6.1.22

KEINDAHAN ALAM YANG MEMBAWA KETENANGAN DI LERENG GUNUNG ARGOPURO

 KEINDAHAN ALAM YANG MEMBAWA KETENANGAN

DI LERENG GUNUNG ARGOPURO

Poppy Intan Permatasari / 19310410013

Fakultas Psikologi

 Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

Essay Ujian Akhir Psikologi Inovasi

Dosen Pengampu : Dr. Arundati Shint, M.A

Indonesia sangat terkenal dengan keindahan alamnya. Dimana keindahan alam di Indonesia ini sudah terkenal hingga ke mancanegara. Keindahan Indonesia memang dianggap tidak mampu menyaingi dan menandingi negara manapun di dunia (Kompasiana, 2017). Hampir semua keindahan alam terdapat di Indonesia mulai dari keindahan darat hingga ke laut. Keindahan tersebut diantaranya keindahan pantai, gunung, flora dan fauna, budaya serta taman bawah laut.

Berbicara soal keindahan alam Indonesia dari berbagai segi, ternyata terdapat keindahan alam yang tidak kalah menarik untuk kita nikmati dan rasakan. Dimana keindahan ini berada di dataran tinggi yang tentunya akan membawa ketenangan dan kenyamanan tersendiri untuk setiap individu yang mengunjunginya. Salah satu hal yang biasanya inidividu lakukan untuk mencari ketenangan dan kenyamananan dalam dirinya yaitu dengan pergi ke daerah sejuk dan dataran tinggi seperti halnya gambar di bawah ini.

Foto tersebut merupakan lereng gunung argopuro yang berada di daerah PTPN XII Gondang, Tanggul, Jember. Lereng ini berada di dataran tinggi yang jalan untuk menempuhnya butuh perjuangan karena harus melewati bebatuan dan tanah licin serta kanan kiri jalan yang berjurang. Namun di lereng ini menyuguhkan keindahan alam dengan hamparan pepohonan hijau yang menjulang tinggi di setiap jalannya. Untuk inidividu  yang melihatnya atau mengunjunginya pasti akan merasakan kenyamanan dan ketenangan tersendiri. Ketenangan ini sebagai sebuah emosi positif yang merefleksikan adanya kedamaian batin (inner peace) dan rasa percaya diri (confidence) serta keseimbangan (harmony) antara tubuh dan pikiran (Cuello & Oros, 2014).

Terlihat jelas dari lereng Gunung Argopuro yang dikelilingi pepohonan hijau menjulang tinggi serta jalannya tidak bagus ini memiliki arti tersendiri. Dimana seperti seseorang yang ingin mencapai kesuksesan atau cita-citanya tidak ada jalan yang mudah untuk ditempuhnya. Dimana kita harus melewati beberapa rintangan dan juga hambatan, jatuh bangun dengan beberapa permasalahan dan cacian dari lingkungan sekitar. Namun dibalik hal itu semua dengan hijaunya pepohonan itu memiliki arti bahwa untuk mengatasi itu semua kita mempunyai cara tersendiri untuk mencari jalan keluarnya dengan beberapa kreativitas yang kita bangun. Dengan kreativitas itu kita nantinya mampu menghilangkan mencapai apa yang kita cita-citakan dan mampu menggantikan kelamnya masa sulit yang sudah kita lewati. Jadi tetap semangat untuk mencapai sebuah kesuksesan dan tetap berbuat baik dengan lingkungan sekitar, karena kita tidak tahu siapa yang dikirim Tuhan untuk menolong kita untuk mencapai kesuksesan.

                    

                    
 

Daftar Pustaka :

Cuello, M. I., & Oros, L. B. (2014). Serenity and its relationship to prosocial and aggressive behaviors in Argentinean hildren. Journal of Latino/Latin American Studies, 6(1), 31–39. https://doi.org/10.18085/llas.6.1.r7r784l21q076452

Kompasiana. (2017). Indahnya Negeriku Indonesia. https://www.kompasiana.com/yudiwiramiharja/59bb6b45a7249b33f6688842/indahnya-negeriku-indonesia. (Diakses pada 5 Januari 2021)

 

0 komentar:

Posting Komentar