4.1.22

Membantu Menyiapkan Sedekah Jumat Berkah Untuk Sholat Jumat

 

ESSAY PSIKOLOGI INOVASI PENGABDIAN MASYARAKAT

 

Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta


 

TRIAS SABILA RAHMAH / 19310410036

MATA KULIAH : PSIKOLOGI INOVASI

DOSEN : DR. ARUNDATI SHINTA, MA

 

Pengabdian masyarakat adalah suatu kegiatan yang bertujuan membantu masyarakat tertentu dalam beberapa aktivitas tanpa mengharapkan imbalan dalam bentuk apapun. Dilansir dari Kompasiana (8/5/2012) pengabdian masyarakat ini harusnya dilakukan secara kontinual dan jangka panjang karena dalam membangun sebuah masyarakat dibutuhkan proses yang panjang. Ada bermacam aspek yang harus diperbaiki untuk mengubah karakternya, budayanya, hingga pola pikir masyarakat sehingga dapat terwujud sebuah masyarakat yang beradab.

Ada banyak sekali bentuk pengabdian kepada masyarakat, salah satu bentuk pengabdian masyarakat adalah dengan bersedekah. Sedekah diambil dari bahasa Arab "shadaqah" yang artinya "kebenaran". Menurut peraturan BAZNAS No.2 tahun 2016, sedekah adalah harta atau non harta yang dikeluarkan oleh seseorang atau badan usaha di luar zakat untuk kemaslahatan umum. Bentuk sedekah pun bermacam macam, ada yang berupa uang, barang, ataupun makanan. Sedekah pun bisa dilakukan dengan banyak cara yaitu bisa dilakukan secara langsung, tidak langsung, maupun secara online.

Salah satu bentuk sedekah yang akhir-akhir ini ramai di kalangan masyarakat umum adalah sedekah nasi kotak Jumat Berkah, yaitu memberikan sedekah berupa nasi kotak yang dilakukan pada hari Jumat. Seperti yang kita ketahui bahwa hari Jumat dianggap hari yang paling baik dan paling utama bagi umat Muslim.

Saat ini banyak sekali tempat seperti masjid, restoran, bahkan warung yang memberikan nasi kotak Jumat Berkah. Salah satu tempat yang melakukan sedekah nasi kotak Jumat Berkah ini adalah Warung Santri milik Yayasan Pondok Doaqu Semarang. Warung Santri ini selalu memberikan nasi kotak untuk dibagikan ke masjid-masjid terdekat.

Dalam hal ini, saya berperan membantu Warung Santri untuk menyiapkan makanan yang akan dibagikan ke masjid-masjid pada setiap Jumat Berkah. Saya mulai membantu di pagi hari pukul 6 pagi dan selesai pada pukul 12 siang. Pada pagi hari, saya membantu berbelanja ke pasar untuk keperluan bahan masakan. Setelah itu saya membantu meracik bumbu seperti cabai, bawang merah, bawang putih, untuk memasak masakan yang akan dihidangkan dalam nasi kotak. Jika masakan sudah matang, saya membantu menata masakan dan memasukkannya ke dalam kardus. Setelah semuanya siap, nasi kotak tersebut kemudian dibagikan ke masjid-masjid terdekat. Pengabdian masyarakat ini saya lakukan setiap hari Jumat pada bulan September hingga Oktober 2021.

 

Kompasiana. (2012). Peran Mahasiswa dalam Pengabdian Masyarakat. (Diakses pada 28 Desember, 2021). https://www.kompasiana.com/ausofali/551046768133119a36bc61ae/peran-mahasiswa-dalam-pengabdian-masyarakat

BAZNAS. (2016). Definisi Sedekah. (Diakses pada 28 Desember 2021). https://baznas.go.id/sedekah

0 komentar:

Posting Komentar