9.6.21

 

Penyediaan Toilet Umum Gereja Didaerah Terpencil

 (Jemaat Bure Atas, di Kampung Ilan Batu)- point 4/pengabdian


(Sabtu 29 Mei 2021, pengambilan batu dari sungai)
 

Nama                    : Windyangreni Mika

Nim                       : 19310410047

Dosen Pengampu : Dr. Arundhati Sinta, M.A.

Gereja Torja Jemaat Bure Atas,  Klasis Walenrang merupakan sebuah gereja kecil yang dibangun dengan beberapa potong kayu ini berada di suatu desa terpencil yang berada dipengunungan Walenrang Barat. Desa kecil tersebut iyalah desa Ilan Batu, Kecamatan Walenrang Barat. Kabupaten Luwu. Sulawesi Selatan, desa terpencil dengan suasana asri dan pepohonan hijau serta sungai yang airnya sangat jernih dan sangat luas. Desa ini merupakan salah satu desa yang hingga kini belum terjangkau jaringan telepon dan juga internetnya, bahkan untuk jalanannya pun sangat sulit untuk dilalui selain itu untuk pasar serta bank pun tidak ada ditempat tersebut. Selain itu untuk bersekolah sekalipun anak-anak yang disana harus menempuh jarak yang sangat jauh sehingga beberapa dari orang tua akan membawa anaknya kesalah seorang keluarga yang tinggal dikota agar anak-anaknya bisa mendapatkan Pendidikan yang layak.

Gerejaa ini memiliki anggota jemaat yang bisa terbilang lumayan sedikit dan saat ditinjau ternyata disana beberapa peralatan gereja tidak lengkap, salah satu misalnya yaitu toilet umum bagi para jemaat saat melaksanakan ibadah. Karena itu pada tanggal 28 Mei 2021 Persekutuan Pemuda Gereja Toraja (PPGT) Klasis Walenrang sepakat untuk berangkat kedesa Ilan Batu dan mengadakan ibadah paskah serta baksos dan pembuatan toilet umum di gereja toraja jemaat bure atas. Persoalan yang melatarbelakangi belum adanya toilet umum serta keperluan lainnya dikarenakan biaya yang tidak mencukupi serta jarak tempu kekota sangat jauh sementara perjalanan sangat menantang untuk dilewati setiap saat. Jika pun nekat ingin kekota dan membeli peralatan tersebut tentu akan memakan biaya yang cukup banyak yang hanya untuk transportasi saja bisa mencapai kisaran 1.000.000 sampai sekitar 2.000.000 bahkan kadang juga lebih.

(jumat, 28 Mei 2021, penarikan kendaraan yang terjebak karena kobangan air yang dalam)

Dengan memepertimbangkan beberapa hal para pemuda gereja toraja klasis walenrang (PPGT) memutuskan untuk perayaan paskah pemuda tahun ini diakan dijemaat Bure Atas yang akan dirangkaikan dengan baksos dan juga pembuatan toilet umum digereja tersebut. Paskah adalah hari raya umat Kristen yang biasa dilaksanakan setiap tahun untuk memperingati kebangkitan Yesus Kristus. Perayaan paskah sendiri dilakukan pada Minggu pertama setelah bulan purnama sesudah titik balik musim semi. Sementara itu, bakti sosial atau lebih dikenal sebagai baksos merupakan salah satu kegiatan wujud dari rasa kemanusiaan antara sesama manusia. Bakti Sosial merupakan suatu kegiatan  dimana dengan adanya kegiatan ini kita dapat merapatkan kekerabatan kita, untuk mewujudkan rasa cinta kasih, rasa saling menolong,rasa saling peduli mahasiswa kepada masyarakat luas yang sedang membutuhkan uluran tangan mereka. Kegiatan yang diadakan oleh PPGT ini berlangsung selama 1 hari yaitu berangkat pada tanggal 28 Mei jam 9:30 pagi dan tiba pada pukul 14:19 siang, setelahnya langsung diadakan ibadah hingga larut malam dan paginya dilanjutkan dengan games lalu setelahnya pengambilan batu dari sungai sebagai bahan pembuatan toilet, dan kemudian pada tanggal 29 Mei jam 11.00 seluruh rombongan kembali kerumah masing-masing. Untuk kelengkapan bahan dan alat untuk pembuatan toilet tersebut dibawa langsung oleh rombongan PPGT dari kota yang kemudian saat tiba ditempat tujuan langsung diterima oleh jemaat yang ada disana. Pengadaan toilet ini diharapkan dapat membantu setiap jemaat yang memiliki kerinduan untuk tetap memuji Tuhan dengan lebih rajin lagi mengikuti ibadah yang berlangsung setiap hari minggu.

(games dan pengambilan batu)

(sabtu, 29 Mei 20201, proses pembangunan toilet)

(sabtu, 29 Mei 20201, proses pembangunan toilet)



Referensi:

https://www.merdeka.com/jateng/paskah-adalah-hari-raya-umat-kristen-ketahui-makna-dan-tujuannya-kln.html?page=2

0 komentar:

Posting Komentar