14.6.21

PENGABDIAN MASYARAKAT : BERBAGI ILMU DENGAN MURID TK DI DESA TERPENCIL

 

PENGABDIAN MASYARAKAT : BERBAGI ILMU DENGAN MURID TK DI DESA TERPENCIL

Tugas Essay Psikologi Lingkungan Butir 4

Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

Poppy Intan Permatasari

 19310410013

Dosen Pengampu :Dr. Arundati Shinta, M. A

 

Pengabdian masyarakat merupakan suatu kegiatan yang sangat mulia dimana kegiatan ini guna membantu masyarakat tanpa mengharapkan imbalan dalam bentuk bapapun. Kegiatan ini juga biasanya bentuk pelaksanaan untuk pengalaman dalam bentuk pelaksanaan untuk pengalaman seperti ilmu pengetahuan, seni, ataupun teknologi. Menurut Direktur Riset dan Pengabdian Masyarakat Universitas Indonesia (2014) kegiatan ini guna untuk memperluas wawasan maupun peningkatan kemampuan. Pada situasi sekarang kegiatan pengabdian masyarakat ini sangat diharapkan masyarakat terutama dalam bidang ilmu pengetahuan untuk anak-anak sekolah yang berbeda didesa terpencil.

Persoalan yang terjadi saat ini untuk didesa terpencil sendiri masih kurangnya tenaga pengajar serta cara belajar baru untuk anak-anak sekolah terutama di jenjang Taman Kanak-kanak. Hal yang terjadi di sekolah jenjang TK saat ini terdapat guru yang cara mengajarnya menggunakan metode yang susah dan tidak kreatif. Hal ini membuat anak-anak TK di desa terpencil  terkadang kalau ada sebuah kegiatan diluar lingkup sekolah mereka masih sangat kurang pengalaman ataupun cara berpikirnya dibandingkan dengan anak-anak yang tinggal dikota. Tentunya permasalahan ini membutuhkan uluran tangan dari remaja sekitar yang dirasa mempunyai ilmu pengetahuan yang cukup untuk bisa dibagikan dengan calon generasi penerus didesanya.

Hal yang saya lakukan untuk mengurangi permasalahan tersebut didesa terpencil yang kebetulan adalah daerah saya sendiri. Dengan meluangkan waktu untuk bisa berbagi ilmu bersama adik-adik TK itu merupakan hal yang saya lakukan. Kegiatan ini saya lakukan sekitar kurang lebih 1-3 bulan di sekolah TK, sebelum saya melakukan pengabdian ini tentunya saya meminta izin dulu kepada pihak kepala sekolah. Kemudian pihak kepala sekolah juga masih meminta persetujuan dari pihak manajer perkebunan, karena kebetulan sekolah ini berada dibawah naungan perkebunan Nusantara.

Didalam melakukan pengabdian ini tentunya banyak suka dan duka yang dirasakan apalagi untuk bisa berbaur dengan murid-murid sekolah. Kegiatan yang saya lakukan ini mendapatkan respon positif dari pihak atasan sendiri, karena selama ini jarang sekali ada seorang yang mau menjadi relawan untuk bisa meluangkan waktunya dan berbagi ilmu untuk sekolah TK ini. Murid-murid yang berada disekolah ini merasa senang sekali dan ceria setiap harinya. Dalam hal ini saya mulai memberikan pembelajaran yang lebih asik kepada murid-murid dengan cara yang tidak membosankan. Ternyata setelah bener-bener dilatih murid-murid disekolah TK ini kecerdasannya tidak kalah jauh dan bahkan banyak yang standar dengan murid kota pada biasanya. Kegiatan pengabdian yang saya laksanakan dimasa pandemi ini juga dalam melakukan pengajaran kami harus mematuhi protokol kesehatan.

Dengan adanya kegiatan ini membuat saya lebih senang karena bisa berbagi ilmu dengan murid-murid di TK. Untuk itu kita sebagai generasi milenial harus bisa berkontribusi langsung didalam lingkungan tempat tinggal. Dimana hal ini merupakan kegiatan yang sangat baik dan kedepannya juga akan bermanfaat untuk kita. Terutama desa-desa terpencil sangat membutuhkan orang-orang yang memiliki hati emas untuk bisa membagikan ilmunya. Yuk buktikan bahwa anak didesa terpencil pun juga bisa cerdas dan beredukasi banyak.

 Daftar Pustaka :

 Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat Universitas Indonesia. 2014. BUKU PANDUAN HIBAH RISET UNIVERSITAS INDONESIA 2014 : Skema Penelitian Unggulan Perguruan Tinggi. Depok : Universitas Indonesia.



0 komentar:

Posting Komentar