6.4.21

Pentingnya Transportasi Air Di Daerah Cilacap

 Pentinngnya Transportasi Air Di Daerah Cilacap


Daratan Kabupaten Cilacap berhubungan langsung dengan Pulau Nusakambangan dan Samudera Hindia di bagian selatan, sedangkan bagian barat daya dan barat berbatasan dengan Segara Anakan dan Bengawan Donan (Ciptakarya). Oleh sebab itu, dapat dilihat bahwa daerah kabupaten cilacap dikelilingi oleh perairan. Kondisi tersebut mnyebabkan beberapa daerah hanya dapat dijangkau dengan sarana transportasi air. Adapun beberapa daerah yang memerlukan penghubung menggunakan sarana transportasi lain antara lain Kota Cilacap dengan Pulau Nusakambangan, Kampung Laut, Kutawaru dan menghubung-kan Cilacap dengan Kecamatan Kalipucang di Kabupaten Ciamis (Ciptakarya). Padahal dalam proses bermasyarakat kelancaran transportasi tersebut sangat dibutuhkan yakni antara lain sebagai mobilitas antar daerah, sarana distribusi, dan lain sebagainya. 

Pentingnya kelancaran transportasi di daerah Untuk menunjang perkembangan pembangunan pada suatu daerah dan menunjang perkembangan ekonomi, hal ini menjadi perhatian yang cukup penting. Oleh sebab itu,, perlu langkah yang diambil oleh pemerintahan daerah untuk mampu mengatasi kasus tersebut. Salah satu program yang dibuat pemerintah daerah yakni program jaringan Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) dan Transportasi Laut (Ciptakarya). Program ini dapat menjadi salah satu upaya untuk dapat meningkatkan kualitas dari saana transportasi air daerah Cilacap. 

Adapun rencana pengembangan dari  Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) antara lain meningkatkan kapasitas/jumlah sarana (perahu dan kapal/feri), menetapkan standar keamanan sarana (perahu atau kapal/feri), meningkatkan kapasitas dan sarana dan kapasitas dermaga serta struktur organisasi pelaksana dan jadwal operasi. Agar mampu melaksanakan beberapa pengembangan tersebut diperlukan studi kelayakan khusus terkait mobilitas penumpang/penduduk dan potensi daerah yang dijadikan tujuan (Ciptakarya). 

Selain program jaringan Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP), juga terdapat kebijakan terkait transportasi laut. Cilacap memiliki sektor unggulan bidang industri pengolahan dan memiliki pelabuhan samudera yang cukup strategis, yang pada saat ini dekelola oleh PT. Pelindo III Cabang Tanjung Intang Cilacap (Pelabuhan Tanjung Intan) (Ciptakarya). Oleh sebab itu, diperlukan transportasi laut berskala besar yang mampu meningkatkan pengembangan dalam bidang industri pengolahan dan juga kesepakatan antara Pemerintah Kabupaten Cilacap dengan pihak Pelindo menyangkut wewenang pengelolaan dan pendapatan konstribusinya. Saat ini, Pemerintah Kabupaten Cilacap telah menerbitkan Perda mengenai Kepalabuhanan yang berisi tentang penetapan kawasan pelabuhan Rencana Program Investasi Jangka Menengah Kabupaten Cilacap Tahun 2009-2013 III-15 (darat maupun perairan) dan jalur pelayaran menuju masing-masing pelabuhan pendaratan (Ciptakarya). Sehingga mampu untuk meningkatkan pembangunan daerah Cilacap.

Peningkatan jumlah, kapasitas sarana (alat transportasi, dermaga) serta kualitas baik dari standar keamanan, struktur organisasi pelaksana ataupun jadwal operasi mampu meningkatkan kualitas dari transportasi air sehingga dapat meningkatkan mobilitas antar daerah di Cilacap. Hal ini dapat meningkatkan pemerataan ekonomi, pemerataan pembangunan wilayah termasuk wilayah perbatasan atau wilayah tertinggal (daerah terpencildan terbelakang menjadi mudah diakses). Selain itu, meningkatkan daya saing daerah dengan daerah lain (Humaira, 2015).

Kemudian, semakin lancarnya transportasi air tersebut dapat meningkatkan pendistribusian barang maupun hasil produksi keseluruh daerah sehingga dapat merata sampai pada daerah terpencil atau terpelosok, dengan begitu akan adanya peningkatan pendapatan regional daerah, pemasukan bagi daerah serta dapat membuka daerah yang terisolasi (Ilham & Darwan, 2015). 

Jaringan Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) dan  Transportasi Laut dapat menjadi solusi atau strategi untuk meningkatkan kuantitas serta kualitas sarana transportasi air di daerah Cilacap. Hal ini dapat dilihat bahwa program dari Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) dan  transportasi laut sangat berdampak peningkatan kualitas transportasi air, aksesabilitas antar daerah, pemerataan pembangunan dan ekonomi daerah, peningkatan dalam bidang industri, peningkatan pendistribusian barang ke daerah terpencil, dan hal lain yang dapat meningkatkan kemajuan daerah.


DAFTAR PUSTAKA

(n.d.). Retrieved Maret 31, 2021, from Ciptakarya: https://sippa.ciptakarya.pu.go.id/sippa_online/ws_file/dokumen/rpi2jm/DOCRPIJM_ 504681659Bab_3_fixed-Cilacap.pdf

Humaira, A. N. (2015). Penyelenggaraan Transportasi Air Terpadu untuk Mengakselerasi dan Memantapkan Konektivitas Nasional. Warta Penelitian Perhubungan , 39-54.

Ilham, C. I., & Darwan, W. (2015). Keseimbangan antara Pendapatan dan Biaya Operasional Kapal Penyeberangan Lintas Jangkar-Kalianget. Jurnal Manajemen Transportasi & Logistik (JMTransLog) , 25 - 34.

Ramdani, D. F., & Febriasari, A. (2018). Model Kebijakan Pengembangan Energi Baru dan Terbarukan di Provinsi Banten . Jurnal Administrasi Publik , 192- 202.

0 komentar:

Posting Komentar