6.1.22

KAMPUS MENGAJAR : PELUANG UNTUK MAHASISWA BELAJAR SKILL BARU

 KAMPUS MENGAJAR : PELUANG UNTUK MAHASISWA

 BELAJAR SKILL BARU

Poppy Intan Permatasari / 19310410013

Fakultas Psikologi

 Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

Essay Prestasi Psikologi Inovasi

Dosen Pengampu : Dr. Arundati Shinta, MA.

                Kampus mengajar merupakan salah satu program dari kampus merdeka yang ditawarkan pemerintah untuk para mahasiswa dan juga dosen  belajar ilmu baru dari eksternal kampus. Program lain yang terdapat didalam kampus merdeka ini yaitu magang, studi independen, pejuang muda, pertukaran pelajar, dll. Oleh karena itu, program kampus merdeka ini sekarang lagi booming dan menjadi incaran banyak mahasiswa. Didalam program ini kementerian pendidikan memberikan sarana buat mahasiswa khususnya untuk bisa menambah softskill maupun hardskill selama masih di dunia perkuliahan sebelum terjun langsung di dunia kerja.


         Oleh karena itu, tahun ini program kampus merdeka membuka pendaftaran lagi untuk seluruh program yang ada. Salah satunya programnya adalah kampus mengajar, dimana kampus mengajar tahun ini sudah memasuki angkatan 3 dan kuota yang ditawarkan oleh pemerintah juga cukup banyak sekitar 30 ribu mahasiswa. Dimana di angkatan satu hanya 15 ribu mahasiswa dan angkatan 2 meningkat sedikit sekitar 20 ribu orang. Mengapa angkatan 3 ini kuota yang diberikan lebih banyak lagi? Karena pemerintah melihat banyak mahasiswa yang sangat antusias sekali untuk melakukan pengabdian dan membantu pendidikan kepada para pelajar diseluruh penjuru Indonesia.

Hal tersebut menjadi nilai positif buat kita semua, dimana dengan antusias mahasiswa untuk membuat perubahan dan kemajuan pendidikan Indonesia ini membuat negara sedikit mengalami perkembangan didunia pendidikan. Pendaftaran program kampus mengajar angkatan 3 ini dibuka dari tanggal 25 November 2021 sampai 17 Desember 2021. Dalam program ini ada beberapa tahapan untuk bisa mencapai kelulusan dan tahapannya pun tidak jauh berbeda dengan seleksi seperti umumnya.

Dari program yang ditawarkan pemerintah ini saya merupakan salah satu mahasiswa ikut mendaftar. Saya mengikuti seluruh tahapan yang ada mulai dari tahap pendaftaran hingga tes yang diberikan. Pada tahap awal pendaftaran kita haeus membuat akun dulu di link kampus mengajar, hal ini berguna untuk mengetahui data kita secara detail dan jelas. Pada tahap pembuatan akun kita harus mengisi semua hal tentang universitas, diri pribadi dan juga keluarga.

Untuk tahap kedua kita harus melengkapi dokumen yang diminta oleh pihak kampus mengajar seperti pengalaman organisasi, CV, surat izin orangtua, pantai integritas diri, transkrip nilai, dan beberapa file tambahan (prestasi, dll). Setelah kita melengkapi semua dokumen kita diminta mengikuti semua atauran dengan menyetujui beberapa hal yang sudah menjadi peraturan dari kampus mengajar ini. Setelah melakukan pendataan kita menunggu pengumuman untuk melanjutkan ke tahap selanjutnya dan alhamdulilah saya lolos di tahap awal atau tahap seleksi administrasi dan bisa melanjutkan di tahap seleksi tes.

Tahap selanjutnya setelah lolos tahap administrasi, saya melanjutkan ke tahap seleksi tes dimana saya dihubungi melalui email untuk teknis pelaksanaannya. Sebelum melakukan tes ada tahap simulasi dan saya mengikuti tahap simulasi kampus mengajar ini. Kemudian pada tanggal 27 Desember 2021 tepat hari Senin saya mulai mengikuti rangkaian tes kampus mengajar ini mulai dari tes kebhinekaan, VCAT, numerasi dan literasi. Soal-soal yang diberikan sangatlah menantang dan membutuhkan ketelitian. Untuk saat ini saya sedang menunggu pengumuman hasil dari tes ini dan saya berharap hasilnya bisa memuaskan.

Motivasi saya mengikuti program ini yaitu saya ingin sekali mengembangkan skill atau ilmu baru dan juga ingin melakukan perubahan untuk pendidikan di Indonesia. Dimana seperti yang kita ketahui semuanya bahwa pendidikan di Indonesia sangat butuh tangan-tangan pemuda yang memiliki semangat tinggi untuk melakukan perubahan. Selain itu juga pemerintah juga memerlukan anak muda yang bisa mengimplementasikan langsung ilmunya untuk adik-adik pelajar yang berada di 3T. Semoga dengan saya mengikuti program ini selain bisa menambah pengalaman dan skill, saya juga berharap bisa bermanfaat untuk adik-adik pelajar. Yuk semangat membangun Indonesia wahai pemuda, kalau bukan kita siapa lagi🙌

0 komentar:

Posting Komentar