6.1.22

Wisata Alam Gumuk Pasir

GUMUK PASIR PARANGKUSUMO

Phrahasti Sito Resmi

19310410038

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

Essay Pra-syarat Ujian Akhir Psikologi Inovasi

Dosen Pengampu : Dr. Arundati Shinta MA

 


Potret Nusantara dalam perlombaan yang diadakan oleh komunitas Fotografi Telkom Grub berkaloborasi dengan DOSS camera anda digital. Kompetisi yang dihadang dengan banyak hastag. Terima kasih Indonesia 2021 ini sukses menarik perhatian  karena ada penghargaan untuk peserta lomba yang berhasil menjadi juara penghargaan itu berupa uang senilai 25 juta rupiah. Saya salah satu peserta lomba dari banyaknya orang yang minat mengikuti lomba ini. Mengikuti lomba ini karena prasyarat UAS Psikologi Inovasi yang diampu oleh Ibu Arundati Shinta selain itu juga saya berharap menjadi pemenang untuk diri saya sendiri.        


Foto yang saya ikutan competition itu ialah “Gumuk Pasir” foto yang beralamat di Gumuk Pasir Parangkusumo Yogyakarta. Jl. Pantai Parangkusumo RT. 01 Grogol 10 Kretek Parangtritis Pantai Parangtritis Kec. Kretek Bantul. Foto ini saya ambil di bulan Desember 2021 kemarin. Gumuk pasir ini tempatnya di kelilingi oleh banyak pantai jika mau ke pantai parangtritis pasti melewati gumuk pasir ini dan pantai yang dekat dengan gumuk pasir ini pantai prangkusumo. Disekeliling gumuk pasir banyak pasirnya dan pepohonan dan disana di hiasin oleh ayunan dan identk dengan pohon kaktusnya yang sering dipakai spot foto oleh pengunjung. Di gumuk pasir juga banyak wahana yaitu

1.      Wahana Sandboarding : banyak yang menikmati wahana ini ketika sedang berlibur di gumuk pasir karena merasakan adrenalin yang jarang bisa dirasakan di tempat lain. harga tiket wahana Sandboarding ini sekitar 150-200 rupiah. Meskipun tergolong mahal tetapi sensasi dan pengalaman liburan yangs seru dapat didapatkan.

2.      Wahana ATV JEEP/Motorcross : selain wahana sandboarding anda juga bisa menikmati wahana yang ngga kalah seru denan wahana yang lain wahan ini lebih seru yaitu bermain ATV/Motorcross dengan treck di Gumuk Pasir yang panasnya menantang banget. Harga sewa wahana ini bisa ditanyakan kepada petugas persewaan masing-masing karena tinggal spot mana aja yang mau dikunjungin.

Gumuk Pasir ini merupakan sebagai wisata yang menarik di Yogyakarta dengan keindahan yang anti mainstream. Gumuk Pasir booming pada tahun 2018 yang selalu ramai dikunjungn oleh wisatawan yang berlibur di Yogyakarta. Gumuk Pasir ini tempat wisata yang rekomendasi banget karena mempunyai luas lokasi yang cukup luas terhampar sejauh 2 km dari sungai Opak hingga Pantai Depok. Gumuk Pasir di Jogja menjadi salah satu keindahan alam yang patut di banggakan karena di Asia Tenggara sendiri hanya ada 3 destinasi wisata gumuk pasir. Mui Ne Sand Dunes di Vietnam La Paz Sand Dunes di Filipina dan Gumuk Pasir Parangtritis di Indonesia. Jangan takut membayar mahall masuk ke wisata Gumuk pasir kenapa? Karena untuk masuk ke Gumuk Pasir gratis tanpa dipungut biaya apapun. Jika ingin liburan dan pengen yang murah tap berkualitas kunjungin aja Gumuk Pasir wisata yang tidak harus membayar mahall dan menikmatinya. Untuk mengunjungin obyek wisata ini tidak perlu khawatir atau kesulitan karena lokasinya sangat mudah untuk dkunjungin. Dari pusat kota jogja sendiri Gumuk Pasir Bantul berjarak sekitar 30 km dan bsa anda kunjungin dengan waktu tempuh kurag lebih 60 menit dengan kendaraan. Jika anda masih bingung untuk rute yang harus di lalui anda bisa buka maps.

Tips berkunjung untuk mendapatkan liburan yang tak terlupakan di Gumuk Pasir Jogja yaitu :

·         * Waktu terbaik untuk berkunjung yaitu ketka pagi hari ketika cuaca sedang cerah-cerahnya. Jangan seperti saya kemaren yang berkunjung di siang hari yang mataharinya sangat terik sekali tetapi tidak apa-apa karena cuacanya cerah banget dan langitnya sangat bagus jadi bagus banget buat foto-foto.

·        *  Siapakan uang lebih ketika anda ingin menikmati sensasi berlibur tak terlupakan. Kalau ngga ikutin seperti saya saja yang ingin berlibur tapi tidak mengeluarkan uang banyak karena kemarin waktu saya berkunjung ke Gumuk Pasir hanya mengeluarkan uang Rp13.000 itu untuk banyar parkir Rp. 3.000 dan buat beli minuman Rp. 10.000 sangat irit kan mode liburan anak kos.

·        *  Jangan lupa bawalah kamera untuk mengabadikan moment berlibur di Gumuk Pasir Bantul.

Kekurangan dalam wisata Gumuk Pasir itu masih banyak sampah yang berserakan dan dengan seenaknya saja yang berkunjug kesana membuang sampah sembarangan jadi untuk wisatawan tolong kebersihannya di jaga dan buanglah sampah pada tempatnya. 

0 komentar:

Posting Komentar