7.1.22

SELF HEALING: YUK NIKMATI KEINDAHAN ALAM GUNUNG PRAU


Kharisma Ayu Mutiara Dewi (19310410070)

Psikologi Inovasi

Dosen Pengampu Dr. Arundati Shinta, MA.

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45

Yogyakarta


 

Self healling merupakan  fase yang diterapkan pada proses pemulihan (umumnya dari gangguan psikologis, trauma), didorong oleh dan diarahkan oleh pasien, sering hanya dipandu oleh insting. Nilai penyembuhan diri terletak pada kemampuannya untuk disesuaikan dengan pengalaman unik dan persyaratan individu. Proses ini dapat membantu dan dipercepat dengan teknik introspeksi seperti meditasi dan terapi gestalt. Penyembuhan diri dapat merujuk kepada otomatis, proses homeostatik tubuh yang dikendalikan oleh mekanisme fisiologis yang melekat dalam organisme. Sui (2009) mengatakan bahwa self healing juga dapat dicapai melalui mekanisme psikologis yang sengaja diterapkan. Pendekatan ini dapat meningkatkan kondisi psikologis dan fisik seseorang. Penelitian Hawkes (dalam Ameling dan Anderson, 2009) menegaskan bahwa hal ini dapat dicapai melalui berbagai mekanisme, termasuk relaksasi, latihan pernapasan, latihan kebugaran, citra, meditasi.

Self healing terdiri dari 3 proses yaitu self acceptance yaitu selalu menerima diri sendiri dengan apa adanya baik sisi baik mapun buruk. Luangkan waktu sejenak untuk menerima diri apa adanya. Yang kedua adalah memaafkan diri sendiri yaitu memaafkan semua kesalahan di masa lalu yang tidak ada gunanya di masa depan atau menghambat perjalanan kedepannya. Yang ketiga melakukan kegiatan yang positif yaitu dengan melakukan kegiatan yang bermanfaat seperti membaca buku atau dengan travelling ke tempat tempat yang mempunyai keindahan alam yang bagus. Di Indonesia terkenal dengan banyak keindahan alam yang sangat luar biasa terdapat pantai, pegunungan tinggi, pegunungan rendah, dll.  Salah satu keindahan alam Indonesia yaitu gunung prau.


Selain gunung prau memiliki suatu acara yaitu pemotongan rambut gimbal atau dieng festival, gunung prau juga memiliki berbagai pesona alam khas pegunungan yang disuguhkan Gunung Prau sebagai salah satu landmark Dataran Tinggi Dieng sangat menakjubkan dan unik. Dan di puncaknya gunung ini memiliki  Bukit Teletubbies yang unik dengan hamparan bunga Daisy yang berwarna-warni, menikmati indahnya sunrise dan sunset, langit malam yang bertabur bintang (milky way) yang cantik, view puncak gunung-gunung di Pulau Jawa yang megah, hingga perjalanan menuju puncak. Gunung Prau berada di ketinggian 2.565 mdpl, secara administrasi lokasi Gunung Prau Dieng memanjang meliputi lima kabupaten di Provinsi Jawa Tengah, yaitu Kabupaten Wonosobo, Kabupaten Banjarnegara, Kabupaten Batang, Kabupaten Temanggung, dan Kabupaten Kendal. Di setiap kabupaten ini terdapat jalur-jalur pendakian yang sudah biasa ditempuh.

Gunung Prau juga memiliki medan akses yang cukup mudah yaitu medan atau trek pendakian gunung Prau tergolong cukup ringan dan cukup gampang ditempuh oleh pendaki pemula. Contoh gunung prau via wates, jalur ini menjadi jalur pendakian yang sangat menyenangkan. Kondisi masih sepi, jalanan bersih, banyak papan petunjuk, ada wisata air terjun, dan banyak sumber air minum. Jadi dengan pemandangan yang disuguhkan gunung prau via wates ini dapat membantu proses self healing, yaitu dengan merefresh pikiran dan jauh dari hiruk pikuk keramaiian. Jadi yuk kapan mau mendaki gunung prau via wates ini!

 

Daftar Pustaka:

Budiman & Ardianty, S. 2018. Pengaruh Efektivitas Terapi Self Healing Menggunakan Energi Reiki terhadap Kecemasan Menghadapi Ujian Skripsi. PSYMPATHIC : Jurnal Ilmiah Psikologi. Vol. 4, No. 1

Hengky. 2021. Pesona Keindahan Gunung Prau dengan Bukit Teletubbiesnya. Diakses pada tanggal 07 Januari 2022 di https://id-velopedia.velo.com/pesona-keindahan-gunung-prau-dengan-bukit-teletubbiesnya/





0 komentar:

Posting Komentar