut.  Adaptif karena mereka memiliki struktur umpan balik yang mendorong kelangsungan hidup dalam lingkungan yang terus berubah. Mereka rumit karena unit ekologi dan sistem sosial manusia memiliki banyak elemen dan korelasi di antara mereka.  Adaptasi itu karena sistem umpan balik yang mendukung kelangsungan hidup di lingkungan yang terus berubah. Interaksi lingkungan manusia adalah cara orang beradaptasi dan memodifikasi lingkungan.  Ada 3 jenis interaksi manusia dengan lingkungan;Cara orang bergantung pada lingkungan untuk makanan, air, kayu, gas alam, dll. Cara orang beradaptasi dengan lingkungan untuk memenuhi kebutuhannya sendiri. Cara orang mengubah lingkungan secara positif atau negatif seperti mengebor lubang, membangun bendungan. Tujuan adaptasi makhluk hidup adalah bertahan hidup dan mempertahankan eksistensi spesiesnya di muka bumi. Adaptasi dilakukan agar makhluk hidup tetap bisa hidup walau lingkungannya berubah. Maka dari itu mari kita ciptakan lingkungan nyaman dengan beradaptasi.

 

Sumber Referensi : https://www.google.com/amp/s/amp.kompas.com/skola/read/2021/07/29/152859669/adaptasi-pengertian-para-ahli-tujuan-dan-jenisnya?espv=1

https://id.m.wikipedia.org/wiki/Adaptasi


0 komentar:

Posting Komentar