7.1.22

JADILAH MANUSIA YANG DAPAT BERMANFAAT SEPERTI DAUN TEH

 Lidya Aritonang / 19310410033

Fakultas Psikologi 

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta 

Essay Ujian Akhir Psikologi Inovasi 

Dosen Pengampu : Dr. Arundati Shinta, M.A

 


 

Tidak hanya memberikan kedamaian, namun sering melihat pemandangan alam ternyata juga punya manfaat yang baik untuk kesehatan mata. Diantaranya yaitu:

1. Mencegah mata lelah

Terlalu sering melihat gadget dalam jarak dekat sekaligus dalam waktu lama sangat mudah membuat otot mata lelah. Hal ini karena otot mata dipaksa fokus untuk melihat layar tanpa berkedip. Dengan melihat pemandangan alam, otot mata yang lelah bisa sejenak direlaksasikan.

2. Melatih fokus mata

Beberapa objek di alam, seperti pepohonan, air terjun maupun puncak gunung dapat menjadi sarana untuk melatih fokus mata. Misalnya setelah melihat pohon yang ada didepan mata, kemudian melihat air terjun nan jauh di mata. Lakukan selama 20 detik secara berulang-ulang, agar pupil selalu terlatih dan penglihatan senantiasa terjaga kesehatannya.

3. Mencegah mata minus

Rabun jauh, miopi atau minus merupakan gangguan penglihatan yang membuat objek jauh terlihat kabur oleh mata. Gangguan ini bisa terjadi karena mata terlalu sering membuat objek pada jarak dekat, seperti melihat layar gadget atau komputer. Adanya pemandangan alam, seperti persawahan, perbukitan, dapat menjadi media untuk melatih mata agar juga bisa melihat objek atau benda yang pada jarak jauh.

4. Menyejukkan mata

Pemandangan hijau dapat membuat lensa dan kornea mata bekerja lebih santai. Ini karena secara psikologis, warna hijau pada alam dapat memberikan respon alami pada otak, hingga memberikan efek ketenangan.

Saya memilih dalam kesempatan kali ini, menikmati hamparan pemandangan hijau di atas pegunungan yaitu pegunungan kebun teh di daerah Karanganyar.

Ketika kita berada dipuncak, kita dapat melihat pemandangan yang sangat elok dan indah. Ditambah udara pegunungan yang sejuk. 

Selain itu, teh dapat menjadi oleh oleh khas dari daerah karanganyar dan pastinya memberikan banyak manfaat.

Kesehatan Jantung Tetap Terjaga

  • Sendi-Sendi Selalu Sehat

  • Terbebas dari Insomnia

  • Mengontrol Kestabilan Berat Badan

     

    Dari sisi lain, Kebun teh dapat dimaknai dalam sisi psikologi nya :
     
    • Teh itu murni,tidak ada mengandung bahan kimia. Oleh karena itu, kita pun dalam kehidupan sehari hari menjadi diri yang apa adanya.
    • Seperti aroma teh, Dalam kehidupanmu, aroma teh sebagai pembawaan kepribadianmu. Jika kamu baik, terus berpikiran positif, mampu mengerti perasaan orang lain, maka kehadiranmu di masyarakat akan ditunggu-tunggu dan bahkan dicari-cari.
    kenapa gula dalam teh tidak diaduk supaya larut? Bukannya rasanya akan pahit? Kamu hanya belum tahu filosofi dibaliknya. Ternyata, gula sengaja tidak dilarutkan supaya di awal terasa pahit dan di akhir terasa manis. Begitulah hidup. Pada awalnya, kamu merasakan betapa sakitnya jiwa dan raga yang terus ditempa masalah demi masalah. Tapi, berkat pertolongan Tuhan Yang Maha Esa, kamu bisa melewatinya. Hingga pada akhirnya, kamu berada di puncak kesuksesan yang manis. Sebuah usaha, tidak akan mengkhianati hasil.  
     
     
    DAFTAR PUSTAKA : 

    Syah, A. N. A. (2006). Taklukkan penyakit dengan teh hijau. AgroMedia.
    Soraya, N. (2019). Sehat & Cantik berkat teh hijau.
     
     

     

0 komentar:

Posting Komentar