5.1.22

Mempelajari Hal Baru Dengan Belajar Bahasa Korea

 

Prasyarat UAS Psikologi Inovasi Semester Ganjil 2021/2022

Dosen Pengampu: Dr. Arundati Shinta, MA

PUTRI SARTIKA / 19310410001 (Kelas B)

Fakultas Psikologi
Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta


Perubahan diri bukan hanya tentang fisik saja, tetapi bisa juga diri perubahan dari pengalaman masa lalu. Perubahan diri juga bisa di bidang pendidikan dan masih banyak lagi yang dapat dilakukan untuk diri kita menjadi pibadi yang lebih baik dari sebelumnya.

Perlu ketahui bahwa mengenal diri sendiri memang bukanlah hal yang penting, memang tidak mudah untuk kita melakukan perubahan untuk diri kita sendiri. Namun dengan kita mengenal diri kita sendiri, kita dapat mengetahui  tolak ukur yang ada di dalam diri kita sendiri dn mengetahui apa yang menjadi keinginan kuat, passion pada diri sendiri.

Kita dapat melakakukan perubahan diri kita itu bisa kita mulai dari hal kecil terlebih dahulu, contohnya:

1.    Sadarilah bahwa perubahan itu perlu usaha

2.    Manfaatkan waktu dengan sebaik mungkin

3.    Hargai apapun yang kita miliki

4.    Jangan ragu untuk mencoba hal-hal yang baru

Selain kita melakukan hal yang dari kecil tersebut, hal yang saya lakukan untuk mengalami perubahan untuk menjadi pribadi yang lebih baik ialah dengan mepelajari bahasa asing (Korea). Alasan saya dalam merubah diri saya untuk menjadi lebih baik dengan mempelajari bahasa asing ialah selain untuk saya dapat memahami tentang komposisi makanan, saya dapat belajar hal-hal baru yang sebelumnya belum saya lakukan.

Dengan adanya perkembangan teknologi  seperti ini, kita dapat mempelajari bahasa asing tidaklah sulit seperti di era sebelumnya. Kini kita dapat memafaatkan teknologi yang dapat mempermudah kita buat kita dalam mempelajari bahasa asing. Bahasa asing yang dapat kita pelajari pada era seperti ini semisalnya Bahasa Inggris, Bahasa Korea, dan  Bahasa Jepang.

Tujuan kita dalam mempelajari bahasa asing ini ialah, selain kita dapat berkomunikasi dengan masyarakat disana, tapi itu juga bisa membantu kita dalam mencari beasiswa untuk melanjutkan study atau dunia pekerjaan.

Huruf Hangeul ialah, penyebutan nama alfabet Korea. Huruf hangeul pertama kali diciptakan dengan nama “Hunminjeongeum” yang berarti ‘suara yang benar untuk diajarkan kepada masyarakat’. Huruf hangeul terdiri dari huruf vokal dan konsonan, dimana huruf vokal dibagi menjadi vokal tunggal dan rangkap. begitupun huruf konsonan dibagi menjadi konsonan tunggal dan rangkap. Jumlah huruf keseluruhannya adalah 40 buah yang terdiri dari 21 huruf vokal dan 19 huruf konsonan.

Saya mecoba mendaftarkan diri pada tanggal 27/09/2021, namun baru bisa bergabung di grup whatsaapnya pada tanggal 3/10/2021.

                                                            ( Awal Mula Bergabung di Grup)

Saya mulai belajar bahasanya itu pada tanggal 5/10/2021. Pada tanggal sebelumnya, 4/10/2021. Kami masih ditahap pengenalan ssaem (guru) dan siswa lainya yang mengikuti kelas tersebut. Kelas kurus dilakukan itu seminggu 3x, di hari Selasa, Jumat dan Minggu pada pukul 19.00-21.00.

                                                                     (Pertemuan ke 2)

Pada tanggal 7/10/2021, saya melanjutkan belajar kami yaitu dengan cara masih dengan di tanggal 5 kemarin, masih latihan menulis huruf Hangeul sebanyak 5 kali. 

                                                             (Pertemuan ke 3)

Pada tanggal 9/10/2021, saya melanjutkan belajarnya yaitu ke huruf vocal rangkap.


                                                              (Pertemuan ke 4)

Pada tanggal 12/10/2021, lanjut ke materi kosonan tunggal. Konsonan bahasa Korea itu juga dibagi menjadi 2 yaitu konsonan tunggal dan konsonan ganda. 

Pada pertemuan ke 5 ini tanggal 14/10/2021, saya mempelajari tentang penggabungan huruf vokal dan vokal konsonan.


                                                     ( Foto Pertemuan ke 5 dan 6)

Di pertemuan ke 6  pada tanggal 17/10/2021 kali ini kita sudah memasuki ditahap yang dimana kita sudah belajar tentang kalimat-kalimat dasar.

 

                                                        (Pertemuan ke 7)

Pada tanggal 19/10/2021, melaksanakan ujian pertama setelah tugas dan kuis diberikan.


                                                          ( Pertemuan ke 8)

Pada tanggal 24/10/2021, di pertemuan ke 8 melaksanakan ujian lisan berdurasi 1,5 jam.

Kesimpulan dari pertemuan 1 hingga 8 banyak suka dan duka dalam mempelajari hal yang baru kita sukai dan butuh waktu  agar kita  benar-benar bisa mempelajari itu semua. Jangan pernah takut gagal dalam mencoba hal baru, karena semakin kita bisa mempelajari dan beradaptasi dengan suasana baru, maka semakin besar juga peluang yang bisa kita dapatkan dengan cara mempelajari itu semua dengan baik.

Referensi:

https://www.kompasiana.com/salwa20248/5fdd84b8d541df75542e9543/menjadi-pribadi-yang-lebih-baik

https://www.idntimes.com/life/inspiration/nelsi-1/7-kebiasaan-yang-membantumu-mengubah-hidup-jadi-lebih-baik-c1c2

https://koreanfirst.net/

https://www.idntimes.com/life/education/indy-mabarroh/huruf-korea-dasar-c1c2


 

 

 

 

0 komentar:

Posting Komentar