14.6.21

ASIKNYA MELAKUKAN BERSIH-BERSIH BEFORE AFTER PART I


TUGAS PSIKOLOGI LINGKUNGAN SEMESTER GENAP 2020/2021 POINT 7

 YANSES KALA’ IRI’

 19310410046

DOSEN: Dra. ARUNDITA SHINTA, MA.

FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS PROKLAMASI 45 YOGYAKARTA

Bersih merupkan suatu kondisi atau keadaan yang secara kasat mata atau yang kita lihat itu dapat dikatakan rapi, teratur, dan keadaan sekeliling atau lingkungan yang kita tempati enak di pandang oleh mata. Untuk itu, menjaga kebersihan lingkungan sekitar kita sangatlah penting. Seperti slogan yang sering kita dengar atau bahkan banyak digunakan untuk mengajak dan menjaga kebersihan yaitu kebersihan merupakan sebagin dari iman. Menjaga kebersihan lingkungan sangatlah mudah tetapi aksi atau tindak yang dilakukan itu sangatlah susah padahal jikalau itu sudah melekat dalam diri kita, kita akan melakukannnya dengan sangat mudah dan tanpa beban. Bnayak manfat yang didapatkan jikalau kita menerapkan hidup dengan menjaga kebersihan salah satunya penyakit itu tidak mudah muncul atau mneyrang kita, lingkungan jadi nyaman, dari segi lingkunan lahan tanaman akan tumbuh subur, serta banyak hal lagi yang bisa kita rasakan dari menjaga kebersihan. Untuk itu menjaga kebersihan sangat dianjurkan dari kesadaran diri masing-masing klau bukan kita siapa lagi serta kalua bukan sekarang kapan lagi. Berikut merupakan kegitan bersih-bersih yang mungkin merupakan salah satuh contoh ecil dalam menjaga kebersihan.

Membersihkan pekarangan rumah kosong untuk bercocok tanam

BEFORE

AFTER


Seperti yang terlihat pada gambar di atas kegitan yang saya lakukan adalah membersihkan lahan yang kosong yang dipenuhi oleh ilalang. Kegitan yang saya lakukan ini tetepat saya lakukan pada bulan februari 2021. Saya melakukan pembersihan ini Bersama dengan orang tua saya yang dilakukan selama 5 kali pembersihan di setiap sore berturut-turut. Dalma melakukan pemebersihan halaman ini tentunya menagalami kesusahan sendiri sperti jenis-jenis rumput yang ada di halam tersebut bermacam-macam ada yang susah di bersihkan dan ada yang mudah. Terdapat jenis rumput yang sudah di bersihkan dikarenakan memiliki duri yang banyak, seperti putri malu dan sejenisnya. Dalam membersihkan halaman ini hanya menggunakan peralatan sederhana seperti parang, alat pemotong rumput serta menggunakan sarung tangan. Selama pembersihan ini rumput-rumput yang sudah tercabut di biarkan untuk kering sehinngga mudah untuk dibakar sehingga nantinya hasi bakaran tersebut bisa menjadi pupuk nantinya. Sperti yang terlihat pada gambar tujuan pemebrsihan lahan kosong tersebut bertujuan untuk bercocoktanam. Tumbuhan yang di tanam sperti cabe, ubi jalar yang akan dijadikan pakan ternak, kacang Panjang, paria. Hasil dari upaya membersihkan halaman yang kosong menjadi produktif ini sangat bermanfaat untuk keseharian, hasil dari tanaman itu di konsumsi dan bisa dijadikan tambahan penghasilan juga. Jadi memebrsihkan lingkungan akan memebrikan manfat jika kita mau melakukan dan mengelolanya.

RUTINITAS MEMBERSIHKAN KAMAR KOST DI PAGI HARI

BEFORE


AFTER

Membersihkan tempat tinggal kita merupakan hal wajib yang harus dilakukan menurut saya mengapa demikian, dikarenakan selain kita sendiri yang nyaman utuk menempatinya penyakit juga dpat terhindarkan dengan menerapkan hidup bersih. Salah satu Tindakan nyata yang saya lakukan yaitu memebrsihkan kamar kost yang saya huni. Selain membersihkannya untuk tugas psikologi lingkungan, lain ini sudah menjadi rutinitas yang saya lakukan untuk kenyamanan saya sendiri. Menurut saya, tempat tinggal kita merupakan cerminan dari diri kita. Untuk itu melakukan bersih-bersih ini tdiak dilakukan dengan adanya paksaan tetapi sudah menjadi bagian dari aktivitas keseharian saya. Membersihkan tentunya tidak sesulit yang dibayangkan, namun terkadang dalam prosesanya terkadang sering kita mendapatkan hambatan. Suka duka yang saya alami dalam kegiatan bersih-bersih ini yaitu capek, malas, dan juga yang sering saya lami yaitu bersin-bersin dikarenkan saya alergi dengan debu-debu halus yang terdapat dalam sebuah ruangan. Namun hambatan tersebut tidak menjadikan sayauntuk tidak mau membersihkan kamar kost yang saya huni. Menersihkan tidaklah susah selagi ada kemauan pasti bisa terlakasana serta hidup yang nyaman adalah hidup yang bersih. Jadi menurut saya keanyaman itu dciptakan kita sendiri dan pilihannya ada pada diri kita sendiri.


0 komentar:

Posting Komentar