5.4.21

PENTINGNYA AIR UNTUK PETANI

 


PENTINGNYA AIR UNTUK PETANI

UJIAN TENGAH SEMESTER PSIKOLOGI LINGKUNGAN SEMESTER GENAP 2020/2021

Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta








Dosen Pengampu : Dr. Arundati Shinta, MA.

Liot Mayang Sari/19310410039




Air adalah senyawa yang penting bagi semua bentuk kehidupan yang diketahui sampai saat ini di Bumi, tetapi tidak di planet lain, Air menutupi hampir 71% permukaan Bumi. Terdapat 1,4 triliun kilometer kubik (330 juta mil³) tersedia di Bumi. Rumus kimianya adalah H2O, yang setiap molekulnya mengandung satu oksigen  dan dua atom hidrogen yang dihubungkan oleh ikatan kovalen Air sebagian besar terdapat di laut air asin dan pada lapisan-lapisan es (di kutub dan puncak-puncak gunung), akan tetapi juga dapat hadir sebagai awan,hujan, sungai, muka air tawar, danau,uap air, dan lautan es. Air dalam objek-objek tersebut bergerak mengikuti suatu siklus air yaitu: melalui penguapan, hujan dan aliran air di atas permukaan tanah (runoff, meliputi mata air,sungai ,muara) menuju laut. Air bersih penting bagi kehidupan manusia

Air juga unsur utama penyusun sel (protoplasma) tanaman. Air berperan dalam menjaga suhu tanaman, proses fotosintesi, respirasi, media untuk reaksi-reaksi biokimia dan penyerapan mineral dari dalam tanah. Kekurangan air akan berpengaruh terhadap pertumbuhan dan produksi tanaman. Untuk memenuhi kebutuhan air tanaman, air harus tersedia di dalam tanah. Sumber utama dari air di dalam tanah adalah curah hujan (CH). menjadi bagian penting dan tak terpisahkan dari kehidupan semua makhluk hidup. Tubuh manusia sendiri terdiri dari 60-70% air. Oleh sebab itu, penting bagi kita untuk memiliki asupan air yang cukup setiap harinya untuk menggantikan air yang hilang.

Air juga menjadi ragam kebutuhan lain dalam kehidupan sehari-hari, misalnya untuk mengolah makanan, mencuci piring dan pakaian kotor, serta membersihkan diri. Namun apakah air itu dan apa saja senyawa yang menyusunnya? Meski air tampaknya bening dan tak berbau, namun secara ilmiah ia tersusun dari beberapa senyawa.menjadi bagian penting dan tak terpisahkan dari kehidupan semua makhluk hidup. Tubuh manusia sendiri terdiri dari 60-70% air. Oleh sebab itu, penting bagi kita untuk memiliki asupan air yang cukup setiap harinya untuk menggantikan air yang hilang. Air juga menjadi ragam kebutuhan lain dalam kehidupan sehari-hari, misalnya untuk mengolah makanan, mencuci piring dan pakaian kotor, serta membersihkan diri. Namun apakah air itu dan apa saja senyawa yang menyusunnya? Meski air tampaknya bening dan tak berbau, namun secara ilmiah ia tersusun dari beberapa senyawa.  Namun ketersediaan air di dalam tanah tidak hanya ditentukan oleh jumlah CH tetapi yang lebih penting adalah ketersediaan air untuk tanaman apa lagi bagi petani.

Air bagi para petani adalah sumber daya pokok yang menunjang berlangsungnya kegiatan pertanian. Fungsi air bagi pertanian secara umum adalah sebagai irigasi atau pengairan, karena tanpa adanya pengairan yang baik maka hasil dari tanaman yang di kelola oleh petani tidak akan mendapatkan hasil yang maksimal. Manfaat air bagi pertanian adalah membantu membasahi tanaman pertanian, membantu menyuburkan tanah pertanian, membantu penyerapan unsur hara tanaman pertanian, mengisi cairan tubuh tanaman pertanian, membantu sistem metabolisme tanaman pertanian, dan membantu memelihara suhu tanaman pertania, Karena itu petani sangat memerlukan air. 

                                                                             




Referensi 

Budiati, Lilin. 2012. Good Governance dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup. Ghalia Indonesia. Bogor.

Current Issue. Vol. 11 No. 2 (2019): Jurnal Air Indonesia. Volume 11 No.2 Tahun 2019.

Prosiding Seminar Nasional Pengelolaan Sumberdaya Alam dan Lingkungan 2013.


0 komentar:

Posting Komentar