4.1.22

MENJADI MAHASISWA INOVATIF DENGAN PLOGGING DAN MEMBUAT POT DARI BOTOL PLASTIK BEKAS


ESSAY PRASYARAT UJIAN AKHIR SEMESTER PSIKOLOGI INOVASI

 

Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

 

TRIAS SABILA RAHMAH / 19310410036

MATA KULIAH : PSIKOLOGI INOVASI

DOSEN : DR. ARUNDATI SHINTA, MA

 

Seringkali kita mendengar kata kreatif maupun inovatif disebutkan oleh dosen kita, atau pengisi-pengisi dalam seminar motivasi. Apa yang dimaksud dengan inovatif? Perilaku inovatif didefinisikan sebagai sebuah tindakan perubahan yang dilakukan untuk menciptakan dan mengambil ide-ide, pemikiran, atau cara-cara baru untuk di terapkan dalam pelaksanaan dan penyelesaian pekerjaan (Gaynor, 2002).

Sebagai mahasiswa kita dituntut untuk lebih kreatif dan inovatif. Kreatif dalam menemukan ide baru dan inovatif dalam mencari cara-cara baru untuk mensiasati permasalahan yang ada. Dilansir dari ULM.ac.id (2017) menurut para ahli, seseorang yang kreatif bukanlah selalu menemukan hal baru, namun ia selalu melihat segala sesuatu dengan cara berbeda dan baru, dan biasanya tidak dilihat oleh orang lain.

Untuk menjadi mahasiswa yang inovativ, kita dapat memulai dengan memberi perubahan pada diri kita. Ini dapat dimulai dengan hal yang sederhana dan dekat dengan keseharian kita. Sebagai contoh adalah hal yang sudah saya lakukan yakni jogging di pagi hari. Sebelumnya saya sangat jarang melakukan jogging di pagi hari, namun saya ingin mencoba merubah hal tersebut dan membiasakan diri untuk jogging di pagi hari. Namun yang saya lakukan tidak hanya jogging saja, ada nilai tambah atau value added dalam kegiatan jogging saya yakni dengan memungut sampah, kegiatan ini dinamai plogging. Plogging adalah joging sambil memunguti sampah yang ada pada rute yang kita lewati saat berlari. Plogging memiliki banyak manfaat yaitu dapat membuat tubuh lebih bugar karena joging sekaligus membersihkan lingkungan dengan memunguti sampah-sampah di lintasan.

Plogging minggu ke 1
Plogging minggu ke 2

Plogging ke 3 dan 4

Plogging ini sudah saya lakukan sebanyak delapan kali. Saya melakukan plogging ini di dua kota yang berbeda. Masing-masing empat kali plogging daya lakukan di kota Semarang dan Yogyakarta. Saya melakukan plogging ini di pagi hari dan menghabiskan waktu selama satu jam dalam satu kali plogging.

Plogging ke 5


Plogging ke 6


Plogging ke 7


Plogging ke 8

Dalam pelaksanaan plogging ini, jika saya menemukan sampah botol plastik, maka saya akan menerapkan perilaku reuse dengan membuat botol plastik tersebut menjadi pot bunga. Reuse adalah menggunakan lagi suatu barang lebih dari sekali. Ini mencakup penggunaan kembali secara konvensional di mana barang dipakai lagi dengan fungsi yang sama, dan penggunaan kembali di mana barang dipergunakan dengan fungsi yang berbeda.

Untuk pembuatan pot bunga ini pun cukup mudah yakni hanya dengan memotong botol menjadi dua bagian dan melubangi kecil-kecil bagian bawah botol dan apabila diingkan bisa menghias botol dengan cara melukisnya dengan cat akrilik.

Adapun suka duka yang saya rasakan selama melaksanakan kegiatan ini yaitu duka ketika belum terbiasa untuk bangun pagi dan jogging. Saya merasa sangat malas karena harus bangun pagi dan jogging. Kemudian untuk sukanya adalah saya merasa senang ketika bisa menghirup udara segar di pagi hari. Saya juga merasakan perubahan dalam diri saya ketika melakukan kegiatan plogging ini. Saya merasa lebih bugar dan mulai terbiasa bangun pagi. Untuk selanjutnya pun saya juga berencana untuk melanjutkan kegiatan plogging ini karena selain bermanfaat untuk diri sendiri, plogging juga sangat bermanfaat untuk kebersihan lingkungan.

Plogging dan reuse botol plastik ini bisa kita jadikan sebagai langkah awal yang mudah untuk menjadi mahasiswa yang kreatif serta inovatif. Karena kreatif dan inovatif adalah skill sangat dibutuhkan di zaman globalisasi sekarang ini.

 

Daftar Pustaka :

Gaynor, G.H. (2002). Innovation by design. New York, American Management. Association.

Universitas Lambung Mangkurat. (2017). Menjadi Mahasiswa Kreatif, Inovatif dan Peduli. https://ulm.ac.id/id/2017/07/18/menjadi-mahasiswa-kreatif-inovatif-dan-peduli/

0 komentar:

Posting Komentar