14.6.21

PENCARIAN DANA UNTUK KEGIATAN CAMP PEMUDA GEREJA TORAJA JEMAAT PACCERAKANG I WILAYAH KLASIS LUWU

 

TUGAS PSIKOLOGI LINGKUNGAN SEMESTER GENAP 2020/2021 POINT 4

YANSES KALA’ IRI’

 19310410046

DOSEN: Dra. ARUNDITA SHINTA, MA.

FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS PROKLAMASI 45 YOGYAKARTA

Gereja toraja mereupakan salah satu instansi atau gereja yang berada di darah toraja Sulawesi selatan. Awalnya gereja toraja didirikan untuk suku toraja yang beradah diabah naungan badang sinode yang ada di toraja. Cabang-cabang gereja toraja tersebar luas di bebrapa wilayah di sualwesi selatan bahkan berada di luar pulau Sulawesi terdapat cabang gereja toraja. Salah satunya yaitu gereja toraja yang berda di wilayah luwu tepatnya di daerah paccerkang 1 merupakan slaah satu cabang gerja toraja. Di wilayah tersebut tidak hanya satu saja memlainkan ada 5 cabang geraja toraja. Dari berbagai cabang dan wilayah tersebut geraj atoraja sering mengadakan kegita-kegiatan rohani yang di ikuti berbagai jemat dari masing-masing cabang gereja toraja. Salah satu kegitan rutin yang dilakukan yitu kegiatan camp pemuda. Untuk itu setiap jemaat akan mempersiapkan berbagai hal jauh-jauh hari untuk mengikuti perayaan camp pemuda tersebut baik berupa dari dana dan jenis-jenis kegiatan penunjang lainnya misalnya Latihan di bidang olahraga.

Salah satu langkah awal yang di persipakan dari jauh-jauh hari yang kami lakukan dari ppgt (perkumpulan pemuda gereja toraja) jemaat paccerakang 1 yaitu dalam hal pencarian dana. Dalam aksi pencarian dana kami selalu melakukannya dengan gotong royong. Menurut koentrajaningrat (1987) dalam AM. Jannah 2015 membagi du jenis gotong royong yang dikenal oleh masyarakat Indonesia: Gotong royong tolong menolong dan gotong royong kerja bakti. Kegitan gotong roryong tolong menolong terjadi pada aktivitas pertanian, kegiatan sekitar rumah tangga, kegiatan pesta, kegiatan peryaan dan pada peristiwa bencana aatau kematian. Sedangkan gotong royong kerja bakti biasanya dilakukan untuk mengerjakan suatu hal yang sifatnya untuk kepentingan umum, yang diabedakan unyuk gotong rroyong atas inisiatif warga dengan gotong royong yang dipakakan. Sebelum malakukan pencarian dana dan turun langsung di lapangan untuk melakukan pencarian dana seuruh ppgt jemaat paccerakang 1 ikut serta dalam pemebentukan sebuah panitia agra apa yang dilakukan selanjutnya teroganisir. Dalam aksi pencarian dana yang kami lakukan ini, system yang kami gunakan yaitu system panggilan (Ketika terdapat anggota jemaat yang membutuhkan bantuan seprti kayawan memtik jagung, membuat selokan di kebun coklat dan masih banyak lagi).

Dari banyaknya aksi dana yang kami lakukan bis akita lihat bahwa gambar diatas merupkan salaah satu kegitan aksi pencaruian dana yang kami lakukan yaitu metambai. Metambai adalah kegiatan memetic daun ubijalar dan kemudia diikat dengan ukuran tertentu. Kegitan mentambai ini salah satu kegiatan system oanggilan yang kami lakukan jemaat menawarkan untuk dibantu memanen dan hasil penjualannya akan di bagi 2 terakdang juga dibagi 3 jatah untuk ppgt 2 dan jatah untuk pemilik 1. Selain kegitan tersebut, kegitan-kegitan lain yang kami lakukan untuk memenuhi budget yang sudah ditententakan kami juga melakukan sperti bazar, lelang lagu yang dilakukan pada saat ibadh kebaktian hari minggu berlangsung serta pegedaran surat bagi anggota jemaat yang sudah bekerja yang berada di luar kota. Dari kegiatan yang dilakuka ini tidak semerta-merta hanya dilakukan untuk mendapatkan uanga saja tetapi kontribusi serta pengabdian yang dialaukan terhadap gerja, dan juga dari kegiatan ini dapat mempererat lagi tali persaudaraan diantara ppgt. Tidak hanya untuk dalam proses pencarian dana tetapi dari proses yang dilakukan tadi dapat membangun kekeompakan serta keakraban yang nantinya manafaat untuk pasca camp berlangsung tim akan saling bekerja sama dan slaing membanti sama lain.



SUMBER

Jannah AM. 2015. DINAMIKA PSIKOLOGI GOTONG-ROYONG (FENOMENOLOGI PADA SURVEIVOR BENCANA ERUPSI GUNUNG KELUD DI DESA PANDANSARI KECAMAMATAN NGANTANG. Malang: UINMMI Malang


0 komentar:

Posting Komentar