6.4.21

MEMBUAT TAS DARI TUTUP BOTOL BEKAS



MEMBUAT TAS DARI TUTUP BOTOL BEKAS

 Tugas Psikologi Lingkungan Semester Genap 2020/2021

Dosen Pengampu : Dr. Arundati Shinta, MA.

Liot Mayang Sari 19310410039






Belakangan ini Plastik masih sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari masyarakat di Indonesia. Selain bahannya yang tidak mahal, plastik tidak mudah lapuk, ringan, dan anti-karat (Thompson et al. 2009). Walaupun demikian, tumpukan sampah plastik dapat mengganggu lingkungan karena ia bersifat non-biodegradabel. Sifat tersebut menjadikannya penyumbang limbah terbesar yang menyebabkan kerusakan lingkungan (Asia & Arifin, 2017). Selain mengganggu estetika, masalah yang ditimbulkan oleh plastik adalah risikonya untuk mentransfer senyawa-senyawa toksik kepada ekosistem dan mengganggu makhluk hidup di Remah-remah plastik mengandung PCB (Polychlorinated biphenyl), hidrokarbon aromatik, pestisida organoklorin, ftalat, dan zat-zat lain yang memang ditambahkan saat produksi, tetapi juga menjadi bahan yang menempel dari lingkungan (Thompson et al. 2009). Berbagai upaya dilakukan masyarakat untuk menghancurkan atau membuang sampah plastik seperti menguburnya di tanah atau membakarnya, tetapi upaya-upaya tersebut menimbulkan masalah lain seperti dihasilkannya gas hasil pembakaran, penyumbatan aliran air, dan munculnya plastik ke permukaan lagi setelah ditimbun (Sahwan et al., 2005).

Salah satu nya botol plastik menjadi salah satu penyumbang terbesar sampah yang mengambang bebas di lautan. Betapa tidak, gaya hidup manusia zaman kiwari yang serba praktis membuat penggunaan botol sekali pakai itu tak dapat dihindari. Bumi kian tak lestari karena sampah plastik. Daratan, lautan, bahkan udara tercemari oleh partikel-partikel paling kecil yang belum rampung terurai. Tak main-main, partikel bernama mikroplastik itu juga dianggap dapat mengancam kesehatan manusia. banyak juga dikalangan ibuk-ibuk yang memanfaatkan sampah pelastik contoh nya seperti membuat kerajinan tas dari tutup botol ,pasti nya sudah tidak asing lagi dikalangan kita tentang melestarikan sampah pelastik contonya dengan membuat kerajinan tas dari tutup botol. Banyak sekali kegunann dari tutup botol tersebut,bisa digunakan utuk tas belajaan dan ada juga untuk tak pergi, biasanya sesudah membuat kerajinan tas dari barang bekas ini nantinya akan dijual ke masyarakat.

 







Daftar Pustaka

Jurnal Ilmu Lingkungan (2019), 17 (1): 90-99, ISSN 1829-8907

Alrashid, D.A dan Kahdar, K., “Eksplorasi Sampah Plastik Mengunakan Metode Fabrikasi Untuk Produk Fashion”, Jurnal Tingkat Sarjana bidang Senirupa dan Desain Nomor 1, 1-10 






0 komentar:

Posting Komentar