14.6.21

PENTINGNYA MEMBERSIHKAN LINGKUNGAN SEKITAR

 

TUGAS ESSAY PSIKOLOGI LINGKUNGAN

(BUTIR 7: KERJA NYATA)

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

ELECTRA ALNURIN MARTA (19310410004)

Dosen Pengampu : Dr. Arundati Shinta, MA



Kebersihan lingkungan mempunyai arti sebuah keadaan bebas dari kotoran, termasuk diantaranya, debu, sampah, dan bau. Kebersihan merupakan upaya manusia untuk memelihara diri dan lingkungannya dari segala yang kotor dalam rangka mewujudkan dan melestarikan kehidupan yang sehat dan nyaman (Nazaruddin, 2014). Sampah adalah sebagian dari sesuatu yang tidak dipakai, tidak disenangi, atau sesuatu yang harus dibuang, yang umumnya berasal dari kegiatan yang dilakukan oleh manusia. Kegiatan manusia yang mencemari lingkungan dengan membuang sampah sembarangan dapat mengurangi kebersihan lingkungan (Azwar (1979). Kebersihan lingkungan merupakan hal yang tidak dapat dijauhkan dari sebuah kehidupan manusia dan merupakan unsur yang pasti atau tetap dalam ilmu kesehatan dan pencegahannya. Manusia perlu menjaga kebersihan lingkungan dan kebersihan diri agar sehat tidak menyebabkan kotoran atau menularkan penyakit bagi diri sendiri maupun orang lain karena itu kita harus pandai pandai menjaga kebersihan.

Tidak sulit menjaga kebersihan lingkungan ada banyak macam cara untuk menjaga kebersihan lingkungan misalnya dengan membuang sampah pada tempatnya, menyapu halaman, membersihkan selokan air, memisahkan sampah kering dan sampah basah, mendaur ulang barang yang tidak terpakai, dan masih banyak lagi. Seperti halnya aktivitas yang saya lakukan, yaitu merapikan barang-barang yang berada dikamar saya supaya enak untuk dipandang. Membersihkan sampah-sampah yang berserakan lalu membuangnya ke tempat sampah. Karena apabila lingkungan yang kita tempati itu rapid an bersih dari kotoran, maka kita akan merasa nyaman untuk menempatinya. Selain itu saya juga menyapu kamar lalu berlanjut menyapu halaman depan rumah. Daun-daunan kering, debu-debu pasir, dan kotoran-kotoran yang lain sangat menganggu apabila tidak segera dibersihkan. Dan tentunya akan membuat risih orang yang melihatnya. Kemudian juga akan menimbulkan polusi debu saat kita ingin menghirup udara segar.

Saya merasa senang ketika melihat lingkungan sekitar saya sudah bersih dan rapi. Ketika membersihkan memang terasa lelah, namun semua itu terbayarkan ketika saya melihat lingkungan sekitar saya bersih dan rapi. Karena saya akan merasa nyaman dan tenang untuk melakukan aktivitas apapun ketika lingkungan sekitar saya bersih dan rapi. Jika kita tidak menjaga kebersihan lingkungan maka lingkungan menjadi tidak sehat dan dapat mengganggu kegiatan sehari hari juga dapat menyebabkan penyakit yang menganggu masyarakat. Lingkungan yang bersih menjadikan hidup lebih sehat, udara terasa sejuk, tempat tinggal menjadi bersih dan terhindar dari segala penyakit. Maka dari itu kita harus selalu menjaga kebersihan lingkungan karena banyak sekali manfaatnya untuk kehidupan. Karena, tanpa lingkungan yang bersih setiap individu maupun masyarakat akan menderita sebab sebuah faktor yang akan merugikan kita sendiri seperti kesehatan. Kesehatan itu begitu mahal harganya. Sehingga semuanya harus di olah dan dijaga dengan baik.

Referensi :

http://jurnalilmiahtp2013.blogspot.com/2013/12/kebersihan-dan-kesehatan-lingkungan.html?m=1















0 komentar:

Posting Komentar