6.1.22

MAHASISWA PSIKOLOGI BISA LOH MENJADI PANITIA TRAVEL MART EKOWISATA NASIONAL

 MAHASISWA PSIKOLOGI BISA LOH MENJADI PANITIA

 TRAVEL MART EKOWISATA NASIONAL

Poppy Intan Permatasari / 19310410013

Fakultas Psikologi

 Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

Essay Prestasi Psikologi Inovasi

Dosen Pengampu : Dr. Arundati Shint, M.A

       Travel Mart Ekowisata merupakan sebuah acara besar yang dilaksanakan oleh pihak Direktorat Jenderal Konservasi Alam dan Ekosistem (KSDAE) setiap tahunnya untuk memperkenalkan atau mempromosikan wisata kepada para buyer dan juga kepada masyarakat luas. Acara ini sempat tertunda selama satu tahun karena pandemi covid 19 dan di tahun 2021 acara ini dilaksanakan kembali. Travel mart ekowisata kali ini berada di Yogyakarta tepatnya di lantai 1 Plaza Ambarukmo yang dilaksanakan selama 3 hari mulai dari tanggal 3 sampai dengan 5 Desember 2021.

      Acara Travel Mart Ekowisata Nasional tahun ini dimeriahkan oleh seluruh Taman Nasional dan juga BKSDA (Balai Konservasi Sumber Daya Alam) dari seluruh Indonesia. Tentunya hal ini akan membuat acara semakin meriah dan juga menambah banyak pengalam baru terkait wisata yang ada di Indonesia apalagi bisa menjadi panitia dan bagian penting dari acara yang luar biasa tersebut.

      Disini saya merupakan salah satu orang yang beruntung dan bersyukur bisa bergabung dan juga menjadi panitia di acara Travel Mart Ekowisata Nasional tersebut. Dimana saya merupakan mahasiswa dari latar belakang pendidikan sosial atau mahasiswa psikologi, yang jauh sekali dengan kualifikasi untuk acara tersebut yang mayoritas panitia maupun pegawainya dari latar belakang pendidikannya lingkungan atau kehutanan. Namun hal ini tidak  menjadi masalah, mahasiswa psikologi pun jika mempunyai relasi yang cukup luas dan keinginan untuk belajar hal baru ternyata bisa lolos dan masuk kedalam acara tersebut.

Awalnya saya tidak mengetahui soal acara ini karena saya sibuk melakukan praktikum di kampus. Namun entah kebetulan di akhir praktikum offline saya diberi kabari oleh teman dari jurusan teknik lingkungan yang satu kampus dengan saya untuk mau membantu atasan dia yang sedang perjalanan ke Yogyakarta. Jadi teman saya ini sekarang sedang mengikuti program kampus merdeka pada bagian studi independen di Taman Nasional Way Kambas Lampung dan disana dia ada tentor atau atasan selama program berlangsung, ternyata atasan teman saya ini juga ikut acara Travel Mart Ekowisata sebagai perwakilan dari Taman Nasional Way Kambas Lampung. Pada saat perjalanan ke Yogyakarta ternyata atasan teman saya ini membutuhkan orang untuk membantu mempromosikan Taman Nasional Way Kambas Lampung karena mereka ada kesalahan teknis.

Tawaran yang diberikan teman saya H-1 sebelum acara dilaksanakan dan dengan rasa penasaran saya yang tinggi terkait dunia lingkungan akhirnya saya menerima tawaran dari teman saya ini. Pada tanggal 3 Desember pas hari H saya mendatangi acara tersebut yang setiap harinya dimulai dari jam 10.00 WIB sampai 21.00 WIB. Waktu hari pertama disana saya berkaca-kaca dan merasa sedang bermimpi bisa berkumpul dan menjadi partner dari berbagai orang hebat di Taman Nasional dan BKSDA. Dimana yang hadir disana merupakan orang yang sudah bekerja dan pegawai dari seluruh Taman Nasional serta  tidak ada satupun seorang mahasiswa disana yang dengan mudah menjadi panitia serta masuk untuk bergabung acara besar itu.

Awal saya datang saya disambut ramah orang atasan teman saya yang merupakan pegawai berprestasi di Taman Nasional Way Kambas Lampung. Selain itu saya juga disambut dengan senyuman tulus dari beberapa pegawai lainnya dari Taman Nasional Way Kambas ini termasuk oleh Bapak Kepala Balai Taman Nasional Way Kambas. Di acara pertama tersebut kebetulan setiap Taman Nasional dan BKSDA harus melakukan presentasi secara online melalui zoom di ruangan kesultanan Plaza Ambarukmo dan setiap Taman Nasional dan BKSDA harus mengirimkan 2 perwakilan untuk masuk kedalam ruang kesultanan tersebut.

Dari hal tersebut saya diminta oleh pihak atasan Taman Nasional Way Kambas Lampung untuk menjadi asisten dia untuk mempresentasikan terkait Taman Nasional Way Kambas di ruangan kesultanan Plaza Ambarukmo tersebut. Dengan muka ketat ketir saya menerimanya walaupun secara pengalaman soal lingkungan saya kurang. Kegiatan presentasi online ini berjalan sekitar 6 jam dan berakhir dengan lancar. Selanjutnya saya kembali kepada stand Travel Mart Ekowisata yang berada di lantai 1 Plaza Ambarukmo. Waktu terus berjalan disana kita berbagi pengalaman dan saya disana juga mempromosikan beberapa produk dan keunggulan dari Taman Nasional Way Kambas Lampung yang lebih mengutamakan soal hasil dan perlindungan Gajah.

Banyak pengalaman yang saya dapatkan dan saya rasakan, serta satu hal istimewa lagi dimana saya bisa berbincang langsung dan juga berfoto dengan Bapak Direktorat Jenderal Konservasi Alam dan Ekosistem (KSDAE) yaitu Bapak Wiranto. Selama 3 hari acara ini kegiatan yang saya lakukan adalah membantu para pegawai dari Taman Nasional Way Kambas Lampung untuk mempromosikan. Selain itu saya juga jalan-jalan menjelajahi seluruh Taman Nasional dan BKSDA yang ada di acara tersebut untuk mencari informasi. Namun selama saya bertanya informasi banyak para panitia di acara tersebut yang tidak mempercayai saya sebagai mahasiswa psikologi dan dikira pegawainya. Dimana menurut mereka hal itu bukan sembarang orang bisa masuk dan join ke acara tersebut dan saya menurut mereka merupakan salah satu orang yang beruntung dan keren.

Jadi teman-teman hal yang bisa kita ambil dari pengalaman ini yaitu perbanyaklah relasi dan jangan pantang menyerah. Dimana kita tidak tahu keberuntungan datang dari teman yang mana dan semua teman itu membawa perubahan dan manfaat tersendiri buat kita. Jangan juga pantang menyerah siapa bilang mahasiswa psikologi tidak bisa mencoba hal baru diluar passion atau konteks belajarnya. Selagi kita mau berusaha dan mau belajar untuk mempelajari hal baru maka disitu akan ada jalan dari Tuhan untuk kita. Intinya tetaplah bersyukur dan semangat atas semua yang Tuhan berikan☺

0 komentar:

Posting Komentar