7.1.22

SETAPAK LANGKAH PERUBAHAN DENGAN HAL KECIL, MEMASAk

 

Rika Racmawati (19310410027)

Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

Essay Ujian Akhir Psikologi Inovasi

Dosen Pengampu: Dr. Arundhati Shinta, MA

Pengembangan diri individu merupakan salah satu proses belajar yang dialami setiap manusia. Belajar sendiri sering kita lakukan disetiap kegiatan kita, walaupun dalam kegitan yang sederhana seperti memasak. Belajar memasak sama saja kita melakukan perubahan diri agar menjadi baik dan dapat berkembang menjadi pribadi yang lebih baik serta inovatif. Perubahan diri menjadi lebih baik dari sebelumnya yang awalnya tidak bisa menjadi bisa. Memasak juga termasuk dalam proses belajar tetapi seseorang dapat dikatakan belajar menurut Riyanto (2010) kalau seseorang belajar dengan latihan-latihan yang terus menerus sehingaa orang itu dapat berubah. Perubahan sendiri merupakan hasil dari proses belajar dan menurut  Syah (dalam Sriyanti. L., dkk, 2009:18) hasil belajar itu memiliki 3 ciri, yaitu :

1.       Perubahan intensional adalah perubahan yang terjadi dalam diri individu dilakukan dengan sengaja dan disadari. Maksudnya, perubahan sebagai hasil belajar bukanlah suatu kebetulan, akan tetapi perubahan itu disengaja dan disadari sebelum aktivitas belajar.

2.       Perubahan sebagai ciri belajar bersifat positif dan aktif.Bersifat positif maksudnya perubahan itu bersifat baik, bermanfaat, dan sesuai yang diharapkan oleh individu. Perubahan bersifat aktif maksudnya perubahan terjadi dalam diri individu merupakan hasil dari usahanya.

3.       Perubahan itu efektif dan fungsional. Perubahan bersifat efektif, artinya perubahan itu berhasil guna. Perubahan yang berhasil guna adalah perubahan yang bermakna dan bermanfaat bagi diri individu. Perubahan bersifat fungsional artinya perbahan itu relatif permanen dan siap dibutuhkan setiap saat.

Belajar memasak untuk perubahan yang lebih baik, lebih percaya diri karena tau kekurangan kita dan mau merubah kekurangan kita menjadi versi terbaru diri kita serta menjadi  lebih inovatif dan kreatif dalam hal memasak ataupun hal yang lain. Saat belajar memasak pasti ada permasalahan atau kecelakaan yang tidak diinginkan. Kejadian-kejadian yang tak terduga saat belajar yang lucu dapat membuat kita tertawa danterus mengingat kejadian itu sampai kapanpun. Contohnya kejadian lucu saat membuat cimol, bakso goreng dan ayam goreng. Cimol yang awalnya sempurna tetapi saat pengorengan sesi kedua cimol meledak dan ada juga cimol yang keras bahkan saat dibanting cimol berbunyi seperti kelereng yang dibanting, untuk sesi pengorengan yang pertama aman-aman saja , untuk bakso goreng dan ayam goreng  ada yang meledak. Untuk masakan yang lain tidak ada masalah tetapi untuk kesulitan sebelum memasak terjadi saat ingin membuat martabak, kulit martabak sulit ditemukan, sudah dicari diempat toko yang berbeda dan akhirnya baru ditemukan di Superindo.

Lalu apa yang bisa kita lakukan untuk menangulangi atau mengatasi masalah yang terjadi saat proses kita belajar memasak. Mengapa kita harus tau cara mengatasi masalah tersebut ? ya jawabnaya cukup simple agar kita tidak menghadapi masalah yang sama dikemudian hari dan kita dapat mengatasinya jika dihadapakan hal yang sama. Tips agar mengatasi masalah dari kesulitan yang saya ceritakan, yaitu :

1.       Untuk cimol bisa dimasukan terlebih dahulu adonan cimol diminyak dingin lalu nyalakan api sedang dan terus diaduk hingga mengembang.

2.       Untuk bakso goreng bisa derebus lebih lama dan saat mengoreng sama seperti cimol

3.       Untuk ayam goreng pastikan wajan bersih, panaskan minyak, dan tambahkan garam dapur agar tidak muncrat minyaknya saat mengoreng ayam

4.       Untuk tips berbelanja denagn menghemat waktu dan harga kita lebih baik cari tau terlebih dahulu di internet harga , ketersedian barang dan took buka serta tutup jam berapa.

Menghadapi kesulitan kita perlu cerdik. Karena dalam memasak tidak hanya ada hasil tetapi juga proses yang pasti ada masalah ataupun kisah didalamnya. Maka dari itu sebelum memulai memasak perhatikan terlebih dahulu apa yang harus disiapkan dan yang harus dilakukan untuk antisipasi masalah yang terjadi.

PROSES MASAK

Nama dan Cara

Belanja

Proses

Hasil

Cimol

 

 


 


Bakso goreng

 

 

 

Perkedel

 


 

 

Ayam goreng

 


 

 

Bakwan jagung


 

 

Orak-arik buncis

 

 

 

Martabak kornet

 





 

 

Tahu kriwil

 

 

 

PENGOLAHAN LIMBAH

Nama

Proses

Hasil

Pupuk  kompos

 

 


 







 

 

 

 

 

Pengolahan plastik

 

 

 

 

Daftar Pustaka Buku

Lilik Sriyanti,dkk. (2009). Teori-Teori Belajar. Salatiga : STAIN Salatiga Pres.

Yatim Riyanto. (2010). Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Daftar Pustaka Internet

Arshiya Kitchen. (2020). Martabak telur kornet kulit lumpia. https://cookpad.com/id/resep/12753101-martabak-telur-kornet-kulit-lumpia. Diakses tanggal 27 November 2021.

Elmi Rahmatika. (2021). Cara membuat Pupuk Kompos Alami Dari Sampah Organik Dan Kotorn Hewan. https://www.99.co/blog/indonesia/cara-membuat-pupuk-kompos/. Diakses 23 September 2021

Kuejadulenak. (2021). Bakso akhir bulan check cus dibuat. https://www.instagram.com/p/CURs_rRJbmE/?utm_medium=copy_link. Dialses 27 september 2021.

Nur Luthfiana haerdian . (2020). 10 resep orak-arik buncis, enak, sederhana dan bikin nagih. https://m.briliofood.net/amp/resep/10-resep-orak-arik-buncis-enak-sederhana-dan-bikin-nagih-201229w.html#aoh=16415557248431&referrer=https%3A%2F%2Fwww.google.com&amp_tf=Dari%20%251%24s. Diakses 20 November 2021.

Prila Arofani. (2021). Resep tahu goreng kriwil, rasanya gurih dan tekstur krispi. https://www.idntimes.com/food/recipe/amp/prila-arofani/resep-tahu-goreng-kriwil#aoh=16415558988775&referrer=https%3A%2F%2Fwww.google.com&amp_tf=Dari%20%251%24s. Diakses 28 November 2021.

Resepmasakanzhee. (2021). Cemilan  seuhah jaman now. https://www.instagram.com/p/CUFBNhhhwVp/?utm_medium=copy_link. Diakses 21 september 2021.

Rizka Mifta. (2021). 15 resep ayam goreng rumahan, sederhana enak dan anti repot. https://m.briliofood.net/resep/15-resep-ayam-goreng-rumahan-sederhana-enak-dan-antirepot-2105257.html. Diakses 1 November 2021.

Shahfara Raida. (2021). 9 cara membuat bakwan jagung ala rumahan, empuk dan renyah. https://m-briliofood-net.cdn.ampproject.org/v/s/m.briliofood.net/amp/resep/9-cara-membuat-bakwan-jagung-ala-rumahan-empuk-dan-renyah-211109j.html?usqp=mq331AQKKAFQArABIIACAw%3D%3D&amp_js_v=a6&amp_gsa=1#referrer=https://www.google.com&csi=0. Diakses 13 November 2021.

Tantri Setyorini.(2021). 10 cara membuat perkedal kentang gurih, mulai perkedel rumah makan sampai perkedel KFC. https://www.merdeka.com/gaya/cara-membuat-perkedel-kentang-kln.html . Diakses tanggal 20 Oktober 2021.  

0 komentar:

Posting Komentar