6.3.21

Sumbang Ilmu Remaja GuLaBatu Membantu Adik-adik Pelajar untuk Belajar saat Pandemi

 

Sumbang Ilmu Remaja GuLaBatu

Membantu Adik-adik Pelajar untuk Belajar saat Pandemi

Tugas Pengabdian Pada Masyarakat Untuk Mata Kuliah Psikologi Lingkungan  
(Dosen Pengampu : Dr. Arundhati Shinta, MA.)

Penulis: Wahyu Hidayah (19310410052)

Fakultas Psikologi 

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta


Dampak Pandemi Covid-19 masih terus terasa bagi dunia pendidikan Indonesia, masa penyesuaian kebiasaan baru belajar dari rumah terus berlangsung walau sudah satu tahun lebih wabah menjangkiti. Tidak bisa dipungkiri, pembelajaran jarak jauh (PJJ) atau dikenal juga sebagai pembelajaran dalam jaringan (daring) telah membuat anak sekolah saat ini lebih sering berada di rumah. Interaksi mereka dengan guru dan teman-teman sekolah pun hanya bisa dilakukan lewat sambungan telefon atau internet.

Di satu sisi, hal itu memang sangat berguna untuk memutus mata rantai pandemi Covid-19 yang hingga saat ini masih menghantui. Namun di sisi lain, hal itu juga harus diakui telah berdampak terhadap kebosanan pada diri anak-anak dan beban orang tua yang semakin bertambah. Salah satu masalah belajar dari rumah adalah sulitnya mendampingi anak untuk belajar online, mulai dari orang tua yang sibuk kerja, hingga orang tua yang memang tidak mampu menggantikan peran guru yang membimbing disamping anaknya. Anak-anak juga lebih mudah bosan ketika belajar di rumah, tidak heran jika sebagian besar anak mungkin lebih memilih untuk mengisi waktu luang mereka dengan bermain gawai atau sekadar bercengkerama dengan keluarga. Pilihan ini tentu hal yang lumrah saat kondisi mengharuskan untuk tetap tinggal dan belajar di rumah demi mencegah penularan virus. 

Melihat fenomena ini, sekelompok remaja yang tergabung dalam organisasi karang taruna GuLaBatu menginisiasi program Buka Jendela, Belajar Bareng Kita dengan tujuan membantu adik-adik pelajar terdekat untuk belajar bersama agar tidak ketinggalan pelajaran karena belajar di rumah dan lebih semangat untuk mengerjakan tugas dari sekolah karena bisa belajar bersama teman dan juga bisa dibantu oleh kakak-kakak dari karang taruna. Kegiatan Sumbang Imu ini dikhususkan untuk adik-adik TK, SD, dan SMP disekitar Dusun Selurah, Desa Krincing, Kecamatan Secang, Magelang. Kegiatan dilaksanakan setiap hari Minggu pagi bertempat di Mushola Nurul Hikmah. Adik-adik dipersilahkan untuk memilih ingin belajar apa dan belajar bersama siapa agar mereka nyaman dan tetap belajar dengan suka hati. Program ini meberikan manfaat dalam silang belajar antara adik-adik dan kakak-kakak, adik-adik dapat belajar bersama dengan semangat dan lebih mudah untuk mengerjakan tugas dari sekolah karena mendapatkan penjelasan dari kakak-kakak karang taruna, sementara bagi kakak-kakak mereka dapat belajar bagaimana harus bersabar menemani belajar dan dapat menyumbangkan ilmunya kepada mereka.  



Program ini berjalan dengan dukungan dari para orangtua untuk ikut memberikan semangat dan motivasi agar anak mau belajar bersama dengan teman-teman dan kakak-kakak dari karangtaruna. Harapan dari Sumbang Ilmu ini adalah semoga para orangtua di sekitar Dusun Selurah terbantu dengan adanya kegiatan belajar bersama ini dan semoga di hari kedepannya melalui program ini Remaja GuLaBatu dapat terus berkontribusi secara nyata dalam berbagai bidang tidak hanya pendidikan saja kepada masyarakat sekitar.

Dalam praktiknya melaksanakan program Sumbang Imu ini mendapatkan respon positif dari para orangtua sekitar, hal tersebut terlihat dari banyaknya adik-adik yang ikut serta dalam kegiatan pembelajaran ini. Anak-anak mengikuti kegiatan belajar dengan antusias sejauh ini. Kegiatan ini akan terus diperkenalkan dan dikembangkan dengan harapan agar mendapat respon yang baik dari pemerintah terkait peran pemuda khususnya pada organisasi karang taruna di bidang pendidikan.

 Daftar Pustaka :

Wibowo A, & BNPB, K. P. D. I. dan K. K. (2020). Empat Strategi Pemerintah Atasi COVID-19. Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19. 

Zahrotunnimah, Z. (2020). Langkah Taktis Pemerintah Daerah Dalam Pencegahan Penyebaran Virus Corona Covid-19 di Indonesia. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I. https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i3.15103

2 komentar: