8.11.21

PENTINGNYA KEDISIPLINAN

ILHAM DANI AZGAR

19310420097

Tugas Essay Psikologi Inovasi

Dose Pengampu : Dr. Arundati Shinta.MA

Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

A.   Pengertian Disiplin

Disiplin merupakan perasaan taat dan patuh terhad nilai-nilai yang dipercaya termasuk melakukan pekerjaan tertentu yang dirasakan menjadi tanggung jawab.

Tanggung jawab adalah kesadaran manusia akan tingkah laku atau perbuatannya yang di sengaja maupun yang tidak di sengaja.tanggung jawab juga berarti berbuat sebagai perwujudan kesadaran akan kewajiban. Tanggung jawab adalah cirri manusia yang beradab. Manusia bertanggungjawab terhadap tindakan mereka. Kita mempunyai tanggung jawab kepada diri kita, berusaha semampunya adalah kunci agar kita dapat mempertanggung jawabkan semua perbuatan kita di dunia ini.

Disiplin adalah sikap yang selalu tepat janji, sehingga orang lain mempercayainya, karena modal utama dalam berwirausaha adalah memperoleh kepercayaan dari orang lain

Disiplin adalah kunci sukses, sebab dalam disiplin akan tumbuhsifat yang teguh dalam memegang prinsip, tekun dalam usaha maupun belajar, pantang mundur dalam kebenaran, dan rela berkorban untuk kepentingan agama dan jauh darisifat putus asa. Perlu kita sadari bahwa betapa pentingnya disiplindan betapa besar pengaruh kedisiplinan dalam kehidupan, baikdalam kehidupan pribadi, bermasyarakat, berbangsa maupun kehidupan bernegara.

B.     Disiplin Adalah Kunci Untuk Semua Keberhasilan

Kalau kita ingin berhasil dalam hidup ini, Terapkan disiplin dalam setiap kegiatan kita! Disiplin merupakan kunci keberhasilan sebab dengan tingkat kedisiplinan tinggi, maka tingkat konsentrasi kita dalam melaksanakan kegiatan meningkat. Untuk kegiatan belajar, kedisiplinan yang kita maksudkan adalah disiplin waktu, disiplin belajar, disiplin kegiatan, disiplin dalam segala hal terkait dengan kegiatan belajar. Dengan menerapkan disiplin ketat, maka kita dapat membuktikan pengaruh disiplin terhadap prestasi belajar siswa.

Seperti Pengaruh Disiplin Terhadap keberhasilan Belajar, Proses pembelajaran dilaksanakan untuk dapat melakukan perubahan pada siswa. Perubahan ini merupakan perubahan mendasar sebab terkait dengan sikap dan kompetensi siswa Dengan berbagai cara guru membimbing siswa agar dapat mencapai tingkat kemampuan tertinggi.

Dalam dunia pendidikan, kedisiplinan merupakan harga mati yang harus dibayar oleh siswa. Kita tidak dapat menerima penyimpangan-penyimpangan yang dilakukan oleh siswa. Oleh karena itulah, maka di dalam proses pendidikan dan pembelajaran kita mengenal adanya reward dan punishment. Kedua hal tersebut merupakan konsekuensi yang harus diterima oleh siswa.

Hal ini harus kita lakukan sebab pengaruh disiplin terhadap prestasi belajar siswa sangatlah besar. Ini bukanlah ancaman bagi siswa tetapi sekedar pengkondisian agar tumbuh dan berkembang sikap disiplin pada pola kehidupan siswa.

 

Dafar Pustaka

Wiyono, slamet,2009. Manjemen Potensi Diri. Bandung Grasindo.

guruhebat-guruhebat.bloqspot.com diambil di wayhalim tanggal 02 januari 2016

Poerwandarminta, 1976,  Kamus Besar Bahasa Indonesia,Jakarta: Balai Pustaka.

Euis Susanti, 2004,  Mengasuh dengan Hati: Tantatangan yang Menyenangkan, Jakarata: Elex Media Komputindo

Wibowo, 2001, etika dan moral dalam pembelajarna, jakarta, universitas terbuka dan dirjen dikti depdiknas.

Sindu Mulianto dkk.2006, panduan lengkap supervisi Diperkaya Perspektif Syarian Jakarta: alex Media Komputindo.

Rahardjo, M Dawam. 1999. Masyarakat madani: Agama, Kelas Menenngah, dan Perubahan Sosial. Cetak ke-5. Jakarta: LP3ES.

 

 

 


0 komentar:

Posting Komentar