1.4.21

BERKAH SUNGAI DI TENGAH PEMUKIMAN WARGA KOTA YOGYAKARTA

 

BERKAH SUNGAI DI TENGAH PEMUKIMAN WARGA KOTA YOGYAKARTA

UJIAN TENGAH SEMESTER PSIKOLOGI LINGKUNGAN SEMESTER GENAP 2020/2021

Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

 

 


 

Dosen Pengampu : Dr. Arundati Shinta, MA.

Ahmad Prasetiyo / 19310410029

 

            Di dalam kehidupan manusia. Manusia akan selalu membutuhkan air. Air berperan penting bagi kelangsungan hidup manusia karena air memiliki manfaat yang sangat banyak. Air biasa di identikan dengan sungai. Ternyata manusia akan selalu saling terkait serta berhubungan dengan sungai. Manusia mernerlukan sungai untuk mendukung keperluan dan aktivitas sehari-hari. Dalam memanfaatkan dan pemeliharaan sungai, tentu tidak akan lepas dari pemanfaatan air di dalam sungai dan alur sungainya. Dalam hal pemanfaatan dan pemiliharaan sungai pun juga tergantung pada karakteristik sungai dan kondisi sosial budaya masyarakat yang ada di sekitar sungai tersebut. Suatu alur yang panjang di atas permukaan bumi tempat mengalirnya air yang berasal dari hujan disebut alur sungai (Sosrodarsono, 1985), Alur sungai berfungsi untuk mengalirkan air sungai, sehingga perpaduan antara alur sungai dan aliran airnya disebut dengan sungai.

           Dalam perananya mengalirkan air dari daerah aliran sungai atau DAS ke laut perannya sangatlah penting, yaitu sebagai unsur berlangsungnya siklus hidrologi, mengangkut endapan hasil erosi dan polutan dan berperan serta dalam kelangsungan siklus erosi itu sendiri. Dua peranan ini mempengaruhi keseimbangan ekosistem daerah aliran sungai. Manfaat terbesar sungai adalah sebagai saluran pembuangan air hujan dan air limbah, sebagai sarana irigasi pertanian, bahkan bukan tidak mungkin sungai dijadikan sebagai objek wisata (Herlina, 2011). Daerah aliran sungai secara umum didefinisikan sebagai suatu hamparan wilayah/kawasan yang dibatasi oleh pembatas topografi (punggung bukit) yang menerima, mengumpulkan air hujan, sedimen, dan unsur hara serta mengalirkannya melalui anak-anak sungai keluar pada sungai utama ke laut atau danau (Asdak, 2007: 4).

Manfaat terbesar sungai adalah sebagai bahan baku air minum, sebagai saluran pembuangan air hujan dan air limbah, sebagai sarana irigasi  pertanian,  bahkan  bukantidak  mungkin  sungai  dijadikan sebagai objek wisata (Herlina, 2011).

a.       Sebagai Obyek Wisata

Salah satu tindakan sungai yang dianggap dapat menambah pemasukan   negara   adalah   menjadikannya   sebagai   obyek  wisata.Saat  ini  banyak  sungai  yang  dikembangkan  menjadi wahana   konservasi   habitat   untuk   tanaman   air,   ikan   yang bermigrasi dan yang menetap, budidaya tambak serta beberapa jenis mamalia.

b.      Bagi Kehidupan

Sungai  adalah  salah  satu  pemasok  air  terbesar  untuk kebutuhan   makhuk   hidup.   Beberapa   manfaat   sungai   bagi kehidupan manusia antara lain :

1.      Sumber Air

Semua makhluk hidup di dunia ini membutuhkan air, salah satunya air sungai untuk kelangsungan hidupnya. Sejak dahulu  manfaat  sungai  bagi  manusia  antara  lain  untuk keperluan   minum,   makan,   mandi,   cuci   dan   berbagai
kebutuhan dasar lainnya.

2.      Irigasi

Manusia menggunakan air sungai untuk irigasi dengan cara menggali tanah dan membuat saluran air untuk mengairi sawah, kebun dan ladang.

3.      Sumber Energi Pembangkit Listrik.

Aliran air sungai yang deras dapat digunakan sebagai sumber   energi   pembangkit   listrik.Untuk   skala   besar, dibangun pusat listrik tenaga air atau PLTA.

4.      Sarana Transportasi

Sungai-sungai besar dapat digunakan sebagai sarana transportasimanusia dan barang.

5.      Budidaya Perikanan

Masyarakan  memanfaatkan  sungai  untuk  budidaya perikanan dengan cara membuat karamba. Karamba adalah kotak terbuat dari kayu atau bambu dan dibenam di sungai.

6.      Pariwisata

Sungai   juga   bisa   dimanfaatkan   sebagai   tempat pariwisata dengancara  menikmati  pemandangan  alam  di sekitar sungai tersebut.

7.      Tempat Olah Raga

Manfaat sungai lainnya adalah sebgai sarana olah raga misalnya untuk arung jeram.




Sumber Daya Air dapat menjadi nilai ekonomi dan tambahan penghasilan bagi umat manusia. Oleh karena itu sering kali pemanfaatan nya dilakukan secara besar-besaran oleh pemerintah daerah maupun masyarakat sekitarnya. Salah satu contoh sungai tersebut adalah Sungai Winongo yang berada di Kelurahan Gedongkiwo Mantrijeron Kota Yogyakarta. Pemanfaatan tersebut berupa pemanfaatan aliran Sungai Winongo sebagai tempat budidaya ikan. Budidaya ikan dengan memanfaatkan aliran Sungai Winongo di anggap mampu untuk membantu perekonomian warga sekitar sungai dan tentunya menambah penghasilan bagi mereka. Ikan yang bisa di jumpai di sana adalah jenis ikan nila. Dalam sekali panen bisa memberikan keuntungan yang besar.  Selain di jadikan tempat budidaya ikan, kawasan tersebut juga di jadikan warga sebagai objek wisata yang menarik dan tentunya memberikan sensasi yang berbeda.

 

Daftar Pustaka :

Sosrodarsono, S. dan Tominga, M. 1985. Perbaikan dan Pengaturan Sungai. Jakarta : PT Pradya paramita.

Herlina. 2011. Bentang Sungai di Jawa Tengah. Jakarta Timur : CV.Ghina Walafafa.

Asdak, C. 2007. Hidrologi dan Pengelolaan Daerah Aliran Sungai. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

0 komentar:

Posting Komentar