15.6.20

PENTINGNYA KOMUNIKASI DALAM BERKERJA


Devi Nurmala Sari
19310410048
Mata Kuliah : Psikologi Industri
Dosen Pengampu : Dr. Arundati Shinta, MA
Ujian Akhir Psikologi Industri (Semester Genap 2019/2020).

Komunikasi merupakan aspek paling penting dalam sebuah kerja sama tim. Apalagi dalam urusan pekerjaan. Komunikasi sangat dibutuhkan, baik antar karyawan maupun antara karyawan dengan perusahaan. Komunikasi karyawan menjadi kunci berjalannya perusahaan untuk menghasilkan produk yang baik. Komunikasi karyawan harus efektif, artinya kedua belah pihak yang berkomunikasi harus mempunyai makna yang sama tentang pesan yang disampaikan. Sehingga proses pertukaran pesan menghasilkan input yang jelas.
Apapun jenis komunikasi yang Anda gunakan, pastikan Anda berpartisipasi dalam diskusi, mengajukan pertanyaan di mana diperlukan dan memberikan tanggapan ketika ditanya. Hal ini akan berpengaruh pada situasi kantor, iklim kerja dan pandangan rekan kerja. Fakta lain membuktikan dengan lancarnya komunikasi semakin meningkatkan nilai tambah pada diri Anda, termasuk nilai tambah sebagai calon karyawan teladan.
Tidak peduli dalam keadaan apapun, pastikan nada komunikasi Anda profesional. Apa yang Anda katakan adalah refleksi besar pada Anda, jadi pastikan Anda berpikir sebelum berbicara. Pastinya pernah ingat bukan “Mulutmu harimaumu”. Bukan berarti setiap pertanyaan harus dijawab, namun gunakan teknik tertentu ketika Anda tidak bisa menjawab seperti,”mungkin rekan yang lain lebih mengetahui hal itu disbanding saya, coba kita tanyakan”. Intinya adalah bukan jawaban, namun bantuan yang Anda lakukan agar rekan yang bertanya memiliki harapan untuk terjawabnya pertanyaan ini.
Tidak hanya soft skill atau hard skill, adanya komunikasi yang baik dapat menjadi asset untuk perusahaan maupun dirimu sendiri. Berikut ini adalah alasan mengapa komunikasi merupakan hal yang penting dalam dunia kerja.
1.    Meningkatkan team building
Membangun tim secara efektif didasari oleh bagaimana anggota tim berkomunikasi dan bekerja sama. Dengan menerapkan startegi yang efektif untuk meningkatkan komunikasi, kamu dapat membantu tim menjadi lebih efektif. Dan hal ini akan berdampak pada kepuasan karyawan dan perusahaan itu sendiri.
2.    Meningkatkan produktivitas
Komunikasi akan mempermudah koordinasi, sehingga para karyawan akan semakin produktif dalam bekerja. Pada akhirnya, produktivitas yang baik akan menguntungkan bagi organisasi.
3.    Menghargai perbedaan dan toleransi
Dengan banyaknya ragam bahasa dan budaya, tentu komunikasi dibutuhkan dalam dunia kerja agar karyawan semakin bisa memahami satu sama lainnya. Komunikasi yang efektif akan membuat karyawan semakin menghargai perbedaan yang ada, sehingga suasana kerja pun akan terasa nyaman.
4.    Mempermudah dalam penerapan aturan
Komunikasi dalam dunia kerja berperan sebagai penerapan sebuah peraturan dalam perusahaan. Setiap perusahaan pasti memiliki aturan masing- masing dan berfungsi untuk mencapai suatu tujuan bersama.
Peraturan berfungsi untuk memudahkan seseorang dalam bekerja. Dan peran komunikasi akan digunakan oleh atasan untuk menyampaikan peraturan tersebut kepada karyawannya.
5.    Memudahkan memahami karakter
Komunikasi dalam dunia kerja juga digunakan untuk memahami karakter seseorang. Dengan begitu, maka kamu akan lebih mudah berkomunikasi secara efektif dan menghindari kesalahpahaman di tempat kerja.
6.    Menyelesaikan suatu konflik
Jika suatu perusahaan sedang ada konflik, maka hal yang biasa dilakukan adalah mengadakan rapat untuk menyelesaikan masalah tersebut. Dalam hal ini, komunikasi juga menjadi sarana penting untuk memecahkan suatu masalah yang sedang terjadi.
7.    Mempermudah mengambil keputusan
Keputusan dalam suatu perusahaan diputuskan oleh seorang pemimpin. Keputusan diambil setelah dikomunikasikan terlebih dahulu melalui rapat yang dihadiri oleh petinggi perusahaan dan karyawannya.
Komunikasi dalam dunia kerja yang baik akan dibutuhkan sebagai bahan pertimbangan berupa tanggapan dari peserta rapat atas keputusan yang akan diambil.
8.    Meningkatkan motivasi
Motivasi merupakan hal yang penting untuk meningkatkan produktivitas dalam bekerja. Motivasi ini berkaitan dengan komunikasi. Dalam dunia kerja, komunikasi merupakan unsur penting untuk meningkatkan motivasi seseorang dalam bekerja.
Komunikasi yang baik dapat mempengaruhi seseorang menjadi lebih giat dalam bekerja. Dan komunikasi yang buruk juga dapat berdampak pada motivasi kerja seseorang, serta menimbulkan konflik dalam perusahaan.


Itu tadi beberapa manfaat yang akan diterima perusahaan jika para karyawannya memiliki komunikasi yang baik. Sebagian besar komunikasi adalah wujud saling menerima pesan. Anda profesional muda harus terbuka untuk menerima arahan ataupun masukkan dari rekan kerja dan manajer dalam organisasi perusahaan. Banyak bergaul dengan atasan yang sudah lama diperusahaan akan membuat Anda makin banyak pengalaman.
Mendengarkan masukkan dan kemudian mengambil tindakan untuk memperbaiki apa pun yang masih belum dicapai adalah langkah paling tepat untu profesional muda. Tidak ada yang sempurna, namun dari ketidak sempurnaan itu setidaknya ada harapa untuk mejadi yang lebih baik. “Guru yang terbaik adalah pengalaman di masa lalu”.

Refrensi:
Ayuna. 2019. “Pentingnya Komunikasi Antar Karyawan & Manfaatnya Bagi Perusahaan”. Diakses dari https://sleekr.co/blog/pentingnya-komunikasi-antar-karyawan-manfaatnya-bagi-perusahaan/
Nofa Riyanto Nurhuda. 2016. “Life skills: Pentingnya Komunikasi dalam Dunia Kerja”. Diakses dari https://medium.com/@NofaRyn/life-skills-pentingnya-komunikasi-dalam-dunia-kerja-c11aef387265
Diakses dari web Enervon. 2019. “Ini 8 Alasan Pentingnya Komunikasi Dalam Dunia Kerja”. Diakses dari https://www.enervon.co.id/news/447/ini-8-alasan-pentingnya-komunikasi-dalam-dunia-kerja/
Sumber Gambar:
https://www.enervon.co.id/news/447/ini-8-alasan-pentingnya-komunikasi-dalam-dunia-kerja/
https://sleekr.co/blog/pentingnya-komunikasi-antar-karyawan-manfaatnya-bagi-perusahaan/

0 comments:

Post a Comment