15.6.20

PENGARUH GADGET TERHADAP PERILAKU ANAK

PENGARUH GADGET TERHADAP PERILAKU ANAK
M.Riand Purwadinata
15.310.420.1118
Fakultas Psikologi
Psikologi Sosial I
Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta
Dosen Pengampu Dr., Dra. Arundati Shinta, MA

Perkembangan dan kemajuan di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi berkembang dengan pesatnya. Menurut Ameliola & Nugraha (2013) Perkembangan teknologi dan informasi di dunia mengalami kemajuan yang sangat pesat, yang di tandai dengan kemajuan pada bidang informasi dan teknologi, dan bangsa Indonesia merupakan salah satu bangsa yang ikut terlibat dalam kemajuan media informasi dan teknologi.
Sebenarnya gadget tidak hanya menimbulkan dampak negatif bagi anak, karena juga ada dampak positif, diantaranya dalam pola pikir anak yaitu mampu membantu anak dalam mengatur kecepatan bermainnya, mengolah strategi dalam permainan, dan membantu meningkatkan kemampuan otak kanan anak selama dalam pengawasan yang baik. Akan tetapi dibalik kelebihan tersebut lebih dominan pada dampak negatif yang berpengaruh terhadap perkembangan anak. Salah satunya adalah radiasi dalam gadget yang dapat merusak jaringan syaraf dan otak anak bila anak sering menggunakan gadget. Selain itu, juga dapat menurunkan daya aktif anak dan kemampuan anak untuk berinteraksi dengan orang lain. Anak menjadi lebih dividual dengan zona nyamannya bersama gadget sehingga kurang memiliki sikap peduli terhadap teman bahkan orang lain. Oleh karena itu, penting pemahaman tentang pengaruh gadget terutama bagi orangtua. Supaya anak dapat dibatasi penggunaannya dan daya kembang anak dapat berkembang dengan baik dan menjadi anak yang aktif, cerdas, dan interaktif terhadap orang lain.
Gadget memiliki dampak yang dapat menyebabkan kecanduan, terutama bila anak terbiasa bermain dengan gadget. Anak akan terus-menerus menggunakan gadget dan perkembangan interaksi sosial menjadi terhambat. anak yang sudah mulai kecanduan gawai akan terbiasa mendapatkan kesenangan dengan pola satu arah. Mereka lebih suka bermain sendiri menggunakan gawai ketimbang bermain bersama teman-temannya. Selain perkembangan interaksi sosial menjadi terhambat, kesenangan yang didapat dari kecanduan gadget juga dapat membuat anak-anak menghindar dari tanggung jawab dan tugas mereka.
Gadget bisa mempengaruhi respons visual sang anak ,Permainan yang ada di dalam gawai biasanya berupa rangsangan visual yang bergerak cepat. Anak akan terbiasa dengan ritme memperhatikan rangsangan visual yang bergerak cepat. Akhirnya jika sedang didalam kelas saat guru menjelaskan ,anak akan merasa bosan. penggunaan gawai juga dapat memberikan dampak baik, seperti memudahkan anak untuk mencari informasi atau pengetahuan. Pada anak usia sekolah, mereka dapat menggunakan gadget untuk mencari topik-topik yang sesuai dengan materi pelajaran di sekolah, selain untuk memudahkan komunikasi dengan orang tua dan anggota keluarga yang lain.
Penggunaan pengaruh gadget akan membuat batasan gerak psikologi anak, yang mengakibatkan perkembangan atau pertumbuhan otak anak terhambat. Psikologi anak yang menggunakan pengaruh gadget secara berlebihan akan berpengaruh buruk pada prestasi akademiknya. Pengawasan dan penggunaan terhadap pengaruh gadget harus ektra. Jika tidak diawasi ayah dan ibu, bukan menambah perkembangan sang psikologi anak menjadi baik, malah prestasi psikologi anak menjadi menurun.
Menurunnya kemampuan sosialisasi merupakan pengaruh buruk dari adanya pengaruh gadget. anak menjadi acuh dengan lingkungan sekitar dan tidak paham dengan etika bersosialisasi. sehingga rasa sosialisasi antar sesama memudar dan jarang bertegur sapa. Konten kekerasan dalam pengaruh gadget, dapat mempengaruhi anak untuk melakukan apa yang dilihatnya. Pengaruh buruk jangka panjang pada anak yang mengkonsumsi pengaruh gadget, menjadi lebih agresif dari anak biasanya.


DAFTAR PUSTAKA
Syifa,L, Setyaningsih,E.S, Sulianto,J.Dampak penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Psikologi Pada Anak Sekolah Dasar.Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar.Universitar PGRI Semarang.

Chusna, S.A. Pengaruh Media Gadget Pada Perkembangan Karakter Anak.STIT Al-Muslihun.

0 comments:

Post a Comment