6.1.22

Berlibur : upaya mengurangi stress

 

Herlinda Desi Anggraini/19310410008

 Psikologi Inovasi

Dosen Pengampu : Dr. Arundati Shinta, MA.

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta


 

            Pantai adalah salah satu destinasi wisata yang digemari masyarakat. Pantai yang saya kunjungi kali ini adalah pantai pandansari. Pantai pandansari ini lokasinya ada di Kabupaten Bantul. Kabupaten Bantul merupakan salah satu wilayah di Daerah Istimewa Yogyakarta yang berbatasan langsung dengan samudera India sehingga banyak memiliki destinasi wisata berciri pesisir pantai. Pantai di Kabupaten Bantul ini menjadi daya tarik karena memiliki panorama keindahan bentang alam dan laut dengan ombak besar yang menakjubkan. Selain itu, pantai di Kabupaten Bantul memiliki daya tarik terhadap budaya lokal masyarakatnya seperti upacara kirab Tumuruning Maheso Suro dan Labuhan sedekah laut. (Yulianto, 2018).

            Menjadikan pantai sebagai destinasi wisata saat berlibur memanglah hal yang menyenangkan. Berbicara tentang berlibur, akan selalu identik sebagai sarana penghilang stress. Stress adalah respons organisme untuk menyesuaikan diri dengan tuntutan-tuntutan yang berlangsung. (Musllim, 2020). Salah satu cara yang saya lakukan ketika ada tekanan dari pekerjaan yaitu beristirahat dan menenangkan diri di pantai. Melihat ombak yang tiada henti, suara air yang terus berbunyi, membuat hati merasa tentram dan tenang.  


 

            Jadi, berlibur adalah cara menghilangkan stress dengan mudah dan paling efektif. Melihat pemandangan indah, suasana tenang, sejuk, dan bahagia dengan liburan bisa menurunkan tingkat stress, kejenuhan, kepenatan. (Tysara, 2021). Sesibuk apapun dengan rutinitas yang sedang kamu lakukan, jangan lupa membuat jadwal untuk liburan.

             

DAFTAR PUSTAKA

Muslim, M. (2020). Manajemen stress pada masa pandemi covid-19. Jurnal Management Bisnis. 23(2). 192-201.

Tysara, L. (2021). 14 cara menghilangkan stress dengan mudah, bikin kembali tenang. Liputan6.com. 25 Maret. Retrieved on January 04, 2022 from https://m.liputan6.com/hot/read/4515393/14-cara-menghilangkan-stress-dengan-mudah-bikin-kembali-tenang?page=2

Yulianto, A. (2018). Peringkat destinasi dan strategi pengembangan daya tarik wisata pantai di Kabupaten Bantul Yogyakarta. Jurnal Media Wisata. 16(1). 651-661.

0 komentar:

Posting Komentar