8.11.21

MOTIVASI KERJA DAN CARA MENINGKATKANNYA

ILHAM DANI AZGAR

19310420097

Tugas Essay Psikologi Inovasi

Dose Pengampu : Dr. Arundati Shinta.MA

Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

Motivasi kerja merupakan alasan seseorang dapat menjalani sebuah profesi atau pekerjaannya. Motivasi kerja memberikan energi yang dapat menggerakan segala potensi yang ada, menciptakan keinginan yang tinggi serta meningkatkan kegairahan dan kebersamaan. Menurut Ernest J. McCormick, motivasi kerja adalah kondisi yang berpengaruh membangkitkan, mengarahkan dan memelihara perilaku yang berhubungan dengan lingkungan kerja. Motivasi kerja juga dapat diartikan sebagai sesuatu yang dapat mendorong seseorang, baik berasal dari dalam maupun dari luar diri seseorang tersebut, sehingga seseorang tersebut akan memiliki semangat, keinginan dan kemauan yang tinggi untuk melaksanakan aktivitas kerjanya.Tanpa adanya motivasi kerja, maka seseorang tidak dapat bekerja dengan maksimal dan dapat membuat seseorang merasa tertekan serta mengalami gejala depresi.

Motivasi kerja seorang karyawan biasanya merupakan hal yang rumit, karena motivasi melibatkan dua faktor yaitu faktor individual dan faktor organisasional. Yang tergolong ke dalam faktor individual yang dapat memberikan pengaruh terhadap motivasi kerja yaitu tujuan, sikap dan kemampuan. Sedangkan yang tergolong ke dalam faktor organisasional yang dapat memberikan pengaruh terhadap motivasi kerja karyawan adalah gaji, keamanan pekerjaan dan hubungan sesama rekan kerja. Pemberian motivasi dengan tepat akan dapat menimbulkan semangat, gairah dan keikhlasan kerja dalam diri seseorang.

Faktor-faktor tersebut dapat menentukan tinggi atau rendahnya motivasi kerja seorang karyawan. Apabila kondisi dan syarat kerja seperti gaji, lingkungan kerja, keselamatan dan kesehatan kerja serta jaminan hari tua yang di perlukan oleh seorang karyawan dapat disediakan oleh perusahaan, maka motivasi kerja karyawan akan meningka

Hal yang dapat dilakukan untuk meningkatkan motivasi kerja yaitu;

·         Menyeimbangkan waktu istirahat dan bekerja

Sebagian orang mungkin terlalu sibuk bekerja sehingga mengabaikan waktu istirahat mereka. Hal tersebut dapat membuat kita merasa kelelahan baik secara fisik maupun psikis, sehingga kita mulai kehilangan motivasi kerja kita. Cobalah untuk memiliki waktu istirahat dan bekerja yang konsisten.

·         Menerapkan pola hidup sehat

Hidup sehat memiliki pengatuh terhadap motivasi kerja yang dimiliki oleh seseorang. Mulailah dengan membiasakan diri untuk sarapan sebelum berangkat kerja agar kita dapat memiliki tenaga saat bekerja dan kita perlu menyempatkan waktu untuk olahraga secara rutin di pagi atau di malam hari dan di akhir pekan.  Oleh karena itu, jika kita ingin meningkatkan motivasi kerja kita juga harus dapat menerapkan pola hidup sehat

·         Berpikir positif

Tanpa kita sadari motivasi kerja adalah hal yang datang dari dalam pikiran kita, jika kita dapat melihat berbagai hal dari segi positif, maka tidak akan sulit untuk dapat mempertahankan dan meningkatkan motivasi kerja kita. Berpikir positif juga sangat baik untuk dapat menjaga hubungan kita dengan orang-orang disekitar kita. Dengan pikiran positif tidak hanya akan membantu kita dalam pekerjaan, namun hampir di dalam semua aspek kehidupan kita.

·         Belajar menerima masukan dari orang lain

Cobalah untuk berdiskusi dengan orang di sekitar anda mengenai pekerjaan yang sedang kita jalani. Berdiskusilah dengan atasan mengenai hasil pekerjaan dan apa saja yang perlu kita tingkatkan. Cara ini dapat memberikan kita semangat untuk dapat meningkatkan dan memperbaiki pekerjaan kita. Dengan mengetahui apa saja hal yang harus kita tingkatkan sama saja seperti menemukan tujuan baru yang dapat membantu kita untuk dapat menyusun target kita selanjutnya.

·         Pastikan kita sudah mendapatkan perngahargaan

          Terdapat banyak sekali bentuk penghargaan dalam pekerjaan, seperti gaji dan kesempatan belajar. Ketika kita merasa tidak mendapatkan gaji yang tidak sesuai  dan kesempatan untuk belajar. maka seseorang semakin lama akan semakin kehilangan motivasi kerjanya. Jika kita merasa apa yang didapatkan sudah tidak sesuai dengan apa yang kita harapkan, tidak ada salahnya jika kita berdiskusi dengan atasan megenai kenaikan gaji dan kesempatan belajar.

DARTAR PUSTAKA

Edvan Muhammad Kautsar

Motivator Muda | Pengusaha Muda | Penulis Buku Dreams Come True

https://ardanakonsultan.com/artikel/motivasi-kerja-dan-cara-meningkatkannya/

https://www.kompasiana.com/edvanmkautsar/54f95181a333116e068b4a26/artikel-tentang-motivasi-motivator-terbaik-adalah-dirimu-sendiri

 

 

 


0 komentar:

Posting Komentar