6.1.22

MENAMBAH BERAT BADAN DENGAN GAYA HIDUP SEHAT (PLOGGING,BERENANG & POLA MAKAN SEHAT)

 MENAMBAH BERAT BADAN DENGAN GAYA HIDUP SEHAT

(PLOGGING,BERENANG & POLA MAKAN SEHAT)

Poppy Intan Permatasari / 19310410013

Fakultas Psikologi

 Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

Essay Prasyarat Ujian Akhir Psikologi Inovasi

Dosen Pengampu : Dr. Arundati Shint, M.A

      Keinginan untuk menambah berat badan demi mendapatkan tubuh yang bagus dan ideal saat ini sedang menjadi trend yang banyak beredar di masyarakat mulai dari remaja hingga dewasa. Dimana hal ini sebenarnya bukan hanyak terjadi saat ini saja namun sudah menjadi permasalahan banyak individu dari zaman dahulu.  Individu yang berat badannya kurang dari standar normal sesuai tinggi badan biasanya akan melakukan berbagai cara untuk bisa mendapatkan tubuh yang dia inginkan. Ternyata terdapat beberapa alasan mengapa seorang individu ingin menambah berat badan diantaranya tubuhnya yang terlalu kurus serta ingin memperbaiki penampilan (Shiferaw & Gebremedhin, 2020).

       Untuk mendapatkan hal itu tentunya seorang individu harus menerapkan gaya hidup sehat didalam kehidupannya. Dimana hal ini nantinya akan menjadi penyeimbang didalam kesehatan tubuhnya, supaya berat badannya tidak berlebihan dan masih masuk kedalam konteks normal sesuai kesehatan. Gaya hidup sehat dalam hal ini yaitu seperti menjaga pola makan yang sehat serta rajin melakukan berbagai macam kegiatan olahraga. Namun ada olahraga yang mempunyai value tersendiri didalam hal ini yaitu plogging dan berenang. Plogging merupakan gabungan dari dua kata yaitu plocka upo yang berarti memungut atau mengambil serta jogging yang berarti joging atau berlari. Jadi plogging itu adalah kegiatan berlari sambil mengambil sampah disekitar jalan (Maharrani, 2018). Sedangkan menurut Muhajir (2004:166), renang merupakan olahraga yang menyehatkan. Sebab hampir semua otot tubuh bergerak sehingga seluruh otot berkembang dengan pesat dan kekuatan perenang bertambah meningkat.

 Plogging ini mempunyai manfaat tersendiri untuk individu yang bisa menerapkannya apalagi olahraga untuk menambah berat badan. Dimana seperti yang kita tahu bahwa hal ini masih jarang sekali dilakukan orang masyarakat pada umumnya. Manfaatnya selain kita puas dengan hasil yang kita inginkan, kita juga bisa bisa bermanfaat buat lingkungan sekitar yaitu dapat mengurangi sampah yang ada disekitar lingkungan kita. Sedangkan untuk olahraga berenang kita bisa meningkatkan masa otot maupun menghilangkan stres yang dimana hal ini berguna untuk kegiatan menambah berat badan. Yang tak kalah penting dengan menjaga pola makan yang sehat kita bisa mendapatkan banyak hal yang bermanfaat, dimana makanan sehat memiliki sejumlah nutrisi yang diperlukan manusia dan makanan mengandung zat-zat gizi yang dibutuhkan untuk proses penambahan berat badan.

 Dari hal ini saya pribadi termotivasi untuk melakukan kegiatan positif sebagai kegiatan perubahan diri dalam diri saya. Dimana saya masih mempunyai masalah terkait berat badan dan masalah lingkungan tempat tinggal saya yang kurang sadar dalam membuang sampah. Disini saya akan mix  hal tersebut dan akan membagikan bagaimana kegiatan positif yang saya lakukan selama 8x didalam perubahan diri untuk menambah berat badan, yaitu dengan menjaga pola makan sembari olahraga.

Kegiatan positif yang saya lakukan selama 8x/minggu untuk menambah berat badan yaitu saya mulai sejak awal bulan Oktober sampai akhir bulan November. Setiap minggu saya melakukan beberapa jenis olahraga yang berbeda. Disamping itu saya juga menjaga dan mengatur pola makan sehat. Kegiatan ini saya lakukan semuanya didaerah tempat saya tinggal yaitu di PTPN XII Gondang, Jember. Jenis kegiatan olahraga yang saya lakukan diantaranya berenang, jogging, plogging,  pemanasan badan, senam dan beberapa kegiatan lainnya. Untuk pola makan setiap hari saya mengatur jenis makanan dan kalori yang harus saya makan serta saya wajib minum susu setiap pagi dan sebelum tidur malam. Berikut dokumentasi dari kegiatan positif yang saya lakukan.

    

   
                                    (Minggu ke-1)                                      (Minggu ke-2)   

                            
                                   (Minggu ke-3)                                          (Minggu ke-4)   

                        
                                     (Minggu ke-5)                                        (Minggu ke-6)   

                         
                                (Minggu ke-7)                                             (Minggu ke-8)   

Kegiatan ini rutin saya lakukan selama 2 bulan, terdapat dampak yang saya rasakan selama proses berlangsung. Sebelum melakukan kegiatan saya tipe orang yang malas berolahraga dan jarang sekali mengatur pola makan yang sehat sehingga berat badan saya tidak sesuai. Namun setelah saya belajar melakukan kegiatan ini saya mulai merasakan hidup saya lebih sehat lagi dan banyak bermanfaat buat lingkungan sekitar tempat saya tinggal. Hal positif ini saya akan coba terapkan secara konsisten didalam kehidupan saya selanjutnya karena banyak manfaat yang bisa saya rasakan dan banyak perubahan juga yang saya dapatkan didalam diri saya ini. Hal tersebut terlihat dari kesehatan fisik saya maupun kesehatan lainnya.

 Namun tidak disangka didalam kegiatan positif ini terdapat suka duka yang saya rasakan selama kegiatan berlangsung. Sukanya saya bisa menambah berat badan saya dari yang awalnya 45kg menjadi 50 kg dan menjadi orang yang lebih sehat serta bermanfaat buat lingkungan disekitar tempat untuk mengurangi sampah.  Duka yang saya rasakan masih terjerat rasa malas dalam melakukan pola makan dan masyarakat disekitar tempat saya olahraga sering melihat dengan muka risih karena memungut sampah dijalanan. Hal ini terjadi karena masyarakat kurang sadar terkait masalah sampah. Mungkin itu upaya perubahan yang saya lakukan untuk menambah berat badan dengan kegiatan olahraga dan menjaga pola makan sehat..

 Untuk lebih jelasnya terkait perjalanan saya selama delapan minggu melakukan kegiatan positif bisa ditonton melalui link youtube berikut ini : https://youtu.be/H6fYuhKXOJs

 

Daftar Pustaka :

Mahharrani, A. (2018). Dengan plogging, tubuh bugar bumi pun bersih. Beritagar.id. https://beritagar.id/artikel/gaya-hidup/dengan-plogging-tubuh-bugar-bumi-pun-bersih (Diakses pada 30 Desember 2021)

Muhajir. (2004). Pendidikan Jasmani Teori dan Praktik SMA. Jakarta : PT. Erlangga

Shiferaw, H. & Gebremedhin, S. (2020). Undernutrition Among HIV-Positive Adolescents on Antiretroviral Therapy in Southern Ethiopia. Adolescent Health, Medicine and Therapeutics, 11, pp. 101–111.

0 komentar:

Posting Komentar