9.11.21

Hati Yang gembira Adalah Obat Stres

Hati Yang Gembira Adalah Obat Stres

Essay 3 Persyaratan Ulangan Tengah Semester
 Psikologi Manajemen dan Organisasi
 Semester Ganjil 2021/2022
Danang Wahyu Saputro/20310410047
Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta
Dosen Pengampu : Dr., Arundati Shinta, M.A



Hidup di jaman sekarang ini cukup berat, stresor datang silih berganti, dari pekerjaan, keluarga, relasi dan berbagai maaalah kehidupan. Stres yang dialami dalam kehidupan dapat berdampak pada kesehatan fisik dan mental. Apabila seseorang sudah mengalami gangguan kesehatan fisik dan mental maka langkah terbaik yg bisa dia lakukan adalah berkonsultasi kepada profesional kesehatan.
Tetapi tahukah kita bahwa stres yg berakibat buruk pada kesehatan dapat dicegah dengan memiliki hari yang GEMBIRA. Sebuah nasihat kuno sejak ribuan tahun lalu :
"Hati yang gembira adalah obat" ternyata sangat relevan dengan dunia kesehatan modern. Senyum dan tertawa adalah ciri sederhana yang menunjukkan suasana hati gembira.
Setiap orang pasti pernah merasakan  kesulitan dalam hidup  dan menimbulkan  stres . Perasaan stres dapat dimulai dengan beberapa ciri berikut seperti mudah untuk meluapkan perasaan, merasa kesepian hingga kecanduan minuman alkohol. Untuk menghindari diri semakin terpuruk, Anda perlu mengelola stres Anda.
Stres itu sendiri dapat memicu masalah kesehatan. Stres berlebihan  tidak hanya memberikan dampak bagi mental tetapi juga bisa menjadi masalah kesehatan. Stres dapat memicu berbagai reaksi dalam tubuh seperti peningkatan tekanan darah, pencapaian pencapaian darah dan juga nafas yang cepat.
Sistem kekebalan tubuh juga dapat mengalami penurunan sehingga  tubuh rentan terhadap penyakit . The cara yang paling mudah dalam mengelola stres adalah dengan merasa gembira. coba lakukan hal yang paling membuat anda gembira, seperti mengalirkan hobi atau berolahraga bersama.
Emosi positif dan kualitas kesehatan yang baik sebenarnya saling terkait, ini karena tubuh dan pikiran saling terhubung. Perasaan positif  terhadap hidup memberi efek kesehatan yang lebih baik. Ternyata dengan hati yang Gembira, bisa menjadi obat bagi tubuh kita? Berikut efek perasaan gembira terhadap tubuh kita.

Manfaat dari senyum dan tertawa yang menunjukkan hati gembira ternyata banyak sekali :
1. Memperbaiki mood dan perasaan, tubuh akan mengeluarkan hormon endorfin yaitu hormon anti stres
2. Melindungi jantung dan pembuluh darah, sirkulasi darah menjadi lebih lancar saat senyum dan tertawa sehingga tekanan darah bisa turun sampai normal
3. Mengurangi cemas dan depresi, hormon stres seperti kortisol dan norepinefrin akan berkurang.
4. Kalori terbakar, 10-15 menit tertawa akan membakar 50 kalori
5. Meningkatkan hubungam relasi dengan orang lain, karena senyum dan tertawa dapat menstimulasi perasan positif dan koneksi relasi yg baik dengan orang sekeliling
6. Menjauhkan emosi emosi negatif karena ssnyum dan tertawa adalah distraksi yg baik untuk hal itu
7. Anti aging, dengan senyum dan tertawa maka otot dan aliran darah di daerah muka terjaga dengan baik sehingga muka jadi lebih berseri dan awet muda
8. Meningkatkan imunitas tubuh, tubuh akan memproduksi antibodi dan meningkatkan sistem pertahanan tubuh saat senyum dan tertawa
9. Humor adalah mekanisme defans psikologi yNg yang paling matur
10. Senyum dan tertawa adalah obat rasa sakit alami karena endorfin yg dikeluarkan merupakan morfin alami yg diproduksi tubuh untuk pereda nyeri.


Alden, Robert L. Tafsiran Praktis Kitab Amsal - Ajaran Untuk Memiliki Kehidupan Teratur Dan Bahagia. Malang: Literatur SAAT, 2008.

Humas, promkes kemenkes –. “Hati Yang Gembira Adalah Obat.”

Kalis Stevanus. Inner Healing. Yogyakarta: Kanisius, 2016.

0 komentar:

Posting Komentar