12.5.22

MEMBANGUN ETOS KERJA ANAK SMK DENGAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN (PKL)

 

MEMBANGUN ETOS KERJA ANAK SMK

DENGAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN (PKL)


Meylita Ayu Herbafalony

NIM : 21310410084

Fakultas Psikologi  Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

Tugas Essay ke – 1 Psikologi Industri dan Organisasi

Dosen Pengampu : Dr. Arundati Shinta, M.A


            Praktek kerja lapangan (PKL) merupakan salah satu bentuk implementasi secara sistematis dan sinkron antara program pendidikan di sekolah/kampus dengan program penguasaan keahlian yang diperoleh melalui kegiatan kerja secara langsung di dunia kerja untuk mencapai tingkat keahlian tertentu. Selain itu, PKL merupakan salah satu kegiatan akademik yang wajib diikuti oleh seluruh siswa/mahasiswa pada program studi tertentu (Arifin, 2014, hlm. 49).

            Saya termasuk salah satu siswa SMK yang mengikuti kegiatan training PKL di Kampus Institut Seni Indonesia Yogyakarta bagian kantor pada kelas 11 SMK. Disitu saya bersama dua teman saya karena dari pihak sekolah membagikan kelompok tiap tempatnya. Kegiatan PKL ini berlangsung selama 3 bulan. Yang saya lakukan di dalam kegiatan PKL ini adalah melakkukan kegiatan layaknya pekerjaan kantor.

Berhubung saya dari jurusan perkantoran pada saat SMK, pekerjaan selama PKL yang saya lakukan di bagian tata usaha dan kemahasiswaan yaitu seperti :

a.     Mengarsip surat

b.     Membuat surat

c.     Menerima telepon masuk dan keluar

d.     Mengantar surat

e.     Merekap data mahasiswa dan dosen

f.      Melakukan pengetikan dokumen

Pada saat saya melakukan kegiatan PKL tersebut, saya dibimbing oleh satu guru dari SMK dan satu pembimbing dari bagian kantor Kampus Institut Seni Indonesia Yogyakarta. Hari kerja saya yaitu dari hari Senin – Jumat pada pukul 08.00 – 14.00. Dan biasanya untuk di hari Jumat, seluruh karyawan melakukan kegiatan senam pagi terlebih dahulu sebelum melakukan pekerjaannya. Karyawan-karyawan yang saya temui sangat ramah, baik, dan suka memberi perhatian yang lebih kepada kami pada saat PKL berlangsung. Saya merasa senang dapat melakukan kegiatan PKL ini, dari pekerjaan dan karyawan-karyawannya membuat saya nyaman dan beruntung.

Kegiatan PKL ini sangat bermanfaat sekali bagi siswa – siswa yang ingin bekerja pada saat lulus nanti, seperti melatih dan mengasah keterampilan yang diterima siswa saat belajar di sekolah dan menghasilkan SDM yang terampil dan profesional, berpengetahuan serta memiliki etos kerja untuk bekerja sesuai dengan tuntutan zaman.

Ada tips agar para siswa memiliki semangat kerja dengan melakukan kegiatan PKL, yaitu :

a.     Melakukan tugas dan tanggung jawab selama PKL dengan senang dan menikmati

b.     Tidak menjadikan beban ketika ada tugas meskipun tugas tersebut menumpuk

c.     Menganggap karyawan-karyawan yang ada seperti keluarga, dan bangunlah kerukunan yang akan tercipta

d.   Jika ada kesalahan, jangan takut untuk mengakui kesalahan tersebut dan jadikan kesalahan tersebut menjadi sebuah pembelajaran untuk memperbaiki diri agar lebih baik lagi

e.  Buatlah prinsip di dalam suatu pekerjaan, bahwasannya harus melakukan semua tanggung jawab dengan semaksimal mungkin, agar mendapatkan hasil yang memuaskan


SMK menyelenggarakan kegiatan pembelajaran dan juga pelatihan yang tentunya memiliki maksud agar peserta didiknya dapat memiliki pengalaman belajar yang lebih nyata seperti PKL contohnya. Karena, di sektor manapun, tenaga kerja atau sumber daya manusia yang dibutuhkan adalah tenaga kerja atau sumber daya manusia yang berkompeten di bidangnya, selain itu dibutuhkan juga tenaga kerja atau sumber daya manusia yang dapat bersaing dan memberikan inovasi-inovasi baru dalam lingkungan pekerjaannya.


REFERENSI :

Lailatissilmi, Yoyoh Jubaedah, Nenden Rani Rinekasari. 2018. Pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan (PKL) Oleh Peserta Didik Sebagai Caregiver Di Panti Sosial Tresna Werdha Budi Pertiwi. Jurnal Family Edu. Vol IV No.1.


0 komentar:

Posting Komentar