9.6.20

LOVE NATURE,INDONESIA BEBAS SAMPAH


NIRBITA MELANI/18.310.410.1180
FAKULTAS PSIKOLOGI
UNIVERSITAS PROKLAMASI 45 YOGYAKARTA



Dewasa ini berbagai wilayah di Indonesia dihadapkan dengan masalah lingkungan.Sampah masih menjadi persoalan pasalnya,sampah masih banyak ditemui di daerah permukiman hingga banyak ditemukan diberbagai kawasan pesisir pantai terutama sampah plastik.Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) mendata bahwa komposisi sampah plastik meningkat sebanyak 6% pada setiap tahunnya.
            Menurut teori D.D Duncan, masalah lingkungan (khususnya lingkungan urban) mempunyai hubungan interdependensi dengan aspek demografi, organisasi dan teknologi yang dikenal dengan model POET. Sampah merupakan bagian dari masalah lingkungan yang sangat dipengaruhi oleh jumlah penduduk dan aktivitas sosial ekonomi dan budaya yang dilakukannya, teknologi serta organisasi sosial yang berkembang.(Hannigan, John A. 1995).
Data dari Lembaga Ilmu Penelitian Indonesia (LIPI), volume sampah laut di Indonesia menyentuh angka 0,27 hingga 0,9 juta ton sampah per tahunnya.Data Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan menyebutkan timbulan sampah di Indonesia mencapai 65,79 ton. Total timbulan sampah tersebut jumlahnya makin besar.Indonesia memang telah bertekad mereduksi sampah plastik di laut sebesar 75% pada tahun 2025.
Masalah sampah erat kaitannya dengan kehidupan manusia,apabila kurang teratasi dengan baik,berkemungkinan akan berdampak pada kerusakan lingkungan serta berdampak pada kelangsungan hidup manusia pada masa yang akan datang.Pemerintah sudah mengupayakan berbagai tindakan untuk menangani masalah sampah ini,namun apabila tidak disertai dengan kesadaran masyarakat akan pentingnya peduli lingkungan usaha tersebut menjadi kurang efektif.
Terdapat beberapa terobosan dalam menanggulangi sampah karya anak bangsa yang dikutip dalam KOMPAS.com :
1.    Urai sampah organik dengan ulat lalat
2.    Sampah plastik jadi emas
3.    Bahan aspal menjadi plastic kresek
4.    Sampah diubah menjadi energi listrik
5.    Dosen ITB mengubah sampah menjadi pupuk dan bahan bbm
Dapat disimpulkan bahwa sampah adalah permasalhan yang masih bisa ditanggulangi,menumbuhkan rasa peduli lingkungan adalah syarat utama untuk mendukung berbagai program pemerintah dalam menanggulangi masalah sampah.Berbagai contoh kegiatan pengolahan sampah dapat kita terapkan pada diri sendiri dan lingkungan keluarga.

Sumber :
I Nyoman Wardi.2011.Pengelolaan sampah berbasis social budaya: Upaya mengatasi masalah lingkungan di Bali.Jurnal Bumi Lestari.Vol 11 no 1.hlm 167-177

0 comments:

Post a Comment