6.1.22

JOGJA IS WONDER LAND


                                         


Disusun Oleh :

NAMA                        : Argasyah Ahmad Al Kabir

NIM                            : 20310410036

 

Dosen pengampu        : Dr Arundati Shinta,M.A

 

Tugas ini disusun guna untuk memenuhi ujian akhir semester (UAS) Psikologi Manajemen Organisasi (PMO)

 

 

Bukit Bintang Jogja sebenarnya hanyalah lintasan yang terdapat di tanjakan menuju pusat Kabupaten Gunung Kidul. Lintasan ini merupakan jalur lereng gunung yang menyajikan pemandangan landscape Jogja. Namun pemandangan ini begitu menarik hingga spot ini mendapat kunjungan yang ramai.

Bukit ini bernama asli Bukit Hargo Dumilah. Hargo Dumilah merupakan nama daerah tempat spot ini berada. Yaitu jalur dari Jogja menuju Pathuk yang juga berbatasan dengan Bantul. Sebelumya spot ini tidak begitu mendapat perhatian oleh karena kebanyakan wisatawan hanya melewatinya untuk menuju berbagai obyek wisata pantai di Gunung Kidul.

Namun pemandangan yang indah membuat banyak penumpang kendaraan yang melintas ingin menikmatinya. Hingga jalur ini menjadi salah satu spot untuk menikmati pemandangan Jogja dari atas ketinggian. Selain itu, antara siang dan malam hari dapat ditemukan pesona yang berbeda.

 

Jika pada siang hari tersaji pemandangan hijau dan atap-atap pemukiman penduduk serta jalur Wonosari di area Piyungan dengan kendaraan yang berbaris, malam hari terlihat panorama yang lebih indah. Dari atas bukit ini akan terlihat kerlap-kerlip lampu yang berwarna warni ditengah langit gelap yang syahdu.

 

Dengan keindahan ini, pengunjung area ini semakin ramai dan menjadi spot wisata. Meski hanya sebagai jalur lalu lintas dan tidak mungkin dibangun menjadi tempat wisata resmi, namun tetap bisa menjadi tempat wisata yang sayang untuk dilewatkan.

Di sini, para pengunjung bisa menikmati pemandangan ditemani dengan jagung bakar yang dijajakan penjual dan minuman sachet yang diseduh. Terdapat juga berbagai tempat makan dan restoran yang khusus menyediakan lokasi diner dengan pemandangan bukit bintang.

 

Kebanyakan pengunjung memang hanya sekedar ingin menghabiskan waktu menikmati pemandangan khas di malam hari. Banyak juga yang mengabadikannya dengan mengambil foto sekaligus memposting di akun media sosial milik pribadi. Aktivitas di lokasi memang hanya berkisar sebagai lokasi nongkrong untuk menikmati pemandangan yang ada.

Untuk menuju ke spot wisata ini, petunjuk lokasinya sangat mudah. Hanya tinggal mengetahui apa tanda yang terdapat di spot wisata ini. Sebab lokasinya merupakan perlintasan dan bukan tempat wisata yang memiliki plank nama lokasi wisata.

 

Jika dari Jogja, bukit bintang berada di area timur. Yaitu di lereng Gunung Kidul Jogja yang dilewati untuk menuju Wonosari. Sehingga dari titik nol mengarah ke Jalan Wonosari. Sesampainya di Jalan Wonosari dilanjutkan hingga bertemu Piyungan. Kemudian menanjak hingga bertemu dengan jalur yang serupa dengan jembatan.

Di lokasi ini juga terdapat banyak rumah makan yang tampak berada di pinggir jalan yang berbatasan langsung dengan tebing. Jika sudah bertemu tanda-tanda ini, Anda berarti sudah berada di sekitaran lokasi wisata.

 

SUMBER : https://antarejatour.com/gunung-kidul/bukit-bintang-jogja

 

0 komentar:

Posting Komentar