5.1.22

Mau Upgrade Motivasi Belajar? Yuk Bangun Pagi!

 

UAS Psikologi Inovasi Semester Ganjil 2020/2021

Oleh:

Alia Nanda Rumekti

19310410066

Dosen Pengampu: Dr. Arundati Shinta, M. A

Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta


            Motivasi belajar adalah dorongan dalam diri berupa gairah, kesenangan, maupun semangat untuk melakukan sesuatu, dalam hal ini belajar dan mencapai tujuan tertentu (Syaparuddin, 2019). Secara sederhana motivasi belajar diartikan sebagai semangat untuk belajar dan mencapai tujuan. Motivasi belajar hendaknya dimiliki oleh setiap individu. Karena dengan motivasi belajar yang tinggi, dapat meningkatkan kemampuan mengerjakan tugas belajar dan prestasi belajar.

            Salah satu faktor yang mempengaruhi motivasi belajar adalah faktor non-sosial yang meliputi keadaan udara (cuaca panas atau dingin), waktu (pagi, siang, atau malam), tempat (sepi, bising, atau kualitas sekolah tempat belajar), dan fasilitas belajar (Yuliastuti, 2019). Pagi hari adalah waktu yang sangat menyenangkan dan penuh semangat bagi sebagian orang. Waktu ini biasanya berkisar antara pukul 5-8, atau sebelum matahari meninggi. Persoalannya adalah beberapa orang cukup sulit untuk bangun di pagi hari. Lantas, apa yang bisa dilakukan agar dapat memulai dan terbiasa bangun pagi?

            Ada beberapa hal yang dapat dilakukan, diantaranya:

1.       Mengawali tidur malam lebih awal

Waktu dimulainya tidur malam sangat berpengaruh pada kemampuan bangun pagi. Namun kita harus tetap memperhatikan kecukupan dari jam istirahat malam, yaitu 8 jam. Jika kita mengawali tidur malam pukul 9, maka hendaknya kita bangun pukul 5 pagi. Jika hal ini dibiasakan, maka kita tidak akan kesulitan untuk bangun pagi dan jam tidur malam tetap tercukupi.

2.       Memasang alarm

Nah, siapa yang anak alarm? Alarm adalah salah satu hal yang cukup efektif untuk membiasakan diri bangun pagi. Atur alarm akan berbunyi 10-15 menit sebelum jam bangun pagi yang diinginkan. Hal ini bertujuan untuk mengantisipasi jika kita tidur kembali setelah alarm berbunyi. Sehingga kita gagal bangun pagi di hari itu.

3.       Mengatur aktivitas

Mengapa mengatur aktivitas menjadi hal yang penting untuk upaya bangun pagi? Hal ini dikarenakan kelelahan biasanya menyebabkan tidur terlalu nyenyak. Sehingga kita terlupa akan rencana bangun pagi, atau tidak mendengar alarm berbunyi. Jadi, aturlah aktivitas dengan efektif dan efisien, agar tidak sampai kelebihan aktivitas dan kelelahan.

            Bagaimana, untuk membiasakan diri bangun pagi sangat mudah bukan? Bangun pagi selayaknya menjadi hal yang penting untuk dibiasakan dalam kehidupan sehari-hari. Karena waktu dan suasana pagi hari dapat meningkatkan motivasi belajar. Motivasi belajar yang meningkat dapat meningkatkan produktivitas dalam dalam belajar, seperti meningkatnya kemampuan dan kecepatan mengerjakan tugas, dan meningkatnya prestasi belajar.

 

Daftar Pustaka:

 

Syaparuddin, d. (2019). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui Video pada Pembelajaran PKN di Sekolah Paket C. Jurnal Edukasi Nonformal, 1(1), 187-200.

Yuliastuti, M. E. (2019). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas VII di SMP Kristen 2 Salatiga. Jurnal Psikologi Konseling, 15(2), 518-530.

 

0 komentar:

Posting Komentar