15.6.20

SEBERAPA PENTINGKAH PENELITIAN DILAKUKAN UNTUK MENAMBAH MOTIVASI KERJA KARYAWAN ?

UJIAN AKHIR PSIKOLOGI INDUSTRI DAN ORGANISASI
(Semester Genap 2019/2020)
Rika Rachmawati (19310410027)
Dosen Pengampu : Dr. Arundati Shinta,M.A
Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

Setiap perusahaan memiliki MSDM (Manajemen Sumber Daya Manusia) yang berfungsi sebagai perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan atas pengadaan, pengembangan, pemberian kompensasi, pengintegrasian, pemeliharaan dan pemutusan hubungan tenaga kerja dimaksud membantu tujuan organisasi, individu dan masyarakat. MSDM memiliki tugas utama dalam menyediakan tenaga kerja dalam kualitas dan kuantitas yang dibutuhkan oleh setiap bagian yang ada diperusahaan. MSDM memberikan layanan kepada setaip bagian diperusahaan agar lebih mudah dalam menjalankan tugasnya.  Perusahan yang baik akan mempekerjakan karyawan yang baik pula dan akan memberikan fasilitas yang baik pula pada karyawannya agar memberi kenyamanan dan semangat kepada karyawan.
Perusahaan biasanya akan melakukan penelitian atau penilaian kepada karyawannya lewat MSDM karena dengan melakukan penelitian atau penilaian pemilik perusahaan tau apa yang dibutuhkan perusahaannya dan karyawanya agar lebih baik kinerjannya. Dalam perusahaan seberapa pentingnya pelakukan penelitian untuk para karyawan ?, penelitian dilakukan agar perusahaan dapat mengambil keputusan yang baik untuk perusahaan dan karyawan secara terukur dan objektif bukan hanya didasari oleh like and dislike. Perusahaan dapat memilih model atau desain penelitian yang cocok untuk diterapkan diperusahaannya lewat MSDM.  Desain penelitian yang bisa diterapkan diantaranya adalah desain eksperimen, desain korelasional, desain meta-analisis dan desain studi-kasus, akan tetapi pemilihan desain tergantung situasi kerja dan kondisi karyawan. Dalam pemilihan desain penelitian MSDM dapat memilih desain korelasional dan desain studi-kasus karena dinilai lebih cocok diterapkan diperusahaan untuk mengetahui kinerja karyawan.  Desain korelasional merupakan desain untuk mengetahui hubungan antara variable dan desain studi-kasus merupakan desain untuk mengetahui sebab akibat atau hubungan, tetap hanya untuk satu kasus saja.


MSDM dalam penelitian ini dapat menemukan sumber masalah kenapa kinerja karyawan menurun dan dapat menjadi koreksi bagi perusahaan agar lebih baik dalam memberikan kenyamanan atau kesenangan karena itu dapat mempengaruhi kinerja karyawan.  Situasi kerja yang menyenangkan ditandai dengan bersemangatnya karyawan dalam berkarya. Karya itu demi terwujudnya organisasi yang lebih baik dan lebih maju daripada hari-hari sebelumnya (Shinta, Biono dan Listiari, 2015).  Kinerja karyawan dapat dipengaruhi karena stres atau kurangnya motivasi. Stres sendiri bisa terjadi karena beberapa faktor .  Stres kerja adalah suatu tekanan yang dapat mempengaruhi kinerja karyawan secara keseluruhan baik fisik maupun emosi sehingga nantinya mengganggu kinerja karyawan di dunia kerja. Hariandja (dalam Febrianto, romas dan harahap, 2018) stres kerja sebagai ketegangan atau tekanan emosional yang dialami seseorang dan abstrak gejalanya, oleh para ahli dikelompokkan menjadi tiga kategori, yaitu :
1.      Gejala fisik, yaitu perubahan-perubahan yang terjadi pada metabolisme organ tubuh seperti denyut jantung yang meningkat, tekanan darah yang meningkat, sakit kepala, dan sakit perut yang bisa kita alami dan harus diwaspadai.
2.      Gejala psikologis, yaitu perubahan-perubahan sikap yang terjadi seperti ketegangan, kegelisahan, ketidaktenagan, kebosanan, cepat marah, dan lain-lain.
3.      Gejala keprilakuan, yaitu perubahan-perubahan atau situasi di mana produktivitas seseorang menurun, absensi meningkat, kebiasaan makan berubah, merokok bertambah, banyak minum-minuman keras, tidak bisa tidur, berbicara tidak tenang, dan lain-lain.
Stres kerja sangat dapat membantu (functional), tetapi juga dapat berperan salah (dysfunctional) atau merusak prestasi kerja karyawan. Stres kerja tidak harus dihilangkan, karna stres kerja pada perusahaan itu baik fungsinya tetapi kadar stres kerja yang tinggi, dapat mengganggu prestasi kerja karyawan, sehingga karyawan merasa tidak dapat mengontrol tugas-tugas yang diberikan dengan baik saat melaksanakan pekerjaannya. Robbins dan Judge (dalam Febrianto, romas dan harahap, 2018) stres kerja dengan tingkat tertentu akan menstimulasi tubuh untuk dapat meningkatkan kemampuannya untuk bereaksi.
Motivasi merupakan sumber utama kesuksesan dan motivasi seseorang adalah motivasi prestasi yang dapat membawa mereka kedalam kesuksesan, seseorang yang tidak memiliki motivasi akan kehilangan semangat hidupnya. Oleh karena itu mativasilah yang dapat menumbuhkan kinerja karyawan agar lebih baik dan sebab motivasi dapat memberi dampak yang positif untuk kinerja karyawan.  Perusahan dapat melakukan sesuatu jika memilliki karyawan kurang motivasi dengan mengadakan achievement motivation training untuk para karyawannya agar lebih termotivasi untuk meningkatkan kinerjanya.
Penjelasan diatas dapat memberi kita sedikit gambaran kenapa penelitian atau penilaian penting dilakukan perusahaan untuk para karyawannya. Penelitian juga dapat memberi manfaat bagi perusahaan dan karyawan, diantaranya :
1.      Menyesuaikan kompensasi
2.      Meningkatkan kinerja karyawan
3.      Menentukan promosi karyawan
4.      Mencari kesalahan dari desain kerja
5.      Mempercepat tujuan perusahaan
6.      Kepuasan dan motivasi karyawan
7.      Mengetahui kebutuhan untuk pelatihan
8.      Menganalisa data penilaian untuk perekrutan yang lebih baik
9.      Meningkatkan komunikasi
Penelitian yang dilakukan oleh perusahaan dapat memberikan keuntungan atau dampak posif bagi karyawan dan perusahaan. Perusahaan dapat mengetahui seberapa besar atau baik dari kinerja karyawan dan dapat memberi fasilitas lebih baik dari sebelum untuk para karyawan agar lebih baik lagi dan membuat karyawan nyaman serta senang saat bekerja.

Daftar Pustaka
Ali Sukrajap,Muhamad dan Handayani Harahap,Dewi.2017. ANALISIS PENGARUH PELATIHAN SELFLEADERSHIP DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP KINERJA KEPALA DESA DI KABUPATEN GUNUNG KIDUL YOGYAKARTA. JURNAL MAKSIPRENEUR. 7(1): 97.
Febrianto,Aldy; Zahro Romas,Muslimah ,dan Handayani Harahap,Dewi.2018. Hubungan Antara Stres Kerja dengan Prestasi Kerja Pada Tenaga Sales Motor Yamaha (Studi Pada CV. Sumber Baru Niaga Yogyakarta). Jurnal Psikologi.14(1): 34-35.
Resmiatini,Erna dan Wahyuningtyas,Ratri.2013. ANALISIS PERAN DEPARTEMEN SUMBER DAYA MANUSIA PADA PERUSAHAAN X DI KOTA BANDUNG (The Analysis of Human Resources Department Roles in X Company in  Bandung). Jurnal Bisnis dan Ekonomi (JBE). 19(1): 68-69.
Shinta,Arundati; Biono, dan Listiari,Esti.2015. MEMBANGUN SITUASI KERJA YANG LEBIH MENYENANGKAN PADA KARYAWAN DENGAN PENGADAAN MINUMAN YANG BERGIZI TINGGI. Jurnal Bisnis dan Ekonomi (JBE). 19(1):45.
Sumber gambar

Imam.2018.Tips Menghadapi Wawancara Beasiswa. http://www.scholarsofficial.com/persiapan-beasiswa/tips-menghadapi-wawancara-beasiswa/. Diakses tanggal 13 juni 2020.





2 comments: